HUT PIK-R Police ke-7 di Pantai Drini, Tepus

Kontributor: Sabrur Rohim, SAg, MSI (PKB Girisubo)


TEPUS | Tidak terasa usia poktan PIK Remaja Police Kalurahan Karangawen, Girisubo, sudah genap 7 tahun di 2021 ini. Karena, kelompok kegiatan ini berdiri pada 2014. Sebuah bilangan usia yang tidak sedikit. Banyak suka duka dan dinamika selama 7 tahun mengarungi kegiatan demi memberikan pendampingan, edukasi, pengarahan kepada segenap anggota, yang bahkan tidak hanya di dalam lingkup PIK-R Police sendiri, tetapi juga ke kelompok kegiatan lain di wilayah Kapanewon Girisubo.

Untuk merayakan momentum 7 tahunnya, pengurus dan anggota PIK-R Police menggelar kegiatan di Pantai Drini, Tepus, Gunungkidul, pada Sabtu (9/1) pagi. Selain diadakan acara seremoni potong tumpeng, kegiatan tersebut juga diisi dengan pembinaan. 

Selain pengurus dan anggota, ikut juga diundang untuk hadir dalam kegiatan tersebut beberapa perwakilan dari PIK-R lain di wilayah Girisubo, Kasi KS DP3AKBPM dan D Gunungkidul, Muh Amirudin, SSos, PKB Girisubo, Sabrur Rohim, SAg, MSI, Kamituwa Karangawen, Arif Manuji, SPd, serta jajaran pengurus teras Forum GenRe Gunungkidul dengan Ketuanya, Rika Nur Cahyati. 

Dalam even tersebut, kesempatan memberikan sambutan diberikan kepada Kasi KS Muh Amirudin serta Kamituwa Kalurahan Karangawen, Girisubo. Amirudin dalam sambutannya menekankan pentingnya remaja untuk tetap aktif mengampanyekan kespro remaja kepada rekan-rekan sebayanya. Salah satu cara sosialisasi tersebut adalah dengan media sosial. Oleh karena itu, Amir berharap para anggota PIK-R khususnya memiliki kemampuan olah media, seperti membuat video edukasi dan semacamnya sebagai sarana penyuluhan. Dalam hal ini, Amir meminta Sabrur Rohim selaku penyuluh KB dan pembina PIK-R untuk membekali para remaja pengurus dan anggota PIKR di Girisubo dengan kemampuan tersebut. 

Sementara itu, Kamituwa Kalurahan Karangawen, Arif Manuji, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan hari itu. Arif mengucapkan terimakasih kepada semua hadirin yang telah meluangkan waktu dan Tenaga nya untuk datang, terutama kepada Pak Amir, sapaan akrab Kasi KS Muh Amirudin, SSos. Arif juga menyampaikan selamat ulang tahun kepada PIK-R Police yang ke 7 dan sangat berharap segenap pengurus dan anggota PIK-R bisa terus berkiprah memberikan edukasi serta ruang beraktualisasi diri bagi remaja-remaja di Karangawen. 

Sementara itu, Ketua Forum GenRe Gunungkidul, Rika Nur Cahyati, dalam materinya mengajak para peserta (anggota PIK-R) untuk menggali hal-hal positif yang didapatkan selama aktif dalam kegiatan PIK-R, lalu menularkannya kepada teman-teman sebayanya. Rika juga mengajak agar remaja bisa berkolaborasi dengan banyak teman, lembaga, organisasi, dan sebagainya untuk meningkatkan kualitas diri dan kelompoknya. 

Acara terakhir diisi dengan materi permainan mental dan hipnoterapi oleh Miyanto, SPdI dari SA Adventure, Gunungkidul. Para peserta (anggota PIK-R) sangat bersemangat mengikuti materi dari Miyanto. Poin penting yang hendak dituju dari permainan mental dan hipnoterapi tersebut, menurut Miyanto, adalah menanamkan kesadaran untuk selalu berpikir positif, karena pikiran positif akan menentukan tindakan yang positif, dan pada akhirnya akan menentukan takdir kehidupan yang baik.(*)


0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine