Program "Sedekah Rosok" di PIK-R Milenial Kampung KB Jetis, Gedangsari

Kontributor: Drs Totok Hendrastara & Sutarni (PKB & pramusaji Gedangsari)


GEDANGSARI
Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Melihat jumlah remaja yang sangat besar, maka remaja sebagai generasi penerus bangsa perlu dipersiapkan menjadi manusia yang sehat secara jasmani, rohani, mental, dan spiritual.

Faktanya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa remaja mempunyai permasalahan yang sangat kompleks seiring dengan masa transisi yang dialami remaja. Masalah yang menonjol di kalangan remaja yaitu permasalahan seputar Triad KRR (seks bebas, nikah dini, dan napza), rendahnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja (KRR) dan median usia kawin pertama perempuan relatif masihrendah yaitu 19,8 tahun (SDKI 2007).

Pusat Informasi dan Konseling Remaja ( PIK-R) Milenial adalah PIK-R yang berada di Kampung KB Dusun Jetis, Kelurahan Hargomulyo, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. PIK-Remaja ini berdiri sejak dua tahun lalu semenjak Dusun Jetis dicanangkan sebagai Kampung KB. PIK-R hadir sebagai mitra dari BKKBN, utamanya bidang ketangguhan remaja dalam menghadapi permasalahan-permasalahan remaja. Dalam struktur organisasi PIK-R Milenial ini terdiri ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, konselor dan pendidik sebaya, bidang usaha dan dana, bidang peyuluhan, bidang humas dan media informasi.

Ketua dan pengurus harian mengontrol kinerja keseluruhan pengurus, juga mengadakan rapat rutin. Konselor dan pendidik sebaya bertugas menjalankan proker konseling dan edukasi internal kepada para remaja yang ada di Kampung KB Dusun Jetis. Bidang penyuluhan membantu BPKB kecamatan untuk mengedukasi teman-teman remaja tentang Triad KRR.

Bidang dana dan usaha mengadakan usaha-usaha untuk mendapatkan penghasilan bagi kas PIK-R, di antaranya menjalankan proker “sedekah rosok”; setiap sebulan sekali mengambil rosok dari rumah-rumah warga untuk dikumpulkan dan dijual menjadi dana kemandirian. Usaha Bersama Kube Pakaryan adalah usaha yang dijalankan beberapa remaja PIK-R Kampung KB Jetis untuk merintis bisnis bersama. Bidang humas dan media informasi berfungsi sebagai media hubungan masyarakat, selain juga sebagai media publikasi PIK Remaja; sejauh ini sudah membentuk dan megisi di website Kampung KB Jetis untuk update kegiatan, dll.(*)

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine