Selamat Purna Tugas, Pak Dalhar

Koresponden: Ir Sulistyana

Dalhar, SSos
Ada awal ada akhir, itulah proses kehidupan yang dialami setiap manusia  hidup. Kita dilahirkan tanpa memiliki apa-apa, seiring berjalannya waktu menjalani kehidupan berbagai tahapan kehidupan kita jalani dengan izin Sang Khalik sampai batas waktu tertentu. Demikian juga halnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan bagian dari pelaksanaan tugas yang diamanahkan, hal mana juga mempunyai batas waktu pengabdian secara formal.

Terhitung bulan Maret 2020 Dalhar, SSos dan bulan Mei 2020, Drs Anggoro Tri Atmojo berakhir dalam masa tugasnya sebagai  ASN. Selama kurang lebih 31 tahun pengabdiannya Pak Dalhar, sapaan akrabnya, dan 33 tahun untuk Pak Anggoro, panggilan akrabnya, alhamdulillah masih dalam kondisi  sehat wal afiat. Serasa terlalu cepat mereka berdua mengakhiri ketugasannya, akan tetapi batas waktunyalah yang mengharuskan kedua beliau mengakhiri masa pengabdiannya sebagai ASN.

Acara pelepasan keduanya dilaksanakan beberapa waktu lalu, persisnya Jumat (19/6) di ruang Bakti Praja kantor DP3AKBPM dan D Gunungkidul, sehabis salat Jumat. Hadir dalam acara tersebut Dra  Dwi Iswantini, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  mewakili Kepala DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul, Ketua DPC  IPeKB Kabupaten Gunungkidul, Edy Subambang, SSos beserta jajaran pengurusnya, serta koordinator PKB se-Kabupaten Gunungkidul.

Acara diawali dengan doa yang dipandu pembawa acara, dilanjutkan sambutan Ketua DPC  IPeKB Kabupaten  Gunungkidul, Edy Subambang, SSos. Dalam sambutannya Edy menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya pertemuan . Acara ini sengaja dikemas dalam suasana yang sederhana, karena mempertimbangkan situasi dan kondisi yang ada bersamaan dengan persiapan pelayanan sejuta akseptor dalam rangka  Hari Keluarga Nasional  XVII tahun 2020 yang direncanakan pada tanggal 29 Juni 2020.

Sedianya acara ini mengundang dua penyuluh KB yang memasuki purna tugas Pak Anggoro dan Pak Dalhar. Namun karena sesuatu hal, Pak Anggoro tidak bisa hadir. Edy menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama beliau berdua selama bergabung di Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana, sebagai  organisasi profesi PKB, dan berharap masih mau berpartisipasi dalam program Banggakencana walaupun sudah purna tugas serta menjaga silaturahim guna meningkatkan tali persaudaraan.

Mengawali kata pamit, Dalhar mengucapkan puji syukur kehadirat Allah, Tuhan Yang Mahaesa dan terima kasih telah diundang Ketua DPC IPeKB  Gunungkidul sehingga dapat bertemu dengan jajaran pejabat di DP3AKBPM dan D, Pengurus DPC IPeKB, serta koordinator PKB se-Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kata pamitnya, Dalhar menyampaikan perasaannya di hati yang paling dalam serasa masih menjadi PKB dan tak lepas dari PKB, sehingga di kemudian hari masih bersedia mendukung program Banggakencana sesuai kemampuannya. Secara berkelakar beliau menyampaikan masih dipercaya menjadi ketua RT di wilayahnya yang selama ini beliau jalani hampir 21 tahun.

“Tentunya di masa purna tugasnya saya berharap masih mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat , produktif, dan menyehatkan. Banyak kegiatan yang sudah dan terus saya lakukan sesuai dengan kegemaran saya. Saya beternak ayam, mancing,  dan memasak,” kisahnya.

Sosok Pak Dalhar memiliki pribadi yang unik, penuh humor, dan pengertian. Namun dengan kerendahan hatinya beliau memmohon maaf apabila selama menjalankan tugas kedinasan maupun non kedinasan banyak kesalahan selama ini. Mengakhiri kata pamitnya, beliau berharap bisa tetap menjaga tali persaudaraan dimanapun berada.

Selanjutnya, menanggapi kata pamit Pak Dalhar, Kepala Bidang Dalduk dan KB DP3AKBPM dan D Gunungkidul, Dra Dwi Iswantini menyampaikan selamat dan terima kasih atas pengabdiannya, semoga senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan. “Saya sangat senang atas dedikasi dan semangat Pak Dalhar yang masih mau mengabdikan dirinya di masyarakat serta mendukung program Banggakencana. Harapannya di masa purna tugas semoga Pak Dalhar senantiasa sehat wal afiat dan penuh semangat,” ungkap Dwi.

Sebagai ungkapan terima kasih atas pengabdianya, disampaikan kenang-kenangan dari  Kepala DP3AKBPM&D, dari Bidang Dalduk dan KB, serta dari DPC IPeKB Kabupaten Gunungkidul. Masing-masing disampaikan oleh Kepala Bidang Dalduk dan KB serta Ketua DPC IPeKB Kabupaten Gunungkidul.

Sebagai informasi tambahan, beberapa waktu lalu pemred Cahaya Keluarga, Sabrur Rohim,SAg, MSI, sempat mewawancarai Pak Dalhar secara pribadi di rumah beliau, Semin, dan hasil wawancaranya seputar suka-dukanya, kegiatan pasca purna tugasnya, dll bisa dilihat pada link berikut:

1. https://youtu.be/t8k8_0HraS8
2. https://youtu.be/gYGhR_vYbUU

Selamat memasuki purna tugas, Pak Dalhar. Semoga sehat dan sukses selalu, amin.(*)

0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajopk.net^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajopk.net| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine