BKR Harapan Bunda Sabet Juara 1 Lomba KIE Daring Kader BKR se-Kapanewon Panggang

Kontributor: Susilastuti & Supriana, SSos (pramusaji dan PKB Panggang)


PANGGANG
| Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-72 dan peningkatan kualitas kader BKR, BPKB Kapanewon Panggang mengadakan lomba KIE daring dalam 3 bentuk penyajian. Dalam hal ini masing-masing peserta bisa memilih yaitu dalam bentuk gubahan lagu, drama pendek, ataupun film pendek. Durasi masing-masing penyajian maksimal 5 menit. Adapun aspek yang dinilai yaitu: bobot pesan, kekompakan, kualitas video, kostum, serta kreativitas

Tema yang diambil juga bisa memilih salah satu, yaitu antara PUP dan Genre. Waktu pelaksanaan pengambilan nilai pada tanggal 23 Desember 2020 pukul 09.00-12.30 WIB. Adapun pesertanya yaitu: 1. BKR Harapan Bunda (Padem, Girikarto), 2. BKR Sadewa (Warak, Girisekar), 3. BKR Cempaka (Tungu, Girimulyo), 4. BKR Seruni (Sumber, Girisuko), serta 5. BKR Purnama Bhakti (Panggang III, Giriharjo)

Dalam lomba kali ini, BPKB Panggang  menghadirkan tim juri eksternal.  Sedangkan Tim Juri yang diundang untuk memberikan penilaian KIE daring tersebut yaitu: 1. Purwanto, S.Pd (perwakilan Kantor Kapanewon Panggang), 2. drg. Lucilla Mintati (Kepala UPT Puskesmas Panggang I), serta 3. dr. Amik Isnawati (Kepala UPT Puskesmas Panggang II).

Hadir dalam kegiatan penilaian tersebut Kasi KS, Amirudin, SSos, sebagai perwakilan DP3AKBPM dan D Gunungkidul, yang dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal:  

1. Merasa bangga dengan kegiatan di Balai Penyuluhan Kapanewon Panggang sangat kreatif dan inovatif walaupun di tengah-tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini;

2. Menyarankan agar media sosial jangan hanya digunakan sebagai alat untuk selfie semata, tetapi juga untuk media KIE, dan yang terpenting lagi, kiranya pesan-pesan yang disampaikan bisa dimengerti dan diterima oleh masyarakat dan diperkuat dengan bahasa tubuh agar KIE yang disampaikan bisa lebih meyakinkan;

3. Semoga dengan adanya lomba ini bisa menjadikan kader-kader BKR di Kapanewon Panggang bisa lebih maju, berkualitas, dan berkarakter

Pada kesempatan yang sama, koordinator PKB, Supriana, SSos, menyampaikan bahwa lomba KIE daring ini diadakan secara mandiri dan tidak ada dukungan materi apapun. Lebih lanjut disampaikan bahwa kemanfaatan KIE ini lebih penting untuk mendidik bukan hanya untuk anak cucu tetapi juga untuk lingkungan.

Di akhir acara dibacakan pemenang lomba KIE daring BKR oleh Ketua Tim Juri, yaitu Purwanto, SPd, dengan hasil sbb:

Juara I: BKR Harapan Bunda (Padem, Girikarto), KIE daring dalam bentuk drama pendek dengan tema, “Gagal Nikah” dengan skor nilai 118.

Juara II: BKR Sadewa (Warak, Girisekar), KIE daring dalam bentuk drama pendek dengan tema, “Bebas Narkoba”, dengan skor nilai 114,5.

Juara III: BKR Cempaka (Tungu, Girimulyo), KIE daring dalam bentuk drama pendek dengan tema, “PUP”, dengan skor nilai 112,5.

Juara harapan I: BKR Seruni (Sumber, Girisuko), KIE daring dalam bentuk gubahan lagu dengan tema, “PUP”, dengan skor nilai 111,5.

Juara harapan II: BKR Purnama Bhakti (Panggang III, Giriharjo), KIE daring dalam bentuk gubahan lagu dengan tema, “PUP & Genre”, dengan skor nilai 106.[]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine