Pendampingan RR dalam rangka Akurasi Data Program KB di Desa Kemadang, Tanjungsari

PKB Kemadang, Sihana Yuliarto, sedang melakukan
pendampingan kepada kader PPKBD, Sub PPKBD, dan Pok KB.
(yuli)
Guna meningkatkan akurasi data pencapaian program KB, pada bulan Februari 2020 telah diadakan pendampingan pencatatan pelaporan kepada PPKBD, Sub PPKBD, dan Kelompok KB RT oleh Penyuluh KB Desa Kemadang. Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 10 Februari 2020 sampai 14 Februari 2020 tersebut dilaksanakan di 7  titik.

Pada tanggal 10 Februari 2020, pendampingan dilaksanakan di dua titik, yakni di Balai Padukuhan Ngepung, dan di RM Gunung Sewu, Pantai Kukup. Di Padukuhan Ngepung diikuti oleh kader KB dari padukuhan Ngepung dan padukuhan Rejosari, sedangkan di RM Gedung Sewu, Pantai  Kukup diikuti oleh kader KB dari Padukuhan Kemadang Kulon, Watubelah, dan Sumuran.

Di hari kedua tanggal 11 Februari 2020, pendampingan dilanjutkan ke dua titik, yaitu Padukuhan Suru dan Padukuhan Nglaos. Di Balai Padukuhan Suru diikuti oleh kader KB dari padukuhan Suru, Karanglor I, dan Karanglor II, sedangkan di Padukuhan Nglaos diikuti oleh kader KB Padukuhan Pucung dan Nglaos sebagai tuan rumah. 

Pada hari ketiga tanggal 12 Februari 2020, pendampingan dilaksanakan di Padukuhan Ngelo dan Pedukuhan Kelor Lor, di titik pertama Padukuhan Ngelo diikuti oleh kader KB Padukuhan Ngelo, Ngasem dan Tenggang, sedangkan di titik kedua di Padukuhan Kelor Lor, diikuti oleh kader KB Ppadukuhan Kanigoro, Kelor Kidul, dan Kelor Lor.

Hari terakhir pendampingan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2020 dengan sasaran kader KB padukuhan Kayubimo.

Banyak hal yang didapatkan melalui pendampingan kader KB pada awal tahun 2020 tersebut, yang dapat mendukuh meningkatnya adkurasi data, antara lain:

1. Data basis peserta KB Suntik dan peserta KB Pil di masing- masing padukuhan, yang diperinci berdasarkan jalur pelayanan antara Pemerintah dan swasta. Dari data ini dapat diketahui tingkat pemakaian kontrasepsi hormonal di padukuhan sampai desa, yang dapat digunakan sebagai bahan menyusun rencana lokasi kegiatan sosialisasi kontrasepsi MKJP, sebagai upaya meningkatkan kesertaan KB MKJP.

2. Pencatatan-pelaporan Peserta KB aktif tingkat RT, padukuhan sampai desa. Harapannya dengan pendapingan akan didapatkan data yang riil, mendekati dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

3. Inventarisasi permasalahan-permasalahan yang ada di padukuhan dalam penggarapan program KB di desa, dengan harapan mendapatkan solusi yang tepat.
Dalam melaksanakan pendampingan kader KB di padukuhan, Sihana Yuliarto Penyuluh KB Kemadang dibantu oleh pengurus Forum IMP kecamatan Tanjungsari, yakni Suwarni, Sularti, dan Karmilah.

Pada kesempatan tersebut Suwarni sebagai wakil dari Forum IMP kecamatan menyampaikan beberapa informasi antara lain:

Pertama, Forum IMP kecamatan Tanjungsari berencana akan melaksanakan kegiatan Jambore IMP, direncanakan bulan November atau Desember 2020. Pada kegiatan tersebut akan dilaksanakan lomba Mars KB, lomba gubah lagu (yel-yel) dan lomba pencapaian KB baru. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan komitmen dari kader KB untuk bersama-sama Penyuluh KB mensukseskan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) di kecamatan Tanjungsari.


Kedua, dimulai bulan Maret 2020, IMP kecamatan Tanjungsari bersama Penyuluh KB akan mengadakan pendampingan kepada ibu hamil, dapat upaya meningkatkan cakupan pencapaian peserta KB Baru Pasca Persalinan. Kegiatan akan diawali dengan pendataan ibu hamil di masing-masing padukuhan.


Ketiga, pertemuan pengurus IMP kecamatan Tanjungsari akan dilaksanakan secara rutin, sebagai sarana evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Dengan meningkatkan sinergitas dan komitmen antara Penyuluh KB dengan IMP, bisa dipastikan Program Bangga Kencana akan dapat berjalan dengan baik dengan pencapaian yang memuaskan.(*)

[Sihana Yuliarto, PKB Tanjungsari, Ketua DPD IPeKB DIY] 

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine