HUT Purowsari ke-20, BPKB Gelar Baksos IUD-Implan untuk PUS Non-BPJS

Oleh: Nur Istiqomah & Suroto, MM (kontributor Kap Purwosari)


PURWOSARI | Setiap tanggal 21 Maret adalah hari bersejarah bagi Kapanewon Purwosari, Gunungkidul. Purwosari merupakan wilayah paling ujung barat dari wilayah Gunungkidul dan berbatasan langsung dengan kabupaten Bantul. 

Pada tahun ini Purwosari memasuki tahun yang ke 20. Usia 20 tahun ibaratnya seorang gadis sedang mekar-mekarnya, setidaknya terbukti dengan bermunculan destinasi wisata baru yang tersebar di sepanjang pantai selatan Kapanewon Purwosari, dan Purwosari menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi para kaum milenial untuk menikmati eksotisnya sunset dari atas Bukit Watugupit atau Bukit Paralayang yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis. 

Arah ke selatan lagi ada Pantai Bekah yang terkenal dan menjadi idola kaum pemancing mania. Selain itu, tentu masih banyak lagi wisata alam yang perlu dikembangkan agar bermanfaaat untuk meningkatkan pendapatan bagi penduduk lokal khususnya.


Budidaya Porang

Dalam acara ulang tahun yang ke 20 tahun ini, panitia hari ulang tahun Kapenewon Purwosari mengadakan sejumlah kegiatan,  antara lain ekspos budidaya porang yang diselenggarakan di lantai 2 ruang rapat Kapenewon Purwosari pada Sabtu, tanggal 20 Maret 2021, dengan narasumber Totok Sudianto dari IKG Korcam Purwosari atau Ikatan Keluarga Gunungkidul kordinator Kecamatan Purwosari yang berada di Jakarta. Porang merupakan tanaman-umbi umbian yang bernilai jual tinggi. Di Purwosari banyak lahan yang belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga itu bisadijadikan sebagai lahan pertanian secara optimal dengan menanam porang, atau bisa juga sebagai tanaman sela di lahan perkebunan.


Doa Bersama 

Kegiatan di hari ke dua acaranya berdoa bersama dalam rangka puncak acara HUT Kapenewon yang ke 20 dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat lintas sektor di lingkungan kapenewon. Inti adanya adalah potong tumpeng oleh Kepala KUA Purwosai, Hernawan SHI dan diberikan pada Panewu Purwosari,  Purwono , SIP, MSi, yang kemudian dilanjutkan doa bersama ditutup dengan acara  ramah-tamah seluruh tamu undangan. Berikutnya adalah acara bakti sosial dengan membagikan bingkisan berupa sembako pada keluarga yang terdampak covid-19 sebanyak 46 paket dan tersebar di sejumlah wilayah kalurahan yang ada di kapenewon Purwosari.


Pelayanan KB

Balai Penyuluhan Keluaga Berencana Kapanewon Purwosari juga ikut ambil peran dalam kegiatan ulang tahun ini, yakni dengan mengadakan baksos pemasangan alat kontrasepsi implan (susuk) dan IUD (copper T). Menurut Koordinator PKB Kapanewon Purwosari,  Suroto, SSos, MM, "kegiatan ini (pelayanan KB) sudah tradisi tahunan di tempat kita, sehingga agar tidak mengecewakan masyarakat calon akseptor, tetap kita adakan secara singkat tetapi tepat sasaran."

Menurut Suroto,kegiatan ini sangat tepat sasaran, karena bisa memfasiltasi calon akseptor yang tidak terkaver oleh BPJS PBI. Selain itu, mengingat masih dalam suasana pandemi,  baksos dibatasi jumlah pesertanya agar tidak terjadi kerumunan di tempat pelayanan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan, dan disiasati dengan mengatur jadwal kedatangan calon akseptor. Hasil dari koordinasi dengan Kepala UPT Puskesmas Purwosari,  dr Wanda Abrar, MPH, pelayanan dilaksanakan pada Senin, 22 Maret 2021 di UPT Puskesmas Purwosari.

Untuk calon akseptor yang ikut pelayanan, mereka diharuskan memakai masker dan cuci tangan di tempat yang telah disediakan oleh pihak Puskesmas sesuai jadwal yang telah diatur oleh panitia agar berjalan dengan lancar dan tertib. Alhasil, tepat pukul 12. 00 pelayanan selasai dengan akseptor sebanyak 24 orang dengan kontrasepsi IUD dan implan.[]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine