Genap Dua Tahun Membangun Kampung KB Duwet, Tepus

Kontributor: Dwi Lestiyandari, AMd Gizi (Pantai Siung)

TEPUS | Kampung KB Duwet Kalurahan Purwodadi, yang berdiri sejak dicanangkan oleh Bupati Gunungkidul tahun 2018 memasuki usia yang ke-2. Pada hari Minggu (29/11) diadakan acara dengan tema, 2 Tahun Membangun, yang diselenggarakan oleh Pengurus Pokja Kampung KB. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Padukuhan Duwet Kalurahan Purwodadi yang dihadiri oleh Lurah Kalurahan Purwodadi, Ketua PKK Kelurahan, Pengurus IMP Kecamatan. Adapun dalam rangka mengisi acara "2 Tahun Membangun" ini diadakan beberapa perlombaan sebagai upaya mempromosikan program Banggakencana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tentunya, karena undangan dibatasi hanya beberapa tamu undangan, dewan juri dan Pengurus Pokja Kampung KB serta peserta lomba. 

Adapun lomba yang diselenggarakan adalah lomba sbb: yel-yel program Banggakencana, membuat tumpeng tema Banggakencana, dan merias pasangan sebagai upaya meningkatkan keharmonisan keluarga

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB ini diawali dengan penampilan PIK-R Kampung KB yaitu PIK-R Benteng Selatan dengan menyanyikan lagu Mars KB dan Mars Genre yang diketuai oleh Ela Rahmawati. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Pokja Kampung KB Duwet selaku penyelenggara. Ketua Pokja menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan dan memotivasi diri serta masyarakat agar semakin  semangat dalam melaksanakan program-program yang ada di Kampung KB. 

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan Lurah Kalurahan Purwodadi, Sagiyanto, SIP yang memberikan apresiasi kepada Pokja Kampung KB dan warga masyarakat yang selama ini bekerjasama dalam memajukan wilayah dengan semangat. Sagiyanto berharap bahwa ke depan Ibu Dwi Lestiyandari, selaku pembina wilayah, bisa memberikan binaan kepada seluruh padukuhan yang ada di Kalurahan Purwodadi sehingga mampu membangun keluarganya dengan baik. Pemerintah Kalurahan juga telah menganggarkan alokasi dana untuk pengembangan Kampung KB di tahun 2021. 

Acara ketiga adalah sambutan sekaligus pengarahan dari pembina Kampung KB Padukuhan Duwet yaitu Dwi Lestiyandari, yang intinya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama seluruh warga kampung KB Duwet Kalurahan Purwodadi beserta jajaran Pemerintah Kalurahan Purwodadi selama kurun waktu dua tahun ini, yang atas kerjasamanya dapat melaksanakan program Banggakencanadi kampung KB Duwet Kalurahan Purwodadi tanpa kendala yang berarti. 

Meskipun beberapa rencana belum dapat terealisasi dengan baik karena pandemi Covid-19, tegas Ndari, sapaan akrabnya, harapannya di tahun 2021 nanti bisa lebih dioptimalkan kegiatannya baik peningkatan pembinaan maupun sarana prasarana yang ada. 

Dikatakan pula bahwa tahun 2021 rencana yang telah disepakati dengan Pokja Kampung KB adalah membangun rumah data yang kondisi saat ini belum optimal karena masih menggunakan sket atau ruangan yang ada di balai padukuhan. Juga disampaikan pada kesempatan tersebut bahwa kemajuan yang signifikan terlihat dari kegiatan yang dilaksanakan oleh adik-adik PIK-R, mereka secara mandiri sudah melaksanakan kegiatan berupa pembinaan konselor sebaya, kerja bakti bersama di lingkungan padukuhan dan rencana mengisi liburan akan mengadakan acara capacity building di Pantai Siung sekaligus bersih-bersih pantai Siung. 

Setelah sambutan dan pengarahan dari Penyuluh KB wilayah, dilanjutkan dengan kegiatan lomba-lomba dengan dewan juri dari Pengurus IMP Kapanewon Tepus dan praktisi di bidang olahan makanan juga tata rias.(*)

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine