Terbaik Nasional dalam Input Data PK21, Kepala BKKBN Beri Apresiasi dan Bayar Perdana Kader Pendata Paliyan, Gunungkidul

Kontributor: Sabrur Rohim, SAg, MSI (pimred Cahaya Keluarga & PKB Girisubo)


PALIYAN
| Pendataan keluarga tahun 2021 atau disingkat menjadi PK21 telah genap berlangsung selama 2 bulan, dari tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021. Sesuai arahan dan harapan pemerintah, dalam hal ini, BKKBN Pusat, dalam kurun 2 bulan tersebut semua keluarga (sesuai dengan target) bisa terdata, artinya mencapai 100% (seratus persen). 

Pada perkembangan terakhirnya, capaian tertinggi secara nasional dalam kegiatan input data PK21 diraih oleh Provinsi DIY. Sementara itu, untuk konteks DIY, capaian tertinggi diraih oleh Gunungkidul di kisaran 98%-an lebih, dan untuk konteks Gunungkidul, capaian 100% tercepat dalam input data PK21 diraih oleh Kapanewon Paliyan. 

Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi kepada tim PK21 Kapanewon Paliyan, baik itu manajer pengolahan, manajer data, supervisor, dan kader pendata, Kepala BKKBN Pusat, DR dr Hasto Wardoyo, SpOG (K) langsung datang ke Kapanewon Paliyan untuk memberikan penghargaan. 


Audiensi dengan Bupati

Kedatangan Kepala BKKBN, selain diikuti sejumlah pejabat pusat juga didampingi oleh Sekretaris Perwakilan BKKBN DIY dan Tim Monev PK21 yang terdiri dari Sekertaris Perwakilan BKKBN DIY, jajaran sekretariat, Bidang Adpin, serta Auditor Perwakilan BKKBN DIY. Sebelum datang ke Paliyan, Kepala BKKBN dan timnya terlebih dulu beraudiensi dengan Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta, di gedung Setda Gunungkidul. 

Ada tiga poin penting yang menjadi tema audiensi tersebut. Pertama adalah apresiasi Kepala BKKBN atas capaian Gunungkidul dalam progres input data PK21 yang secara nasional terbaik dan tercepat, sehingga dalam hal ini pemerintah pusat menyatakan sangat berterimakasih atas dukungan Bupati dalam kegiatan ini.

Yang kedua, disampaikan oleh Hasto Wardoyo bahwa saat ini BKKBN beserta segenap jajarannya dari pusat sampai daerah mendapat amanat dari Presiden Joko Widodo sebagai leading sector dalam penurunan angka stunting di Indonesia. Hasto sangat berharap semua pemerintah daerah satu langkah dan satu irama untuk mendukung kebijakan ini, dan di tingkat bawah, baik itu kapanewon, kalurahan, sampai dusun dan RT bisa melibatkan para penyuluh KB, bidan Puskesmas, kader KB, kader Yandu, serta kader PKK. Tujuannya adalah satu yakni bagaimana menekan angka stunting di Indonesia, yang posisi sekarang di kisaran 17%ada tahun 2024 ditargetkan oleh Presiden hanya 14% saja.

Ketiga, bahwa saat ini droping dana BOKB tidak lagi melalui provinsi (Perwakilan BKKBN), akan tetapi langsung ke Pemkab. Ini, menurut Hasto, akan memberi keleluasaan kepada masing-masing kabupaten untuk mengelola anggaran dalam rangka meningkatkan capaian ataupun memenuhi target-target yang ditetapkan untuk kemajuan program Bangga Kencana.  

Menanggapi soal penurunan angka stunting, secara khusus Sunaryanta menyinggung soal potensi produk olahan tradisional di Gunungkidul yang kaya akan gizi dan protein hewani, misalnya belalang, kuliner berbahan ikan laut (tuna), dan sebagainya, yang diharapkan nanti bisa makin digiatkan konsumsinya, karena itu sangat bermanfaat sebagai asupan sehat bagi calon ibu, ibu hamil, ibu baduta, serta asupan yang akan mendukung tumbuh kembang maksimal anak-anak di usia 0-2 tahun.   


Per 30 Mei Paliyan Telah Capai Progres 100%

Hasto dan tim sampai di kompleks kantor Kapanewon Paliyan sekira jam 10.00 WIB, didamping oleh Plt Kepala DP3AKBPMD dan jajarannya, disambut oleh Panewu Paliyan dan Forkompinkap Paliyan, penyuluh KB, serta segenap kader supervisor dan kader pendata PK21 Paliyan. 

Acara diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KB yang didirijeni oleh salah satu kader PPKBD Paliyan. 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh Plt Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Agus Priyanto, SH, MH. Dalam sambutannya, Agus pertama-tama memohonkan izin kepada segenap hadirin atas ketidakhadiran Bupati dalam acara tersebut berkenaan dengan acara syawalan bersama Sultan HB X. Agus mengucapkan selamat datang dan merasa berbangga, atas nama Pemkab Gunungkidul dan Kapanewon Paliyan, atas kehadiran Kepala BKKBN beserta jajarannya. Agus berharap kiranya kehadiran Kepala BKKBN bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kinerja.    

Agus menyampaikan bahwa para penyuluh KB di Gunungkidul sangat luar biasa, karena dalam bekerja di lapangan tidak hanya memberi KIE kepada masyarakat tentang program Bangga Kencana, tetapi oleh pemerintah juga disampiri program stunting dan sosialisasi pencegahan covid-19. 

Dilaporkan oleh Agus bahwa di Gunungkidul ada 18 kapanewon, 144 desa, dan 1429 padukuhan. Sedangkan untuk kapanewon Paliyan terdiri dari 7 kalurahan dan 50 padukuhan. Dalam rangka Pendataan Keluarga tahun 2021, lanjut Agus, telah diterbitkan SE Bupati Gunungkidul No: 470/0911 tentang Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021, serta pencanangan Pendataan Keluarga tahun 2021 oleh Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta, sekaligus dilaksanakan pendataan perdana kepada keluarga Bupati.

Untuk PK21, kata Agus, Gunungkidul menargetkan 238.235 keluarga yang harus terdata, dengan mengerahkan 1733 kader pendata. "Untuk Kapanewon Paliyan, targetnya adalah 1.185 keluarga yang harus didata oleh 70 kader pendata. Per 30 Mei, proses input data di Paliyan sudah mencapai 100%, sedangkan untuk konteks Gunungkidul telah mencapai 96.03%. Harapannya semoga per 31 Mei ini bisa mencapai 100%," harap Agus yang diamini segenap hadirin.

Tentang kondisi jumlah penyuluh KB yang kurang di Gunungkidul, Agus meminta Kepala BKKBN HastoWardoyo agar menambah jumlah penyuluh, dengan tujuan agar pekerjaan di lapangan bisa efektif, mengingat jumlah kalurahan yang begitu banyak di Gunungkidul, sementara PKB-nya hanya 588 orang.


Penurunan Angka Stunting

Setelah selesai sambutan dari Plt Kepala DP3AKBPMD, acara dilanjutkan sambutan dari Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo. Pertama-tama, Hasto sangat mengapresiasi segenap forum pimpinan di tingkat kapanewon yang hadir lengkap pada acara tersebut: penewu, kapolsek, danramil, kepala KUA, kepala UPT Puskesmas, belum lagi segenap kader dari 7 kalurahan dan sejumlah karyawan Kapanewon Paliyan.

Diakui oleh Hasto, selama menjadi Kepala BKKBN Pusat, baru kali ini dia melakukan kunjungan ke tingkat kecamatan (kapanewon), dan ini semata-mata dilakukan sebagai wujud apresiasi dan penghargaannya kepada kader-kader pendata Kapanewon Paliyan yang telah meraih pencapaian terbaik secara nasional, di mana Paliyan telah meraih progres 100% sebelum tanggal 31 Mei. 

Hasto bercerita bahwa sebelum ke Paliyan, beberapa saat sebelumnya telah beraudiensi dengan Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta, dan telah melakukan diskusi dan pembicaraan sejumlah tema penting, di antaranya adalah soal stunting dan anggaran program Bangga Kencana. 

Terkait dengan stunting, sekali lagi ditekankan oleh Hasto, bahwa BKKBN saat ini mendapat amanat pemerintah untuk memimpin program penurunan stunting yang sekarang di kisaran 17%, dan target pada 2024 nanti sebesar 14%. Hasto berharap segenap pihak dari provinsi hingga kapanewon, bahkan kalurahan, dusun, dan RT bisa bersinergi untuk mensukseskan kerja besar ini. 

Hasto memaparkan beberapa tips mencegah stunting, di antaranya yang terpenting adalah perencanaan keluarga yang matang, asupan gizi dan protein yang cukup bagi bumil dan bayi, serta jangan sampai lupa pemberian ASI yang cukup sekurang-kurangnya 2 tahun. Jika tahapan ini dijalani dengan baik dan konsekuen, maka stunting dapat dihindari.

Disinggung oleh Hasto pula, bahwa protein hewani sangat penting untuk mencegah stunting, apa pun itu, yang penting berasal dari hewan. Di Gunungkidul, potensi protein hewani sangat memadai, ada ikan laut, belalang, kepompong, bahkan laron, itu semua mengandung protein hewani dan sudah menjadi konsumsi yang lazim di kalangan masyarakat Gunungkidul. "Hanya saja, ibu-ibu sekarang lebih suka beli cilok dan siomay ketimbang beli daging atau ikan. Daripada makan cilok, mending calon ibu dan bumi banyak makan belalang atau enthung yang jelas protein hewaninya," kata Hasto berseloroh.

 "Ada juga salah persepsi di masyarakat yang kemudian berujung ke soal gengsi. Ikan lele dan daging sapi sesungguhnya kandungan gizinya jauh lebih banyak ikan lele, karena ikan lele mangandung omega. Selain itu, ikan lele jauh lebih murah, selisihnya bisa 100 ribu ketimbang daging sapi. Tetapi, orang malah lebih memilih daging sapi ketimbang ikan lele sebagai asupan protein hewani. Apalagi dilatari oleh rasa gengsi. Ini yang harus diluruskan," kata Hasto menjelaskan.  


Apresiasi untuk Capaian Terbaik Paliyan

Tetapi yang inti dari tema audiensi antara Kepala BKKBN dan Bupati sebenarnya adalah ihwal pencapaian yang diraih oleh Gunungkidul, dalam hal ini Kapanewon Paliyan. Sebagaimana dimaklumi, kata Hasto, progres terbaik nasional dalam input data PK21 diraih oleh Provinsi DIY, dan dalam konteks DIY, capaian tertinggi di raih oleh Gunungkidul, sementara untuk wilayah Gunungkidul, capaian progres 100% tercepat diraih oleh Kapanewon Paliyan. 

"Itulah alasannya kenapa saya ke sini, langsung ke lokasi, untuk menyampaikan apresiasi langsung, untuk memberikan honor PK21 secara langsung kepada para pihak di kapanewon yang telah bersinergi dalam meraih capaian tertinggi ini," kata Hasto yang disambut tepuk tangan segenap hadirin.

Hasto berharap kiranya apresiasi ini akan memotivasi kader-kader di wilayah lain, tidak hanya di Gunungkidul saja, bahkan di semua provinsi dan kota/kabupaten lain yang belum selesai kegiatan inputnya agar tetap semangat dan segera menyelesaikannya.


Seusai sambutan Hasto, acara dilanjutkan pemberian penghargaan berupa piagam dari Kepala BKKBN Pusat kepada Manager Pengelolaan Terbaik Nasional, Tri Nurhidayati, SSos, Manager Data Terbaik Nasional, Purwadi, SHI, Supervisor Terbaik Nasional, Suwarni (Kalurahan Pampang, Paliyan), dan Kader Pendata Terbaik Nasional, Yatmiyati (Dusun Pampang, Kalurahan Pampang, Paliyan). Hasto Wardoyo memberikan satu per satu piagam pernghargaan tersebut disaksikan oleh Plt Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul dan Panewu Paliyan, dan segenap hadiri berdiri menyaksikan.

Setelah itu, diberikan honor pendataan keluarga kepada perwakilan kader pendata dari 7 kalurahan, yakni Esti Widayati (Kalurahan Sodo), Karsinem (Kalurahan Pampang), Pancarini (Kalurahan Grogol), Sukijem (Kalurahan Karangduwet), Kadarsih (Kalurahan Karangasem), Sukesi Wahyuni (Kalurahan Mulusan), Siti Julaiha (Kalurahan Giring). Proses pemberian honor PK21 secara langsung disampaikan oleh Koordinator Bidang Adpin Perwakilan BKKBN DIY, Dra Ita Suryani, MKes kepada kader-kader pendata perwakilan 7 kalurahan tersebut. 

"Sedikit bocoran, bahwa nilai nominal honor PK21 adalah Rp 4500,-/keluarga dipotong PPh 3%, sedangkan untuk supervisor adalah Rp 400.000,- (empat ratus ribu rupiah). Hanya saja, ini berlaku untuk wilayah DIY, sedangkan untuk provinsi lain bisa berbeda," kata Ita.


Pengawalan APIP

Sebelum pemberian honor PK21, ada proses validasi oleh APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) Perwakilan BKKBN DIY. Validasi dilakukan secara bersama-sama dengan tim bidang Adpin Perwakilan BKKBN DIY. Menurut salah satu anggota APIP, Dra P Mahaniwati (Auditor Madya), validasi ini penting dilakukan untuk memastikan data-datanya valid dan cocok, baik terkait target KK yang didata, capaian progresnya, nama-nama pendata, nama dusun dan kalurahannya, username dan password-nya, nominal uang yang akan diterimanya, dst. 

Tim APIP Perwakilan BKKBN DIY sendiri, menurut Mahaniwati, dari beberapa orang, yakni:
1. 
Novitrisia Widowati, SH, MSc (Sekertaris Perwakilan BKKBN DIY)
2. Dra P Mahaniwati sebagai Dalnis
3. Singgih Sulaksana, SH, MH sebagai ketua tim
4. Anita Ekawati, SSos, MH, sebagai anggota tim
5. Virna Septira A, SH, anggota tim
6. Sulistyowati, SAg, anggota tim
7. Andi Budi Santoso, SE (staf Adminwas) 
8. Dra Ita Suryani, MKes (Adpin)
9. Sofia Nur Yulida Furi, SSi, MA (Bidang Perencanaan)

Menurut Anita Ekawati, SSos, MH (Auditor Muda), anggota APIP lainnya, validasi ini sebagai bentuk pengawalan pada kegiatan pendataan keluarga tahun 2021, khususnya terkait dengan pengeluaran anggaran. "Bentuk pengawalan kami tidak hanya dalam bentuk validasi data terkait dengan pembayaran honor kader saja. Sejak proses PK21 ini berlangsung, APIP yang tergabung dalam Tim Monev PK21 bersama Bidang Adpin dan Sekretariat juga telah melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi di beberapa kapanewon (sampel) di seluruh DIY, antara 20-27 Mei 2021, untuk melihat sejauh mana proses dan progres yang telah dicapai dalam kegiatan PK21 ini," katanya.

Staf Adminwas yang juga masuk anggota APIP, Andi Budi Santoso, SE, menambahkan bahwa seusai validasi telah dilaksanakan audiensi dengan Deputi Bidang Lapstik BKKBN Pusat, Drs Rudi Budiman, yang juga ikut dalam rombongan Kepala BKKBN, hal mana beliau (Rudi Budiman) sangat mengapresiasi kinerja APIP DIY. Dikatakan oleh Andi, bahwa menurut penilaian dan pengamatan Deputi Lapstik Pusat, kinerja APIP DIY adalah yang terbaik di banding dengan provinsi-provinsi lain.(*)

0 Viewers

Post a Comment

8 Comments

  1. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH terpuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya berbasis di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ibu Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN , setelah saya ditipu oleh  pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus dipercaya, kemudian dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga pernah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya, saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidup saya mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya mungkin Anda takut karena kesaksian palsu yang Anda dengar tetapi saya adalah saksi dan jika saya berbohong semoga ALLAH mengambil nyawa saya, saya ada orang jika Anda mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percaya,

    Nyonya Elina Johnson dari ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN hubungi saja dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH terpuji.

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammers dan penipu, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam upaya asli dan nyata,

    Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Anugerah, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkannya. Pinjaman online, kami meresmikan kami tentang masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs ELINA JOHNSON yang merupakan CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    Maka saya dan suami mengajukan aplikasi untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak menjaga usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

    Tidak hanya sampai di situ, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda dalam berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa semoga ALLAH memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com nice day info lebih lanjut..

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya emailnya dan saya mengiriminya email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) dan dengan nomor WA-nya: +1-585-326-2165. Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    ReplyDelete
  5. BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN BESAR INI

    Halo teman-teman sekalian, saya Kuwat Wibawa, saat ini tinggal di Surabaya. Saat ini saya seorang janda dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada April 2020 dan saya perlu membiayai kembali. bayar tagihan saya dan perbesar bisnis. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya, jangan menjadi mangsa para penjahat di luar sana yang menyebut diri mereka pemberi pinjaman uang, mereka semua scam, yang mereka inginkan hanyalah uang Anda dan Anda tidak akan mendengar kabar dari mereka lagi mereka telah melakukannya kepada saya lebih dari dua kali sebelum saya bertemu dengan Nyonya Helen Wilson. Setelah ditipu sebesar Rp 16 juta oleh para scammer, saya semakin terlilit hutang dan saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman.

    Jadi saya berdiskusi dengan teman saya Asmaul, dia adalah seorang Perawat dan memiliki pengalaman serupa. Dia kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan tersebut. Teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, saya memberanikan diri dan menghubungi Bu Helen, mengisi formulir aplikasi pinjaman. Semuanya berjalan lancar dan yang paling menarik adalah pinjaman saya ditransfer kepada saya dalam waktu 24 jam jadi saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi Ibu Helen jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dan Anda yakin dapat membayar kembali. hubungi dia melalui email ……… (helenwilson719@gmail.com) atau melalui WhatsApp; +1-585-326-2165. Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada cosigner dengan hanya suku bunga 2% dan rencana pembayaran kembali yang lebih baik dan jadwal jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan kemudian hubungi Ny. Helen Wilson hari ini untuk pinjaman pasti Anda, dijamin 100%.

    Mereka menawarkan semua jenis kategori pinjaman mereka

    Pinjaman jangka pendek (5_10 tahun)
    Pinjaman jangka panjang (20_40)
    Pinjaman berjangka media (10_20)
    Mereka menawarkan pinjaman seperti
    Pinjaman perumahan ............., Pinjaman usaha ........ Pinjaman mobil .......
    Pinjaman pelajar .........., Pinjaman awal .......
    Pinjaman Real Estat ......., Pinjaman Perusahaan ....... dll
    Email .......... helenwilson719@gmail.com
    WA: +1-585-326-2165
    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka Helen Wilson keuangan adalah tempat untuk pergi tolong katakan padanya saya Tuan Kuwat Wibawa mengarahkan Anda dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya (kuwatwibawa1@gmail.com)

    ReplyDelete
  6. Nama saya Asmaul Khusnuliyah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 12,3 juta untuk seorang pria di Afrika. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya Bu Mitu Maria yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu Helen Wilson, Manajer Kantor Keuangan WEMA, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Ibu Sarah. Maka saya menghubungi Bu Sarah melalui email: helenwilson719@gmail.com dan juga di WhatsApp: +1-585-326-2165

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp640 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya kira itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp640 juta. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati Bu Helen yang telah memberi saya kehidupan yang adil, maka saya berpesan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Bu HELEN WILSON via email: (helenwilson719@gmail.com) dan WhatsApp: +1-585-326-2165 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (asmaulkhusnuliyah1@gmail.com)
    Salam pembuka

    ReplyDelete
  7. Salam untuk kalian semua. Nama saya Agus Santoso, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena banyak sekali penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua memiliki untuk berhati-hati

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya mengajukan pinjaman 250 juta. Saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya mengalami lebih banyak kesulitan keuangan karena saya meminjam untuk membayar sebagian biaya setelah menghabiskan dana saya. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan teman saya untuk merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Helen Wilson, seorang ibu yang luar biasa, yang meminjamkan saya pinjaman 250 juta tanpa jaminan dalam waktu 24 jam tanpa tekanan pada tingkat bunga 2%.

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dicairkan langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: helenwilson719@gmail.com

    dan dengan rahmat Allah dia tidak akan mengecewakan. jika Anda mematuhi perintah-perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: agsantoso576@gmail.com
    dan teman saya yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Bu Helen Wilson, dia juga mendapat pinjaman baru dari Bu Helen Wilson, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (wahyusaptohandoko256@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya. Anda masih bisa mengobrol, ibu yang baik, Nomor WhatsApp; +1-585-326-2165

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Agus Santoso
    Pinjaman saya 250 juta
    KEUANGAN WEMA
    email: helenwilson719@gmail.com
    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya] Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100billion)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine