Evaluasi Perkembangan Desa Gari, Tim Penilai Ikut Hanyut dalam Aksi Flash Mob Program KB

Ketua Tim, Sujoko, SSos, MSi ikut flashmob.
Kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa atau biasa disebut Lomba Desa di Desa Gari Kecamatan Wonosari tahun 2020 ini lain dari biasanya. Desa Gari selaku desa yang mewakili Kecamatan Wonosari dalam kegiatan evaluasi perkembangan desa ini mengambil tema, "Gari Nyawiji".

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (27/02). Dalam Evaluasi Perkembangan Desa di Desa Gari ini juga dimeriahkan dengan festival payung. Karena sepanjang jalan Tim akan disuguhi pagar betis dari warga masyarakat se Desa Gari yang berjajar sepanjang jalan dengan menggunakan payung. Selain sebagai pagar betis dan menggunakan payung warga juga mengucapkan: Gari, Gari, Gari...., nyawiji! 

Diawali dengan penyambutan Tim Evaluasi di titik penjemputan, yaitu pintu masuk menuju Desa Gari, tepatnya di Padukuhan Gelung. Tim disambut oleh pagar betis dari warga masyarakat dengan memakai payung. Tim dijemput dengan menggunakan kereta mini atau biasa disebut odong-odong, untuk selanjutnya menuju Youth Centre sebagai titik pertama yang merupakan tempat kreativitas karang taruna dan kaum muda lainnya. Di sana tim menyaksikan penampilan dari anak remaja SD yang bermain gamelan juga kegiatan karang taruna lainnya.


Masih di Padukuhan Gelung dengan lokasi yang berbeda, Tim menuju titik kedua yaitu kegiatan Posbindu dan mengunjungi Rumah Sehat. Selain itu juga ada peresmian gardu poskamling. Peresmian dilakukan oleh Ketua Tim Evaluasi Perkembangan Desa, yaitu Sujoko, SSos, MSi.

Setelah melalui berbagai rangkaian di Padukuhan Gelung, selanjutnya Tim melanjutkan perjalanan di Padukuhan Gari. Di sini sekali lagi Ketua Tim, Sujoko, meresmikan 6 balai padukuhan yaitu Balai Padukuhan Ngijorejo, Jatirejo, Gatak, Gari, Tegalrejo, dan Gondangrejo. Di Padukuhan Gari tersebut 100 Guru PAUD se-Kecamatan Wonosari juga turut menyambut Tim Evaluasi Perkembangan Desa. Selain meresmikan 6 padukuhan, Tim juga menyaksikan kegiatan PAUD di Padukuhan Gari.

Waktu menunjukkan siang, rute selanjutnya adalah menuju Pasar Ecologi Argowijil untuk menyaksikan kegiatan pasar ecologi tersebut dan dilanjutkan makan siang dengan menu tradisional.

Setelah makan siang, Tim melanjutkan perjalanan ke Padukuhan Kalidadap untuk menilai administrasi padukuhan. 

Titik terakhir adalah menuju Balai Desa Gari. Sebelum memasuki Balai Desa Gari, Tim disuguhi penampilan dari Kader KB atau IMP se-Desa Gari yang melakukan flash mob Yel-Yel KB dengan tema Dua Anak Cukup. Semua ikut menari baik Tim ataupun warga sekitar. Acara menjadi sangat meriah karena hanyut dalam kegiatan flash mob tersebut. Setelah selesai, acara dilanjutkan mengunjungi  stand kegiatan Kampung KB yaitu BKB, BKR dan BKL. Selain itu juga ada kegiatan PKK yaitu simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja dalam Keluarga. Tak lupa Tim juga melihat administrasi desa serta administrasi kegiatan Tim Penggerak PKK Desa Gari.

Acara terakhir adalah seremonial Evaluasi Perkembangan Desa, yaitu paparan dari Kepala Desa Gari, dilanjutkan kesan dan pesan dari Ketua Tim. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim, Sujoko, SSos, MSi menyampaikan apresiasinya atas partisipasi warga yang luar biasa dalam evaluasi perkembangan Desa ini. "Semua warga terlibat dalam kegiatan ini. Ini adalah point plus bagi Desa Gari dalam mengerahkan partisipasi warga masyarakatnya," kata Sujoko.

Menginjak waktu pukul 17.00 WIB acara pun usai.(*)

[Dwi Arti Novitasari, SH, PKB Wonosari]
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ionpk.net^^online 24 jam.
    W.A +855 15 373 217
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.NET

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine