BPKB Girisubo Lakukan Pembinaan di Dua Kampung KB Sesuai Protokol Pencegahan Covid-19

Koresponden: Rudi Purwanto & Sabrur Rohim

Girisubo | Dalam pekan ini, ada dua kegiatan fasilitasi di kampung KB yang dilaksanakan oleh jajaran penyuluh dan pramusaji di BPKB Girisubo. Hanya saja, karena dalam suasana pandemik Covid-19, kegiatan dilaksanakan mengikuti protokol yang ditetapkan pemerintah, misalnya pesertanya tidak banyak, tidak bersentuhan tangan, mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak.


Pertama adalah kegiatan fasilitasi di kampung KB Wonotoro, yang berlangsung Senin (13/04) pagi, tepatnya pukul 09.00 WIB bertempat di Kampung KB Wonotoro, yang terletak di Padukuhan Wonotoro, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Persisnya di rumah Dukuh, karena dusun memang belum memilik fasilitas balai dusun. Bentuk kegiatannya adalah fasilitasi Pokja Kampung KB oleh PKB Girisubo. 

Hadir dalam acara tersebut kader Pokja Kampung KB Wonontoro dan Ibu Dukuh Wonontoro selaku Ketua TP PKK dusun. Acara yang pertama pembukaan oleh Prasetyo Hadi, SPd selaku PKB pembina wilayah di Desa Pucung. 

Pak Pras menyampaikan tentang pentingnya membangun kewasapadaan kita terkait dengan wabah Covid-19 yang saat ini sedang berkembang pesat, menyebar ke semua wilayah. Beliu menghimbau kepada seluruh kader Pokja Kampung KB yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu, apalagi momen seperti ini masih banyak perantau yang mudik ke kampung halaman masing-masing, meski sebenarnya sudah ada larangan. 

Selanjutnya materi yang disampaikan oleh Sabrur Rohim, SAg, MSI, selaku PKB Girisubo. Dalam paparannya, Sabrur menyampaikan beberapa hal terkait dengan kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan di kampung KB Wonotoro ini, kiranya agar terus dipertahankan dan syukur ditingkatkan meski dalam suasana krisis seperti sekarang.

Sabrur juga berharap agar semua kegiatan apa pun hendaknya dilaporkan ke Rudi Purwanto, selaku pramusaji BPKB Girisubo, agar dapat dilaporkan secara online di laman kampung KB. Untuk kegiatan yang ada di Kampung KB Wonontoro, kata Sabrur, untuk saat ini harus kita tata terlebih dahulu sebelum dilaksanakan. Misalnya, untuk pertemuan-pertemuan yang mengumpulkan peserta dalam jumlah banyak, mungkin harus ditunda dulu. Atau andaikan tetap dilaksanakan, harus mematuhi protokol pemeritah dalam mencegah penyebaran wabah penyakit Covid-19. 

Harapannya juga, kata Sabrur, kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan di kampung KB Wonotoro, sekali lagi, harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan. "Semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir dan kita semua bisa mengadakan pertemuan di kampung KB Wonotoro ini seperti biasanya," pungkas Sabrur. 

***

Kedua, pada Selasa (14/04), bertempat di Kampung KB Nanas yang terletak di Padukuhan Nanas, Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, juga diadakan kegiatan pembinaan kepada Pokja Kampung KB oleh PKB Kecamatan Girisubo. 

Acara tersebut berlangsung tepatnya pagi hari pukul 09.00 WIB. Hadir dalam acara tersebut kader Pokja Kampung KB Nanas, beberapa kader Poktan, serta Dukuh Nanas, Jamal. 

Acara yang pertama ucapan selamat datang dari Dukuh Nanas, Jamal, menyampaikan terimakasih atas kunjunga segenap PKB Girisubo dan pramusaji ke kampung KB Nanas.

Selanjutnya, acaranya sambutan oleh Sabrur Rohim, SAg, MSI, selaku PKB pembina wilayah di Desa Tileng. Sabrur menyampaikan satu poin penting terkait dengan wabah Covid-19 kali ini, di mana ini sangat berdampak sekali terhadap kegiatan-kegiatan yang harusnya dilaksanakan di Kampung KB Nanas. Untuk itu, kata Sabrur, dimohon kesabarannya dari pihak Kampung KB untuk sementara waktu terkait dengan pertemuan-pertemuan yang melibatkan perserta banyak harus kita pending terlebih dahulu dikarenakan situasi dan kondisi yang belum memungkinkan untuk acara tersebut. 


Meski demikian, kata Sabrur, sangat diharapkan agar kegiatan-kegiatan yang selama ini sudah berjalan di kampung KB mohon di pertahankan dan ditingkatkan lagi, meski tentu saja dengan format yang berbeda, menyesuaikan protokol pemerintah. 

"Seperti yang dari UPPKS Mina Jaya yang sudah memproduksi abon ikan tuna, stik ikan tuna, bakso ikan tuna, nuget ikan tuna, dll, itu semua sangat bagus untuk perkembangan khususnya di bidang perekonomian yang ada di Kampung KB Nanas ini. Sekarang karena ada aturan menghindari pertemuan, promosi dan pemasaran bisa via online," kata Sabrur.

Terakhir Hudoyo, Sos, selaku koodinator PKB Girisubo menambahkan tentangnya pentingnya membangun sikap yang baik terakit dengan wabah Covid-19 yang sekarang sedang menyerang negara kita tercinta ini. "Kita harus membangun kewaspadaan, kita semua agar lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan apa pun, apa lagi yang perlu bepergian, maka harus memperhatikan situasi dan kondisinya," pungkas Hudoyo.(*)
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajokartu.cc^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajokartu.cc | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine