Evaluasi Perkembangan Desa Pengkok, Tim Penilai Dihadang "Wong Ireng"!

Pada acara Evaluasi Perkembangan Desa atau Lomba Desa, untuk Desa Pengkok mendapat urutan penilaian lomba desa yang ke 10, pada urutan yang ke sepuluh tersebut bertepatan dengan hari selasa tanggal 10 maret 2020. Rupanya angka 10 ini menjadikan angka yang sangat berkesan bagi panitia lomba desa.

Karena, pada hari tersebut, sejak pukul 10 pagi sampai dengan bubarnya acara perlombaan desa tersebut tidak diguyur hujan, sehingga cuaca sangat mendukung, sehingga rombungan tim penilai dari kabupaten tidak mendapatkan kendala yang bisa  menghambat jalannya perlombaan perkembangan desa.

Rute pertama
Kegiatan penilaian dimulai dengan penyambutan rombongan tim penilai di Dusun Ngembes desa Pengkok dengan menaiki kendaran jeep menuju dusun Ngembes. Dalam rombongan tersebut ketua rombongan diketuai oleh ibu Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul , karena ketua  tim penilai Lomba Desa yang diketuai oleh Bapak Sujoko, SSos, MSi berhalangan hadir tepat waktu karena ada acara di luar kegiatan tersebut.

 Di Dusun Ngembes rombongan tim penilai menyaksikan potensi Dusun Ngembes antara lain: Posbindu, pengolahan produk rumahan berupa pembuatan sabun cair, dilanjutkan dengan menyaksikan budidaya ternak ikan lele, kemudian setelah itu menyaksikan showroom produk UMKM dan seni budaya dari Dusun Ngembes.

Rute Kedua 
Rombongan tim penilai perlombaan perkembangan desa menuju Dusun Srumbung yang melewati hutan konservasi alam Desa Semoyo, Patuk.

Dusun Srumbung, Pengkok merupakan dusun Kampung KB yang dibentuk pada tahun 2018. Di samping sebagai Kampung KB, Dusun Srumbung juga ditetapkan sebagai daerah eko wisata alam oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung kidul, untuk tahun ini desa wisata Gunung Ireng mendapatkan juara ke dua sebagai pemenang Pokdarwis tingkat Kabupaten Gunungkidul.

Di Dusun Srumbung ini, tim penilai disambut dengan kelompok paduan suara oleh ibu-ibu pengurus Kampung KB Dusun Srumbung. Pada saat tim penilai akan melakukan penilaian ,tiba tiba ketua tim penilai Evaluasi Perkembangan Desa Bapak Sujoko, SSos, MSi hadir.

Di Dusun Srumbung, tim penilai melakukan peninjauan di beberapa titik, antara lain kelompok BKB, BKR, BKL, dan PIK-R, Rumah Data Kependudukan. Peninjauan Rumah Data Kependudukan diketuai oleh Sekretaris  DP3AKBPM dan D, Sri Purwaningsih, MKes.

Dikatakan bahwa dalam pembuatan RDK Kampung KB dan penyajian data, hal itu sepenuhnya dibantu oleh mahasiswa AKPRIND Yogyakarta. Kemudian tim penilai meninjau showroom UPPKS kampung KB dilanjutkan dengan peninjauan obyek wisata Gunung Ireng Dusun Srumbung.

Yang menarik, sebelum memasuki desa wisata Gunung Ireng, rombongan tim penilai dihadang oleh sekelompok orang yang mempunyai postur tubuh yang mengerikan karena bentuk tubuhnya hitam semua.  Masyarakat setempat menyebut mereka itu “wong ireng”.

Setelah melewati "wong ireng" ini, rombongan kemudian melanjutkan pendakian ke Gunung Ireng untuk menyaksikan keindahan panorama Desa Pengkok dari atas puncak Gunung Ireng.

Di puncak Gunung Ireng yang sudah dilengkapi dengan fasiltas-fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, tim menyaksikan antraksi-antraksi yang dipersembahkan oleh kelompok kesenian dan budaya yang ada di Gunung Ireng. Lalu, acara dilanjutkan dengan penilaian administrasi obyek wisata Gunung Ireng.

Setelah puas menyaksikan keindahan obyek wisata Gunung Ireng,  rombongan tim penilai menikmati makan siang. Rombongan tim penilai juga mendapatkan uang koin. Lal uang  koin tersebut bisa  ditukarkan dengan produk produk yang ada di lokasi. Di lokasi Gunung Ireng  juga diadakan pasar rakyat Minggu pon sebagai penunjang  wisata Gunung Ireng.

Rute Ketiga
Pada rute ketiga, ini rombongan yang diketuai oleh kepala dinas DP3AKBPM dan D,  Sujoko, SSos, MSi melakukan kunjungan ke pembuatan pupuk kompos di kelompok tani Sumber Mulyo Dusun Ngrancahan, Desa Pengkok dan dilanjutkan dengan menyaksikan simulasi keselamatan di sungai Oyo, Dusun Ngrancahan.

Rute Keempat

Pada rute keempat ini, rombongan tim penilai melakukan peninjauan di dusun Panjatan. Di dusun ini ketua rombongan tim penilai menyaksikan kegiatan memanah yang di tampilkan oleh anak-anak dan remaja dusun. Pada antraksi panahan ini, Kepala Dinas DP3AKBPM dan D beserta Camat mencoba antraksi memanah.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan peninjauan dan penilaian administrasi Dusun Panjatan.

Pada rute  keempat ini, rombongan juga meninjau kelopok tani peternak sapi, kelompok budidaya ikan lele yang dibudidayakan oleh pengurus masjid Dusun Panjatan, dilanjutkan dengan meninjau sampel rumah sehat.

Rute kelima
Pada rute kelima ini rombongan meninjau Dusun Pengkok. Di dusun ini, rombomgan tim penilai melakukan penilaian pada kelompok belajar kejar paket di SDN Pengkok.
Kemudian, acara dilanjutkan dengan megunjungi homestay “Dalem Pengkok” sekaligus peresmian pembukaan dan penggunaan homestay yang ada di Dusun Pengkok tersebut.

Rute keenam
Rute keenam ini rute terakhir. Rombongan menuju Balai Desa Pengkok sekaligus melakukan penialaian administrasi yang ada di balai desa. Di balai desa ini rombongan disambut dengan paduan suara ibu-ibu PKK Desa Pengkok, yang  dibimbing langsung oleh Koordinator PKB Kecamatan Patuk, Drs Anggoro Triatmojo.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan melakukan kegiatan seremonial, di antaranya pemaparan Kades Pengkok, Sugito, tentang potensi Desa Pengkok dan pembangunan di Desa Pengkok. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua rombongan tim penilai, Sujoko, SSos, MSi. Dalam sambutannya,  Sujoko menyapaikan sangat berterima kasih kepada panitia lomba perkembangan desa dan juga masyarakat Desa Pengkok yang dengan meriah menyukseskan kegiatan lomba desa ini. Sujukojuga menyatakan, bahwa Desa Pengkok layak maju pada putaran selanjutnya.(*)

[Asmula & Anggoro, PKB Kecamatan Patuk]
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine