Diah Sunaryanta Sangat Mendukung Program Integrasi BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu

 Kontributor: Dwi Arti Novitasari, SH (penyuluh KB Wonosari)



WONOSARI 
| Pada Senin, Selasa, dan Kamis (24, 25, dan 27/05) di Kapanewon Wonosari tepatnya, di Kalurahan Wunung, diadakan Kegiatan Training Of Trainer (TOT) bagi Kader BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM dan D) Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan ini diadakan di kelompok kegiatan BKB Holistik Integratif Bina Putra Mulia yang berada di Padukuhan Teguhan, Kalurahan Wunung. Kegiatan TOT ini diikuti oleh 20 peserta yaitu kader BKB, pendidik Paud, kader Posyandu dan perwakilan dari PKK Kalurahan serta kader KB. Pelaksanaan kegiatan ini di balai Padukuhan Teguhan yang berdampingan dengan gedung PAUD serta gedung posyandu.

TOT integrasi BKB, PAUD, SDIDTK di posyandu ini dilaksanakan selama 3 hari dengan materi yang sangat banyak dan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Untuk kegiatan hari pertama diawali pembuakaan oleh Lurah Wunung, Sugiman. Kemudian acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga (PKK) DP3AP2 DIY, Hera Aprilia, SKom, MEng tentang, Kebijakan dan Teknis Pelaksanaan Integrasi BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu (Pergub No. 36 tahun 2013)

Setelah itu dilanjutkan materi dari penyuluh KB Kapanewon Wonosari, Dwi Arti Novitasari, SH, tentang, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Disampaikan oleh Novi bahwa pertumbuhan dan perkembangan pada balita adalah sesuatu berbeda. Pertumbuhan dapat diukur (kuantitatif), perubahan dalam ukuran fisik, tinggi dan berat badan, organ tubuh, lingkar kepala. Sedangkan perkembangan tidak dapat diukur (kualitatif), perubahan yang ada dalam perbandingan tubuh, kemampuan berfikir rasional meningkat serta perluasan sosialisasi. Diharapkan peserta dapat membedakan arti dari pertumbuhan dan perkembangan.

Sesi terakhir di hari pertama adalah materi dari Disdikpora Kabupaten Gunungkidul tentang, Teknis Pembelajaran PAUD di Kelompok Integrasi BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu. Narasumbernya adalah Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal, yaitu Nani Asyfiah, SSos, MSi. Disampaikan oleh Nani bahwa beliau sangat mengapresiasi dengan adanya kelompok BKB Holistik Integratif Bina Putra Mulia dengan PAUD dan Posyandu di Padukuhan Teguhan Kalurahan Wunung ini. Semoga kegiatan selalu berjalan dengan lancer sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk teknis pembelajaran PAUD saat ini, ujar Nani, adalah melalui daring sehingga dibutuhkan inovasi dan teknik pembelajaran yang menarik untuk anak didik. "Dimungkinkan juga untuk kunjungan rumah bagi pendidik PAUD kepada anak didik agar pelayanan terhadap anak usia dini bisa optimal," katanya.

Memasuki hari kedua, TOT menghadirkan narasumber yang sangat istimewa, yaitu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul yang sekaligus juga Istri Bupati Gunungkidul, Diah Purwanti Sunaryanta. 

Para peserta sangat antusias memperhatikan materi tentang, Peran PKK dan Kader dalam Pelaksanaan Integrasi BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu. Diah, panggilan akrab beliau, selain memperkenalkan diri selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul yang baru 2 bulan ini juga memberikan motivasi kepada peserta untuk aktif dalam kegiatan BKB HI yang sudah berjalan ini. PKK sangat mendukung kegiatan integrasi BKB, PAUD dan Posyandu ini karena juga merupakan bagian dari Pokja PKK. Diah juga menjelaskan tentang bagaimana seyogianya peran PKK dan kader dalam pelaksanaan integrasi tersebut.

Setelah materi pertama kemudian disusul materi dari kepala DP3AP2 DIY yaitu Erlina Hidayati Sumardi, SIP, MM tentang, Kebijakan Pembangunan Ketahanan Keluarga. Erlina sangat berterima kasih atas antusiasme kader dalam mengikuti kegiatan TOT ini, semoga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. 

Materi terakhir dari Lurah Wunung, Sugiman tentang, Peran Kalurahan dalam Pelaksanaan Integrasi BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu. Pemerintah Kalurahan Wunung sangat mendukung kegiatan ini serta memberikan stimulan dalam bentuk anggaran operasinal kegiatan melalui Anggaran Dana Desa. Walaupun saat ini anggaran desa banyak yang terserap untuk kegiatan penanganan pandemi covid-19, namun kegiatan untuk operasional BKB HI tetap dialokasikan. Lurah wunung juga mengharapkan agar PAUD dan Posyandu wilayah Padukuhan lain juga disasar oleh BKB sehingga dapat membentuk kelompok kegiatan seperti BKB HI Bina Putra Mulia.

Hari ketiga yang juga merupakan hari terakhir kegiatan TOT ini masih ada 3 materi kegiatan yaitu dari Dinas Kesehatan, PKB, dan DP3AKBPM dan D. Dr Trianawati dari Dinas Kesehatan menyampaikan materi tentang, Simulasi dan Praktek SDIDTK dan Pengisian Tumbuh Kembang Anak

Dijelaskan oleh Trianawati bahwa untuk saat ini kita sedang berhadapan dengan problematika pengentasan angka stunting. Diharapkan kader posyandu selalu rutin dalam pelaksanaan timbang badan dan pengukuran tinggi serta lingkar kepala pada balita, dan kegiatan seperti itu dilakukan secara tepat dan akurat. "Jangan sampai karena salah ukur maka akan memunculkan angka stunting. Setiap balita juga diharapkan mempunyai buku Kesehatan Ibu dan Anak," kata Trinawati.

Materi kedua disampaikan oleh Dra Umi Wasriyati, MM, selaku Koordinator PKB Kapanewon Wonosari, dengan materi tentang, Pemantauan Perkembangan Menggunakan Kartu Kembang Anak. Pada sesi ini disampaikan tentang sosialisasi Kartu Kembang Anak serta cara pengisian KKA. Bagi balita yang belum tersasar penggunakan KKA maka segera dilaksanakan pendampinangan agar semua balita dapat terpantau perkembangannya. 

Sesi terakhir oleh Kabid Pengendalian Penduduk dan KB DP3AKBPM dan D, yaitu Dra Dwi Iswantini yang mengisi tentang, Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Pada materi terakhir ini semua peserta diwajibkan membuat RTL untuk selanjutnya diserahkan dan dikumpulkan sebagai bahan laporan kegiatan. RTL ini untuk segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini agar peserta dapat mengaplikasikan kegiatan TOT ini secara langsung dan bermanfaat untuk masyarakat utamanya untuk pelayanan secara terpadu bagi anak usia dini. Dwi Iswantini juga sekaligus menutup acara kegiatan TOT Integrasi BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu ini dan mengucapkan terima kasih kepada para peserta atas partisipasinya dalam kegiatan selama 3 hari ini. Salam BKB! Orang Tua Hebat, Balita Cerdas, Keluarga Bahagia...!(*^)

0 Viewers

Post a Comment

4 Comments

  1. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH terpuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya berbasis di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ibu Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN , setelah saya ditipu oleh  pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus dipercaya, kemudian dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga pernah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya, saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidup saya mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya mungkin Anda takut karena kesaksian palsu yang Anda dengar tetapi saya adalah saksi dan jika saya berbohong semoga ALLAH mengambil nyawa saya, saya ada orang jika Anda mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percaya,

    Nyonya Elina Johnson dari ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN hubungi saja dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH terpuji.

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan website ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk menceritakan kisah tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang Allah kirimkan untuk mengubah hidup saya,  mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana bisa satu perusahaan memberikan pinjaman?, itu harus menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya mengatakan yang sebenarnya, ALL GLOBAL GRANT LOAN, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang dipersyaratkan.

    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi  mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat hidup Anda, ini EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di EMAIL saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    EMAILPerusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Perusahaan :   +1(301)971-444
    Email Saya:  fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete
  3. BOLAVITA [JUDI SITUS TERBAIK, TERBESAR DAN TERPERCAYA]


    DOMINOQQ atau lebih sering dikenal dengan DOMINO QQ ONLINE merupakan salah satu permainan taruhan yang ternama pada saat ini dikalangan sekitar penggemar judi.

    Untuk kartu DOMINO yang diperlukan dalam permainan DOMINO QQ ONLINE ini memiliki sila yang berbeda-beda.

    Jenis Kartu Jackpot DOMINOQQ adalah :
    - Jackpot Enam Dewa
    - Jackpot Balak atau Kembar
    - Jackpot Murni Besar
    - Jackpot Murni Kecil

    Daftar dan gabuing sekarang juga bersama [BOLAVITA] , Raih kemenangan Jackpot mu Disini !!

    http://159.89.197.59/

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :
    WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    INSTAGRAM : @bola.vita
    FACEBOOK : @bolavita.ofc
    TWITTER : @BVgaming_net
    LINE : @CS_bolavita

    (¯`·.¸¸.·´¯`·.¸¸.-> LIVECHAT 24 JAM <-.¸¸.·´¯`·.¸¸.·´¯)

    #domino #dominoqq #dominoqqonline #poker #pokeronline #situsjackpot #agenpokerterpercaya #situspokerterpercaya #judionline #judipoker #pokeronline #pokeronlineterbaik #pokerbolavita #bolavita #situspokerterbaik #menangjackpot #jackpot #situsjackpot #bandarpoker #bandarpokertebaik #pokervita

    ReplyDelete
  4. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya]

    Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,
    Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100billion)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine