TPMB "Sri Mulyani", Juara II Pemilihan Role Model TPMB Regional 1 (Jawa-Bali) Tahun 2023

Oleh: Asar Janjang Lestari, SPsi, MAP

Dalam upaya untuk memperkuat Strategi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Tempat Pelayanan Mandiri Bidan (TPMB), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah melaksanakan "Pemilihan Role Model TPMB". Pemilihan ini bertujuan untuk mencari TPMB yang dapat dijadikan sebagai contoh teladan dalam memberikan pelayanan KB secara komprehensif. TPMB tersebut diharapkan mampu menjadi suatu model yang dapat mendukung peningkatan capaian pelayanan KB secara nasional dan memberikan motivasi bagi TPMB lain di seluruh penjuru Indonesia.

Pada tahun 2023 ini, TPMB Sri Mulyani memperoleh kehormatan menjadi perwakilan dari Provinsi Daerah Istimewa dalam Penilaian Role Model TPMB tingkat nasional. TPMB Sri Mulyani telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dan berhasil meraih Juara II di tingkat Regional I Jawa-Bali. Penghargaan ini diberikan dalam acara puncak peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia 2023 yang diselenggarakan di Kota Cimahi, Jawa Barat, pada tanggal 23 Oktober 2023.

TPMB Sri Mulyani yang dipimpin oleh Bidan Sri Mulyani, SKeb, berlokasi di Dusun Jragum RT 03 RW 17 Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memenuhi standar kualitas layanan bidan delima sejak bulan Agustus 2021. TPMB Sri Mulyani telah terdaftar di Aplikasi SIGA BKKBN dengan nomor registrasi 986 dan nomor tempat pelayanan KB 3403986, dengan status setara dengan fasilitas kesehatan. Saat ini, TPMB Sri Mulyani memiliki sumber daya manusia (SDM) dan kolaborasi SDM yang sangat beragam, termasuk dokter umum, dokter spesialis kandungan, 6 bidan, 2 perawat, 1 petugas administrasi, pengemudi, dan asisten rumah tangga. Tempat pelayanan ini dapat diakses dengan berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Masyarakat tidak hanya datang dari Dusun Jragum, tetapi juga dari dusun-dusun lain di wilayah Kapanewon Semanu, bahkan dari luar wilayah Kapanewon Semanu.

Bidan Sri Mulyani, yang biasa disapa dengan sebutan Bidan Yani, memiliki latar belakang pendidikan yang kuat. Dia meraih gelar Diploma III pada tahun 2009 dan kemudian melanjutkan pendidikan dengan meraih Strata I pada tahun 2022. Saat ini, Bidan Yani menjalankan profesinya sebagai seorang bidan. Ia juga memiliki kehidupan pribadi yang bahagia, dengan status pernikahan dan seorang suami bernama Danang Susanto yang bekerja sebagai seorang polisi. Mereka juga diberkahi dengan dua orang anak perempuan.

Dalam upaya untuk meningkatkan cakupan partisipasi dalam program KB dan kualitas pelayanan, TPMB Sri Mulyani telah mengusung inovasi dengan menggunakan slogan "Cemeti Bu Yani." Slogan ini merupakan singkatan dari "Cekatan melayani dengan sepenuh hati." TPMB Sri Mulyani telah menghadirkan berbagai jenis pelayanan yang tersedia, termasuk pelayanan KB, pelayanan ibu bersalin, imunisasi, khitan, pijat bayi, cukur bayi, tindik bayi, kontril SC, USG, dan pemeriksaan kehamilan.

Bidan Yani mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian yang luar biasa ini. "Capaian ini merupakan hal yang sangat luar biasa bagi TPMB Sri Mulyani. Ini adalah pengalaman pertama kami dalam Penilaian Role Model Pelayanan KB Nasional tahun 2023. Keberhasilan ini bukan sekadar tentang penghargaan atau trofi yang kami terima, tetapi juga tentang amanat yang kami terima sebagai role model Pelayanan KB. Dengan dasar amanat ini, TPMB Sri Mulyani akan selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, baik dalam hal pelaporan secara daring melalui aplikasi SIGA BKKBN maupun dalam hal pelaporan secara konvensional dan ketertiban administrasi yang berkaitan dengan staf kami dan TPMB," kata Bidan Yani.
"Di sisi lain," tambahnya, "kami juga berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan pasien kami. Kami juga siap untuk mendukung serta berkontribusi dalam program-program pemerintah terkait keluarga berencana dan upaya penanggulangan stunting di Indonesia."

Pencapaian TPMB Sri Mulyani sebagai Juara II tingkat Regional I Jawa-Bali dan perwakilan Provinsi Daerah Istimewa dalam Penilaian Role Model TPMB tingkat Nasional adalah sebuah prestasi yang patut diapresiasi. TPMB Sri Mulyani telah memberikan bukti nyata tentang keseriusan Bidan Yani dan timnya dalam memberikan layanan KB yang berkualitas, sehingga mereka layak menjadi contoh bagi TPMB lainnya di seluruh Indonesia.

Dengan berlokasi di Dusun Jragum RT 03 RW 17 Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, TPMB Sri Mulyani telah berperan penting dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan akses dan mutu layanan KB. TPMB Sri Mulyani telah memenuhi standar kualitas pelayanan bidan delima sejak tahun 2021, dan hal ini menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam menjalankan tugasnya, TPMB Sri Mulyani telah melibatkan berbagai sumber daya manusia (SDM) dan kolaborasi SDM yang beragam. Mereka tidak hanya mengandalkan bidan, tetapi juga melibatkan dokter umum, dokter spesialis kandungan, perawat, petugas administrasi, driver, dan asisten kerumahtanggaan. Keberagaman SDM ini membantu mereka dalam memberikan pelayanan yang komprehensif dan beragam kepada masyarakat.

Selain itu, TPMB Sri Mulyani telah memastikan aksesibilitas layanan dengan mengakomodasi berbagai jenis kendaraan. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa masyarakat dari berbagai wilayah, termasuk dari luar Kapanewon Semanu, dapat dengan mudah mengakses pelayanan KB yang mereka butuhkan. Dengan cara ini, TPMB Sri Mulyani telah mendedikasikan diri mereka untuk memberikan layanan yang inklusif dan merata kepada masyarakat.


Prestasi TPMB Sri Mulyani adalah cerminan dari upaya yang gigih dalam memberikan pelayanan KB yang berkualitas dan memastikan bahwa masyarakat memiliki akses yang mudah ke layanan tersebut. Mereka telah menjalankan peran mereka dengan baik, dan penghargaan yang mereka terima adalah pengakuan atas kinerja luar biasa mereka.

Adapun peraih penghargaan untuk regional I Jawa-Bali adalah:


No

Peringkat

Kabupaten/Kota

Provinsi

1.

Juara I

Fatmi Harun

DKI Jakarta

2.

Juara II

Sri Mulyani

D.I. Yogyakarta

3.

Juara III

Wulan Mardikaningtyas

Jawa Tengah


Semoga penghargaan ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada TPMB untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kontribusi bagi pelaksanaan program bangga kencana di seluruh Indonesia.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine