BKR Melati, Poktan Pro-PN yang Terintegrasi dengan Banyak Kegiatan di Padukuhan

Koresponden: Rudi Purwanto & Sabrur R (Girisubo)

Nglindur | Selasa (25/08), untuk mensukseskan program Banggakencana dalam rangka persiapan lomba Bina Keluarga Remaja Pro PN, PKB Girisubo berserta PPKBD Kalurahan Nglindur mengadakan kegiatan  monitoring dan evaluasi terakhir persiapan terkait dengan lomba tersersebut.

Kegiatan ini dilakssnakan pada siang hari tepatnya sekitar pukul 13.00 WIB bertempat di Padukuhan Ngepoh Kalurahan Nglindur Kapanewon Girisubo. Ini karena untuk Kapanewon Girisubo yang terpilih ikut serta dalam lomba BKR Pro PN ialah BKR Melati, yang dalam hal ini mewakili Gunungkidul di ajang tersebut. Sedangkan untuk yang mewakili dari kelompok PIK-R adalah dari Kapanewon Playen.

Hadir dalam acara tersebut sekitar 35 orang yang terdiri dari unsur PKB Girisubo, PPKBD Nglindur, Dukuh, Kader KB, serta pengurus dan anggota BKR Melati.

Tidak Muluk-muluk
Acara dibuka dengan berdoa bersama kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua BKR Melati, Surami (Ketua TP Pkk Dusun Ngepoh, kader Sub PPKBD), yang pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimaksih terkait dengan lomba tersebut.

"Saya selaku Ketua BKR Melati menyampaikan ucapan terimaksih kepada semua pihak yang sudah mendukung persiapan lomba BKR ini. Saya mewakili rekan-rekan kader B, pengurus, dan anggota BKR Melati merasa senang sekali dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan lomba tahun ini. Kami tidak berharap muluk-muluk. Tetapi persiapan kami maksimal, dengan harapan bisa memperoleh nilai maksimal juga," ungkap Surami.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan monitoring dan pengarahan terkait persiapan lomba BKR yang pada saat itu dari BPKB Girisubo. Pihak BPKB, yang diwakili Prasetyohadi, SPd (PKB) menyampaikan masukan, saran, kritik membangun terkait dengan sarana dan prasarana, adminitrasi, serta kegiatan-kegiatan yang ada dalam BKR Padukuhan Ngepoh tersebut.



"Sejauh ini sudah sangat memuaskan persiapan-persiapannya. Semua data dan dokumen sudah tersedia dan lengkap. Memang tidak salah BKR Melati Ngepoh ini maju lomba ke tingkat provinsi," ujar Pak Bambang, sapaan akrab Prasetyohadi.

Drama Satu Babak
Yang menarik sekali, bahwa kegiatan BKR Melati terintegrasi dengan bermacam kelompok kegiatan lainnya di tingkat Dusun, seperti kelompok senam, kelompok karawitan, PKK Dusun, UPPKS, PIK Remaja, dll.

Makanya, dalam acara pembinaan hari itu, selain presentasi administrasi dan dokumen poktan, ditampilkan juga atraksi grup karawitan, grup senam (tari poco-poco), serta gejok lesung.

Maka dari itu, di tengah kegiatan pembinaan sore itu, ada juga atraksi drama satu babak yang mengusung tema pencegahan pernikahan dini yang diperagakan oleh Ngapirin (Dukuh), Kartini (PPKBD), Sudiyanto (Pemerintah Kalurahan Nglindur), serta Surami (Ketua BKR). Atraksi mereka sangat bagus dan membuat warga yang menonton sedemikian antusias sampai akhir. Setelah pertunjukan drama satu baba selesai, kemudian dilangsungkan atraksi Salam BKKBN, Salam Genre, Salam KB, serta menyanyikan lagu Mars KB dan Ayunda Si Menik dengan iringan gejok lesung.

"Semoga kegiatan lomba yang akan dilaksanakan besok di Perwakilan BKKBN DIY akan berjalan dengan lancar. Kemudian dari kegiatan kali ini, kiranya ini bisa menjadi momentum semangat baru untuk BKR Melati agar ke depannya makin baik dan semangat dalam membangun  padukuhan," kata Ngapirin.(*)
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine