Evaluasi Perkembangan Desa Serut, Kepala DP3AKBPM dan D Resmikan Sendang Panguripan

Koresponden: Sutarni & Dwi Winarsih

Gedangsari |Evaluasi Perkembangan Desa putaran ke sebelas jatuh di Desa Serut Kecamatan Gedangsari, tepatnya di hari Rabu, tanggal 11 Maret 2020. 
Tim Evaluasi Perkembangan Desa yang dipimpin oleh Kepala DP3AKBPM dan D Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi berangkat dari kabupaten lewat Patuk. Tim tiba di Desa Serut, yakni di Dusun Dawung dijemput oleh Kepala Desa Serut, Suyono beserta Forkompinca dengan iring-iringan 5 jip dan ditandai dengan pengalungan bunga kepada Ketua Tim, kemudian Tim pindah naik mobil jip menuju dusun sampel, yaitu di Dusun Wangon.
Tim Evaluasi Perkembangan Desa tiba di Dusun Wangon, Desa Serut, jam 09.00 WIB, disambut oleh warga dari anak anak sampai lansia yang berjejer di pinggir jalan yang di lewati tim dengan sangat antusias dan semangat, karena mereka merasa diperhatikan pemerintah dalam membangun dusunnya. 

Wangon sebagai dusun sampel 
Pertama kali Tim singgah di Balai Dusun Wangon sebagai dusun sampel.  Acara yang digelar pertama adalah sambutan Kepala Dusun Wangan, Sardi. Pertama-tama Kadus menyampaikan ucapan selamat datang di Padukuhan Wangon, Desa Serut dan ucapan terimakasih atas kunjungannya yang belum tentu setahun sekali serta pemberian semangat maju kepada tim Evaluasi Perkembangan Desa.
Kemudian, Kepala Dusun menuturkan keadaan dan kegiatan warga Dusun Wangon, khususnya, dan warga Desa Serut pada umumnya. Disampaikan bahwa Dusun Wangon terletak di tengah berdampingan dengan Dusun Dawung sebelah selatan, dusun Kayoman sebelah barat, dan Rejosai sebelah utara dan timur, atau bisa dikatakan terletak di sebelah utara Padukuhan Dawung, sebelah timur Padukuhan Kayoman, dan sebelah selatan Padukuhan Rejosari. 
Mata pencarian masyarakat, kata Dukuh, pada umumnya bertani, ada juga sebagian warga yang bekerja sebagai buruh bangunan, buruh tani, dagang, pembantu rumah tangga di lain daerah seperti di Jakarta dan Klaten, serta ada yang menjadi PNS, tetapi hanya 0,2% saja. Masyarakat Dusun Wangon khususnya dan Desa Serut, lanjutnya, pada umumnya hidup secara rukun berdampingan mengutamakan kepentingan bersama dan mempunyai semangat gotong-royong tinggi. Bahkan di zaman yang sudah maju seperti ini, pekerjaan  membuat rumah dan bertani masih bergotong royong, tegas Dukuh.
"Saya selaku wakil dari masyarakat Dusun Wangon khususnya, dan Desa Serut pada umumnya, mengucapakan terima kasih yang sebesar besarnya atas terpilihnya dusun kami sebagai dusun sample. Kami akan menunjukkan kegiatan yang ada di Dusun Wangon semampu kami dengan menunjukan berbagai administrasi kegiatan seperti dasawisma, PKK RT, kumpulan RT, arisan RT dan dusun, PKK dusun, siskamling, jimpitan, posyandu, BKB, BKR, BKL, PIK-R, dan UPPKS dengan olahan makanan yang disajikan untuk Tim Evaluasi Perkembangan Desa, semuanya produk UPPKS Dusun Wangon. Sedangkan tampilan yang perupakan pertunjukan, mangga Bapak dan Ibu Tim sila menikmatinya," tambah Dukuh yang kemudian menutup sambutannya dengan ucapan mohon maaf atas kekurangannya.
Acara selanjutnya adalah evaluasi ke rumah sehat dan memerika administrasi dusun serta kegiatan kegiatan yang sudah diadakan selama ini. Sambil menunggu evaluasi berlangsung, bersamaan dengan itu ditampilkan pertunjukan pertunjukan sebagai berikut: 
1. Tampilan BKB terpadu Kasih Ibu dengan nyanyian selamat datang, dilanjutkan salam BKB: "Orang tua hebat, balita cerdas, keluarga bahagia!"
2. Tari kupu-kupu yang diperagakan oleh anggota PIK-R Gemilang, yakni Anisa Ramadhani dan Yesika Anitasari.
3. Atraksi kelompok BKL Segar Bugar, dengan tampilan tepuk lansia, nyanyian senam otak dan yel-yel lansia tangguh.
4. Tampilan hadroh oleh PIK-R Gemilang.
Setelah selesai acara di Balai Dusun Wangon, Tim kemudian membagi diri sesuai bidangnya masing-masing untuk melaksanakan evaluasi di berapa titik kegiatan, di antaranya rumah sehat, Posyandu terpadu BKB dan PAUD, pos BKL, pos PIK-R, serta buku-buku adminitrasi yang ada di Dusun Wangon.

Sendang Panguripan
Setelah selesai mengevaluasi keseluruh kegiatan yang ada di dusun sampel, yaitu di Dusun Wangon, kemudian Tim melanjutkan perjalanan ke Sendang Penguripan untuk meresmikannya sebagai sumber air desa dan tempat wisata di Desa Serut dengan di tandai pemotongan tumpeng. 
Umbul Sendang Panguripan mata airnya besar dan tidak pernah habis meskipun musim kemarau. Airnya dialirkan ke warga untuk keperluan hidup sehari hari. Sumber tersebut sudah banyak dikenal masyarakat luas sehingga banyak warga di luar Serut yang berkunjung untuk mengambil airnya yang kadang-kadang dimanfaatkan untuk pengobatan. Lingkungan Sendang Panguripan tempatnya sejuk nyaman untuk bersantai, sehingga hal ini membuat para pengunjung betah istirahat di situ.

Profil Desa Serut
Setelah meresmikan Sendang Panguripan sebagai sumber mata air kehidupan dan tempat wisata, kemudian Tim Evaluasi Perkembangan Desa melanjutkan perjalanan menuju Balai Desa Serut untuk mengevaluasi administrasi dan kegiatan yang ada di Desa Serut. 
Setelah tiba di balai desa, Tim disambut oleh dukuh-dukuh, staf-staf pemerintah desa, ibu-ibu PKK, siswa-siswi dan masyarakat Desa Serut. Selanjutnya, digelar acara penampilan kegiatan yang ada di desa serut yaitu campursari, jathilan, kerawitan, tari merak, serta menyanyikan lagu Mars PKK dan Mars KB.
Acara selanjutnya adalah presentasi atau paparan tentang pembangunan desa yang ada di Desa Serut oleh Kepala Desa Serut, Suyono. Dalam paparannya, beliau menyampaikan berbagai keunggulan yang ada di Desa Serut serta peningkatan pembangunan yang ada di Desa Serut.
Selepas pemaparan oleh Kades, selanjutnya acara sambutan dan pesan-kesan dari Tim Evaluasi Perkembangan Desa yang disampaikan oleh Ketua Tim, Sujoko, SSos, MSi.
Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam perkembangan desa di Desa Serut dan sangat mengapresiasi kemajuan pembangunan yang ada di Desa Serut. 
Sujoko juga mengucapkan terima kasih kepada R Suyanto, mantan Kepala Desa Serut yang telah mendukung proses pembangunan Desa Serut meskipun sudah purna. Paduan suara juga mendapat apresiasi yang bagus dari Pak Joko, panggilan akrabnya. 
Tim Evaluasi, sambung Pak Joko, juga sangat bersyukur karena dalam proses evaluasi berjalan lancar tidak ada kendala hujan. "Ini berarti  suatu tanda alam, bahwa Tuhan berpihak pada Desa Serut, alhamdulillah," katanya. 
Sujoko dalam kesempatan itu juga bercerita bahwa beliau pernah di Gedangsari 5 tahun lebih. Dulu belum begitu maju, dan sekarang kemajuannya luar biasa dalam harapan lebih baik lagi dan bisa menghipnotis Tim Evaluasi.
"Pokoknya luar biasa dan semua sudah dibangun luar biasa. Semoga Serut maju ke tingkat propinsi. Di putaran ke 11 ini, Serut luar biasa, saya yakin paling tidak masuk 10 besar. Pembangunan wilayah tambah berkembang luar biasa," puji Pak Joko.
Sujoko juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Camat yang sudah membimbing desa dalam membangun wilayah dan penyusunan adminitrasi sudah baik luar biasa. Serut punya potensi dan tempat strategis untuk dapat mengembangkan pariwisata. "Yang penting bersemangatAna rembug dirembug, ana etung dietung," katanya.
Kemudian, mengakhiri sambutannya, Kepala DP3AKBPM & D mengapresiasi dengan pantunnya:
Jenang garut akeh gulane, gethok sukun gurih rasane
Desa Serut resek lingkungane, wargane rukun mbangun desane
Tuku parut neng pasar wage, arep tuku timun entek duite
Desa serut pancen oye, smoga menang lomba desane

Setelah itu, selanjutnya acara diisi  penampilan dari kader PKK dan kader KB/Yandu Desa Serut, yaitu menyanyikan Ayunda Si Menik dan yel-yel lomba desa dengan lirik lagu Jaran Goyang dan mendapat apresiasi luar biasa sampai Tim meminta yel-yel diulang lagi.
Acara terakhir adalah sambutan pelepasan oleh Camat Kecamatan Gedangsari, Martono Imam Santoso, SIP. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh elemen masyarakat di desa serut yang sudah membantu dan berkontribusi dalam mempersiapkan segala sesuatu guna mensukseskan ajang Evaluasi Perkembangan Desa. Camat juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Evaluasi Perkembangan Desa yang telah mengevaluasi kegiatan tersebut dengan baik, dan acara berlangsung lancar, dan semoga Dusun Wangon, Desa Serut Kecamatan Gedangsari mendapatkan nominasi yang baik dan membanggakan.(*)
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine