Lomba Desa Umbulrejo, Ponjong, Kepala DP3AKBPM dan D: "Adanya Evaluasi akan Meningkatkan Semangat Gotong-Royong!"

Kepala DP3AKBPM dan D, Sujoko, SSos, MSi (tengah)
melambaikan tangan kepada warga. (Okta) 
Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, tahun ini terpilih untuk mewakili kecamatan dalam ajang Evaluasi Perkembangan Desa, atau yang lebih dikenal dengan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunungklidul. Even itu digelar pada Selasa (3/3).

Menurut Koordinator PKB Ponjong, Suka Priyana,  acara Lomba Desa ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, selama kurun 2 (dua) tahun, 2018 dan 2019.

Dalam Evaluasi Perkembangan Desa ini, Desa Umbulrejo mendapat urutan ke- 6 yang dinilai oleh Tim Evaluasi Tingkat Kabupaten. Tim Evaluasi Perkembangan Desa dipimpin oleh Kepala Dinas DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi.

Tim Evaluasi Perkembangan Desa tiba di Desa Umbulrejo jam 09:30 WIB yang langsung disambut oleh Camat Kecamatan Ponjong R Aziz Budiarto, SSos, Forkompinca Kecamatan Ponjong, Kepala Desa Umbulrejo, Perangkat Desa Umbulrejo, ibu-ibu PKK Kecamatan Ponjong, serta seluruh elemen masyarakat di Desa Umbulrejo.

Kedatangan Tim Evaluasi Perkembangan Desa ditandai dengan pengalungan karangan bunga kepada Ketua Tim Evaluasi. Selanjutnya, Tim Evaluasi disambut oleh atraksi drumband dari siswa-siswi SDN Umbulrejo. Selanjutnya Tim Evalusi menuju Kebun Buah yang merupakan salah satu unggulan di Desa Umbulrejo untuk beramah tamah.

Tim Evaluasi kemudian menuju ke Balai Dusun Sanggrahan untuk mengikuti dan mendengarkan paparan dari Dukuh Sanggrahan. Selain itu Tim juga disuguhi dengan beberapa pertunjukan yaitu senam dari ibu-ibu warga Dusun Sanggrahan dan kesenian reog.

Setelah selesai acara di Balai Dusun Sanggrahan, Tim Evaluasi Perkembangan Desa kemudian membagi diri sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk melaksanakan evaluasi di beberapa titik kegiatan, di antaranya di rumah sehat, bank sampah, kandang sehat, rumah belajar, rumah budaya, Posyandu, pos balita, masjid paripurna, dan terakhir di PAUD di Desa Sladi.

Saat penilaian di Posyandu, Tim disambut dengan simulasi pola asuh anak, senam lansia, dan penimbangan balita. Tak hanya di Posyandu, Tim Evaluasi Pelombaan Desa saat menilai di PAUD juga disuguhi dengan simulasi BKB yang dilakukan oleh kelompok BKB Srikandi yang berintegrasi dengan kegiatan PAUD.

Setelah selesai menilai seluruh sampel yang ada di Dusun Sanggrahan, Tim Evaluasi Perkembangan Desa kemudian meuju ke Balai Desa Umbulrejo karena acara dipusatkan di Balai Desa Umbulrejo.

Setibanya di lokasi, TIM Evaluasi Perkembangan Desa disambut senam oleh ibu-ibu kelompok PKK Desa Umbulrejo, tari-tari yang dibawakan oleh siswa SDN Umbulrejo, dan paduan suara  oleh PKK Desa Umbulrejo. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Gunungkidul DR Immawan Wahyudi, MH beserta Ibu, juga Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah  Subekti Kuntariningsih, SE.

Dalam acara tersebut disampaikan, Paparan Pembangunan Desa, yang ada di Desa Umbulrejo oleh Kepala Desa Umbulrejo, Wakimin. Dalam paparanya beliau menyampaikan keunggulan yang ada di Desa Umbulrejo serta peningkatan pembangunan yang ada di Desa Umbulrejo.

Selanjutnya, disampaikan sambutan dari Wakil Bupati Gunungkidul DR Immawan Wahyudi, MH. Dalam sambutannya Wakil Bupati sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada semua yang terlibat dalam Evaluasi Perkembangan Desa ini. Dikatakan Wakil bupati, bahwa Evaluasi Perkembangan Desa tidak semata-mata mencari juara namun menata kelembagaannya secara lebih modern, sehingga segala kemajuan pembangunan desa dan kelurahan dapat dengan mudah dievaluasi dan diukur”.

Selanjutnya sambutan dan pesan pesan dari Ketua TIM Evaluasi Perkembangan Desa Sujoko, SSos, MSi, yang dalam sambutannya beliau mengucapakan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakata yang terlibat dalam perkembangan desa di Desa Umbulrejo dan sangat mengapresiasi kemajuan pembangunan yang ada di Desa Umbulrejo. Dikatakan Ketua Tim Evaluasi Perkembangan Desa, bahwa Evaluasi Perkembangan Desa tidak yang untuk mendapatkan penilaian tinggi akan tetapi dengan adanya evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan semangat gotong-royong masyarakat desa agar tetap rukun dan terjalin sinergitas yang baik seluruh komponen masyarakat desa.

Sujoko juga memberikan pesan dan kesan secara tertulis yang langsung diserahkan kepada Kepala Desa Umbulrejo, Wakimin.

Selanjutnya, terakhir adalah sambutan pelepasan dari Camat Kecamatan Ponjong, R Aziz Budiarto, SSos. Dalam sambutannya beliau mengucapakan terimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh elemen masyarakat di Desa Umbulrejo yang sudah membantu dan berkontribusi dalam mempersiapkan segala sesuatu guna mensukseskan ajang Evaluasi Perkembangan Desa kali ini. Camat juga  mengucapkan terimakasih kepada Tim Evaluasi Perkembangan Desa yang telah mengevaluasi kegiatan tersebut dengan baik, dan acara berjalan lancar, dan semoga Desa Umbulrejo mendapat nominasi yang membanggakan.(*)

[Okta Fitri Rahayu & Suka Priyana, pramusaji dan PKB Ponjong] 

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine