Di Masa Pandemi, Remaja PIK-R Setyo Tuhu Berinovasi Tingkatkan Pendapatan dengan Industri Rumahan

Koresponden: Rudi Purwanto, pramusaji BPKB Girisubo


PKB bersama Lutfita dari PIK-R Setyo Tuhu
Girisubo | Namanya Lutfita Diah Ayu Nur'aini, akrab dipanggil Lutfi. Remaja yang berusia 18 tahun ini merupakan anak pertama dari pasangan Soepraptoyo dan Rini Puji Astuti. Remaja ini merupakan salah satu pengurus PIK-Remaja Setyo Tuhu yang beralamatkan di Padukuhan Wuni, Nglindur, Girisubo, Gunungkidul.

Dalam situasi dan kondisi yang saat ini, dengan berkembangnya virus Covid-19 yang sedang menyerang negara kita tercinta ini sangat berdampak sekali untuk warga masyarakat, khususnya untuk siswa/siswi yang melakukan rutinitas menuntut ilmu di sekolah. Karena situasi yang seperti ini maka diwajibakan siswa/siswi belajar online dirumah masing-masing.

Dalam situasi tersebut, remaja yang saat ini menduduki kelas 2 di SMK Muhammadiyah 2 Playen Gunungkidul ini berinisiatif untuk berwirausaha di sela sela aktvitas keseharianya. Kegiatan berwirausaha yang dilakukanya ialah berjualan makanan cimol. Makanan ini sangatlah fenomenal di kalangan kaum remaja, karena di samping rasanya yang enak, gurih, dan renyah, makanan ini juga harganya bersahabat.

"Alhamdulilah di sela-sela kegiatan saya dalam belajar online di rumah, saya berinisiatif untuk berjualan cimol karena makanan ini sangatlah fenomenal sekali. Selain dapat belajar berwirausaha, dengan usaha ini saya sekalian dapat meringankan beban orang tua dalam menjalani kehidupan di masa pandemi ini," ungkap Lutfita.

Remaja ini sangat antusias dalam menjalani usahanya. Dalam penjualanya Lutfi menjual cimolnya pada sore hari, sekitaran pukul 15.00 WIB. Untuk harganya sendiri  ada 2 macam, yang 50 biji harga Rp 3.000,00,  sedangkan yang isi 85 biji harganya Rp 5.000,00. Varian rasa dari bumbunya juga beraneka ragam mulai dari rasa balado, BBQ, ayam bawang, ekstra pedas, jagung bakar, jagung pedas manis, keju, balado pedas manis, dll. Area penjualan saat ini masih berjualan online di lingkup desa di Kecamatan Girisubo.

Dalam hal ini Sabrur Rohim, SAg, MSI, selaku PKB Girisubo dan pembina PIK Remaja Setyo Tuhu turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Tak lupa dalam bentuk apresiasinya, Pak Sabrur, sapaan akrabnya, juga ikut serta dalam membeli cimol produk rumahan remaja tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan tersebut, salut sekali dengan ide kreatif untuk berwirausha di dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Saya minta dia tetap semangat untuk usahanya, jangan lupa tetap rajin belajar semoga sukses dan berkembang kedepannya," kata Pak Sabrur.

"Semoga ini menjadi motivasi untuk remaja-remaja yang lainnya. Situasi dan kondisi yang seperti ini seharusnya tidak menyurutkan semangatnya untuk berwirausha. Dan semgoa pandemi ini akan segera berakhir," pungkas Pak Sabrur.(*)
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine