"Bersatu Melawan Covid-19", Penyuluh KB Gunungkidul Serahkan Donasi ke RSUD Wonosari dan RS Panti Rahayu

Koresponden: Sabrur Rohim, SAg, MSI

Wonosari | "Petugas medis adalah orang-orang yang berada di garda terdepan dalam perang melawan wabah corona. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan penanggulangan virus ini, teman-teman penyuluh KB di Gunungkidul memberikan bantuannya. Saya sangat mengapresiasi gerakan ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Wujudnya adalah APD, susu, dan vitamin," demikian pernyataan Kabid KB DP3AKBPM dan D, Dra Dwi Iswanitini, mewakili Kepala Dinas, pada Kamis (23/04), di acara penyerahan secara simbolis donasi DPC IPeKB Gunungkidul kepada RSUD Wonosari, di aula rumah sakit tersebut.

Ketua DPC IPeKB Gunungkidul, Edy Subambang, SSos, yang didampingi oleh segenap pengurus DPC IPeKB Gunungkidul, dalam sambutannya menyatakan bahwa secara keseluruhan donasi yang terkumpul dari para penyuluh KB se-Gunungkidul adalah 9.435.000,00 (sembilan juta empat ratus tiga puluh lima ribu rupiah). Itu semua merupakan gerakan pengumpulan donasi secara spontan, seikhlasnya, dari para penyuluh KB.

"Alokasinya adalah untuk RSUD Wonosari dan RS Panti Rahayu dalam bentuk APD, susu, vitamin, dan sejenisnya. Lalu untuk masyarakat di 18 kecamatan dalam bentuk masker. Jumlah masker yang akan dibagikan sebanyak 1000 buah. Akan tetapi masker tersebut masih dalam proses pemesanan jadi akan dibagikan dalam waktu dekat," papar Edy.

"Bantuan dari kami jelas tidak seberapa, hanya sedikit, tetapi semoga bisa bermanfaat bagi ketugasan para petugas medis dalam melawan virus corona. Dan, kita semua berharap semoga wabah ini segera berlalu dari negara kita," lanjut Edy.

Dalam berita acara serah terima disebutkan bahwa barang-barang yang didonasikan adalah sbb:

Baju kain: 7 buah
Faceshield & hazmet: 10 set
Sari kacang hijau: 4 karton
Susu UHT: 4 karton
Suplemen vitamin: 44 botol

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur RSUD Wonosari, dr Heru Sulistyowati, SpA, yang didampingi oleh para pejabat struktural di lingkungan RSUD, mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh DPC IPeKB Gunungkidul. Beliau sangat berterimakasih dan memastikan bahwa bantuan dari para penyuluh KB sangat  bermanfaat. Heru juga berdoa kiranya bantuan dari penyuluh KB Gunungkidul menjadi amal jariyah.

Dokumentasi video kegiatan tersebut dapat dilihat di link berikut ini: https://youtu.be/RsANdu3yILM

***

Sesuai dari RSUD Wonosari, tim DPC IPeKB Gunungkidul, yang terbagi menjadi 3 mobil, menuju titik lokasi bantuan ke 2, yakni RS Panti Rahayu, Karangmojo.

Sampai di lokasi, rombongan DPC IPeKB Gunungkidul yang juga didampingi oleh Kabid KB Dra Dwi Iswantini, disambut langsung oleh Direktur RS Panti Rahayu, dr Y Wibowo Soerahjo, MMR.

Dari DPC IPeKB Gunungkidul diwakili Patwara Wibowo, SE. Pak Bowo, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa apa yang didonasikan untuk RS Panti Rahayu hanya sedikit, tetapi semoga bermanfaat untuk membantu petugas medis dalam menangani pasien yang terpapar corona. Disebutkan oleh Pak Bowo, bahwa wujud bantuannya, sebagaimana tertera dalam berita acara serahterima barang, adalah sbb:

Hazmet: 10 buah
Face shield: 10 buah

Menanggapi donasi tersebut, Direktur RS Panti Rahayu menyampaikan apresiasi dan terimakasih banyak. Disampaikan oleh Soerahjo, bahwa RS Panti Rahayu menerima banyak sekali bantuan dari pelbagai kalangan.

"Memang rata-rata jumlah donasinya, baik dalam bentuk dana atau barang ya sedikit. Akan tetapi karena yang memberi bantuan jumlahnya banyak, maka jika disatukan menjadi banyak. Itu seperti ungkapan kita, bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukti. Sekali lagi terimakasih, dan semoga amal kebaikan teman-teman penyuluh KB dicatat di sisi Tuhan," kata Soerahjo.

Sementara itu, Kabid KB Dra Dwi Iswantini menyampaikan juga kepada pihak RS Panti Rahayu, bahwa teman-teman penyuluh KB di masa mewabahnya covid-19, selain memberi bantuan secara riil dalam bentuk APD, vitamin, dan masker kepada kalangan terdampak, juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kader-kader IMP di tingkat desa dan dusun, tentang apa itu covid-19, bagaimana penyebarannya, bagaimana penularannya, serta pentingnya masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah agar terhindar dari terjangkit virus tersebut.

Tujuannya, kata Dwi, agar tidak tumbuh kepanikan di tengah masyarakat, tetapi sebaliknya yang tumbuh adalah kewaspadaan dalam menghadapi bencana wabah corona ini.

Lebih jelas dokumentasi penyerahan bantuan ke RS Panti Rahayu bisa dilihat dalam video di link ini: https://youtu.be/czupCITWa_c

Di tempat yang sama, Ketua DPD IPeKB DIY, Ir Sihana Yuliarto yang notabene Koordinator PKB Tanjungsari, Gunungkidul, manyampaikan apresiasinya atas kegiatan bakti sosial IPeKB Gunungkidul yang bertema, "Bersatu Melawan Covid-19" kali ini.

Disampaikan oleh Yuli, panggilan akrabnya, bahwa kegiatan ini merupakan wujud partisipasi IPeKB dalam gerakan bersama tanggulangi covid-19. "Saya sangat mengapresiasi, dan sangat bangga dengan kegiatan ini. Saya perlu sampaikan juga, bahwa tidak hanya IPeKB Gunungkidul yang melakukan kegiatan semacam ini, tetapi IPeKB lain di seluruh DIY, baik di Sleman, Yogyakarta, Bantul, dan Kulonprogo, juga melakukan hal yang sama," papar Yuli.

Yuli juga berharap bahwa meskipun dalam suasana pandemi corona, kegiatan KIE program Banggakencana yang dilaksanakan oleh para penyuluh, juga kader IMP, di masyarakat tetap berjalan, meski tentu saja harus mengindahkan protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah. Sehingga dengan demikian, program Banggakencana tetap berjalan dengan baik.(*)

0 Viewers

Post a comment

2 Comments

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajokartu.cc^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajokartu.cc | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine