PKB Bina BKB dan UPPKS Teratai di Kampung KB Nanas, Tileng

Girisubo | Senin (09/03), PKB pembina Desa Tileng, Girisubo, yakni Sabrur Rohim, SAg, MSI, mengadakan kegiatan pembinaan poktan di Kampung KB Nanas yang terletak di Padukuhan Nanas, Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong perkembangan poktan-poktan yang ada di Kampung KB Nanas, terutama dalam hal ini poktan BKB atau Bina Keluarha Balita.

Acara pembinaan BKB Teratai di kampung KB Nanas  dimulai dengan berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh kader setempat, Yuniati.  Setelah berdoa bersama, acara dilanjutkan sambutan oleh Ibu Dukuh Nanas, Ngatikem, yang diteruskan  dengan pembinaan adminitrasi dengan mengecek segala buku adminitrasi yang ada di Kampung KB Nanas oleh PKB pembina. Dalam kesempatan itu, PKB juga mempraktikkan langsung cara memantau perkembangan balita melalui kartu KKA. Semua balita yang hadir pada hari itu dipantau, dan alhamdulillah hampir semua balita dalam kondisi yang relatif baik perkembangannya. "Ini semua berkat intervensi kegiatan pembinaan selama ini oleh PKB, sehingga ada pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh ibu-ibu balita tentang pengasuhan yang baik," kata Pak Sabrur, panggilan akrabnya.

Dalam pengecekan PKB hari itu, hanya ada satu balita yang kurang sesuai target terkait dengan perkembanganya. PKB langsung memberikan pengarahan kepada si ibu untuk lebih memperhatikan perkembangan si balita, mau belajar, dan alhamdulillah ibunya bersedia untuk menerapi anaknya di rumah.

Selanjutnya, Sabrur juga melaksanakan pembinaan terkait dengan aktivitas pembuatan produk UPPKS Mina Jaya, yakni abon ikan tuna. Pada kesempatan ini PKB mengucapkan selamat atas capaian yang sangat positif untuk UPPKS Mina Jaya atas perkembanganya dalam mengolah produk ikan abon, nuget ikan tuna, dan bakso ikan tuna, di mana produknya sudah banyak dikenal oleh masyarakat, sehingga produksi terus berlanjut, dan tentu saja itu berkonsekuensi adanya peningkatan pendapatan bagi kelompok.

Acara hari itu berjalan dengan lancar, meski dalam suasana hujan deras. Sebelum mengakhiri acara, PKB menyampaikan pesan agar capaian-capaian yang sudah ada di Kampung KB Nanas tolong dipertahankan dengan baik agara dapat membawa dampak yang positif untuk perkembangan Kampung KB Nanas di masa yang akan datang.(*)

[Rudi Purwanto, pramusaji BPKB Girisubo]
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ionpk.net^^online 24 jam.
    W.A +855 15 373 217
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.NET

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine