Lurah Hargosari Beserta Jajarannya Siap Dukung Suksesnya PK21

Koresponden: Ir Sihana Yuliarto (Ketua DPD IPeKB DI Yogyakarta)


TANJUNGSARI | Kamis (01/04) p
agi jam 08.30 WIB, segenap Kader Pendata PK21 sudah berkumpul di Balai Kalurahan Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul, karena pada hari itu kader pendata bekerja sama dengan Penyuluh KB akan membuat dokumentasi (vidio, foto) kegiatan Pendataan Keluarga tahun 2021.

Tayangan video diawali dengan video yang berisi komitmen dari Lurah Hargosari, Jumeno. Dalam videonya yang berdurasi sekitar 1 menit Jumeno menyampaikan, “Siap mendukung dan ikut sukseskan kegiatan Pendataan Keluarga tahun 2021,” dengan mengajak kepada segenap warga, agar dapat menerima kader pendata dengan baik, dan berpesan agar warga dapat memberikan informasi dengan sebenar-benarnya. Itu sebagai upaya agar PK 2021 menghasilkan data yang akurat, kata Jumeno tegas.

Video komitmen yang kedua disampaikan oleh Carik Hargosari, Wahyu Eka Prihantara. Carik Hargosari menyampaikan, “Siap mendukung kegiatan Pendataan Keluarga tahun 2021, dan sangat berharap PK 2021 menghasilkan data yang akurat, sehingga dapat mendukung rencana program dapat tepat sasaran.”

Video komitmen selanjutnya disampaikan Kamituwa Hargosari, Saloso. Kamituwa dalam video komitmennya menyampaikan, “Siap mendukung kegiatan Pendataan Keluarga tahun 2021, karena Sukses Pendataan Keluarga tahun 2021 dapat mendukung Sukses Program Bangga Kencana.”

Supartini selaku Supervisor PK 2021 Kalurahan Hargosari melalui videonya juga berkomitmen untuk sukseskan PK tahun 2021.

Tidak ketinggalan Kader Pendata juga ikut berkomitmen sukseskan PK 2021. Melalui video yang berdurasi sekitar 1 menit, dengan penuh semangat dan kompak, mereka menyampaikan kalimat komitmen sebagai berikut: “Kami Kader Pendata Hargosari siap sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021, sukses PK 2021 sukses program Bangga Kencana. Kader Pendata Hargosari, yes…, yes…!”

Dengan kalimat-kalimat yang diucapkan dengan lantang oleh segenap kader pendata, diharapkan akan memunculkan keyakinan bahwa pendataan keluarga tahun 2021 di kalurahan Hargosari akan berjalan lancar dan sukses tentunya.

Setelah selesainya pembuatan video dan dokumentasi PK 2021 di Balai Kalurahan Hargosari, dengan penuh semangat segenap Kader Pendata melanjutkan kegiatan advokasi kepada perangkat kalurahan dan tokoh formal sekaligus melaksanakan kegiatan Pendataan Keluarga melalui kunjungan dari rumah ke rumah.

Kegiatan advokasi kepada perangkat kalurahan dan tokoh masyarakat dilakukan oleh Kader Pendata sekaligus melaksanakan kunjungan dari ruma ke rumah, diawali kunjungan ke rumah Lurah dilajutkan ke rumah Carik, Kamituwa, dan dilanjutkan ke tokoh masyarakat serta ke masing-masing dukuh.

Kader Pendata Hargosari melaksanakan Pendataan Keluarga dengan menggunakan metode smartphone. Lancarnya jaringan internet dalam hal ini sangat dibutuhkan, termasuk kemampuan segenap kader pendata dalam mengoperasionalkan handphone/android. Harapan semua perangkat yang mendudung kelancaran kegiatan pendataan keluarga, kiranya PK21 dapat perangkat HP bisa berfungsi secara maksimal sehingga dapat minimalisir kendala, sehingga kader pendata dapat menjalankan tugasnya dengan nyaman.

Para Kader Pendata bekerja dengan prinsip BERKUALITAS, akronim dari BErsiap, Rencanakan jadwal, Kunjungan rumah ke rumah, Utamakan etika, Ajukan pertanyaan secara benar, Lakukan pendataan dengan benar, Isi formulir secara tepat, Targetkan semua terdata, Amati dan pastikan semua formulir terisi, Siap perkembangan pendataan kepada supervisor). Ini sebagai pedoman Kader Pendata dalam melangkah melaksanakan Pendataan Keluarga tahun 2021.

Semoga dengan dukungan dari semua pihak, PK 2021 di Kalurahan Hargosari dapat berjalan lancar, dan dapat menghasilkan data yang akurat dapat dipergunakan dalam penyusunan program ke depan. Tetap semangat Kader Pendata Hargosari. Sukses PK 2021…![]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine