Quality Time, Kunci Keluarga Harmonis


Artikel Opini oleh: 
Ika Vitasari Wahyuningtyas*)

Keluarga adalah unit terkecil dalam suatu masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Berdasar Undang-Undang 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Bab I pasal 1 ayat 6 pengertian “Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri; atau suami, istri dan anaknya; atau ayah dan anaknya (duda), atau ibu dan anaknya (janda)”.

Memiliki keluarga yang utuh dan sejahtera tentunya menjadi harapan bagi semua orang. Keluarga utuh dan sejahtera adalah keluarga yang lengkap dan terjadi hubungan yang serasi, seimbang, dan harmonis antar anggota keluarga. Namun terkadang, karena suatu kebutuhan dan kesibukan masing-masing sehingga ada peran dari salah satu anggota keluarga yang hilang. Hal ini yang mengakibatkan disharmonisasi fungsi anggota dalam keluarga.

Hari keluarga nasional (Harganas) adalah hari keluarga yang diperingati setiap tanggal 29 Juni. Prof. Dr. Haryono Suyono merupakan penggagas Hari Keluarga Nasional. Beliau adalah Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era Presiden Soeharto. Harganas merupakan momen yang seharusnya bukan hanya diperingati sebatas seremonial saja namun jadikan refleksi keluarga seberapa lama waktu bersama setiap anggota keluarga dapat berkumpul.

Quality time bersama keluarga adalah kunci keharmonisan keluarga. Kebersamaan semua anggota keluarga dalam satu waktu adalah momen dimana setiap anggota keluarga dapat berbagi, saling mengasihi, saling mengapresiasi sehingga tercipta hubungan yang serasi, saling melengkapi dan kasih sayang yang tiada batas.

Quality time atau waktu berkualitas bersama keluarga tidak harus memerlukan biaya yang banyak, tidak harus keluar negeri atau pergi ke tempat wisata dan menginap di hotel yang mewah. Quality time dapat diciptakan di rumah. Kegiatan-kegiatan sederhana yang dapat dilakukan bersama di dalam rumah cukup mampu menjadikan waktu tersebut berkualitas jika setiap anggota keluarga mampu hadir secara penuh untuk melakukan kegiatan tersebut bersama-sama. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

1.   Makan Bersama
Rutinitas makan bersama bisa menjadi cara untuk setiap anggota berkumpul di sela-sela kesibukan masing-masing. Dengan makan bersama, setiap anggota dapat sambil berbagi, saling bercerita, bertukar pendapat sehingga tercipta komunikasi yang efektif untuk saling mengerti antar anggota keluarga.

2.  Menemani Anak Bermain
Menemani anak bermain merupakan hal yang sederhana namun dapat memberikan kesan yang sangat menyenangkan bagi si buah hati. Dengan bermain bersama, sang anak dapat merasakan kehadiran ayah ibunya secara penuh, perhatian yang cukup, dan kasih sayang yang akan selalu dirindukan ketika ia dewasa dan jauh dari orang tuanya nanti. Hal ini dapat dilakukan dengan orang tua mengikuti apa yang dimainkan anak atau orang tua menciptakan permainan yang menyenangkan untuk dimainkan bersama-sama.

3.   Olahraga Bersama
Olahraga adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Olahraga bersama dapat dilakukan dengan misalnya bersepeda bersama, berenang bersama, atau sekedar main badminton di depan rumahpun dapat dijadikan aktivitas bersama yang menyenangkan.

4.  Melakukan Pekerjaan Rumah
Melakukan pekerjaan rumah, misalnya beberes ruangan, memasak bersama, mencuci mobil, berkebun, atau pekerjaan lain yang dilakukan dirumah bisa menjadi Quality Time bagi keluarga asalkan dilakukan tanpa paksaan. Dengan melakukan hal-hal tersebut justru dapat sekaligus mengajari anak tentang pekerjaan-pekerjaan di rumah, melatih life skill mereka, empati mereka terhadap orang tuanya sehingga ketika di rumah anak-anak mampu dan mau membantu ketika orang tua kerepotan melakukan sesuatu. Dengan begitu orang tuapun akan lebih senang dan dapat menjadi hubungan yang harmonis karena adanya kasih sayang diantara keduanya.

5.   Aktivitas di tempat tidur
Aktivitas ini adalah aktivitas yang paling simple yang dapat dilakukan bersama namun cukup menyenangkan. Dengan hanya tiduran, orang tua dan anak bisa bermain bersama sambil berbagi cerita masing-masing. Hujan pelukan dan ciuman pun dapat menumbuhkan rasa kasih sayang yang selalu ada tetapi kadang tak terlihat karena aktivitas masing-masing.

      Nah, apa pun aktivitas yang dipilih dan berapa lamapun yang dilakukan, Quality Time harus menjadi agenda rutin sebagai cara untuk merefresh kehangatan keluarga. Tidak harus berjam-jam bahkan seharian, 15 menit sebelum tidur atau ketika sarapan dan makan malam adalah waktu yang baik untuk Quality Time, hadir secara penuh dengan kasih sayang masing-masing.
      
      Sebagai catatan, di era yang serba digital ini, Quality Time sebaiknya dilakukan dengan menjauhkan gadget dari masing-masing pemegangnya. Hadirkan jiwa yang penuh untuk menunjukkan kasih sayang pada setiap anggota keluarga tanpa terganggu dengan permainan gadget atau hubungan dengan orang lain baik urusan kerja ataupun urusan lain yang dapat merusak suasana kebersamaan.
      
     Selamat Menyongsong Hari Keluarga Nasional 2020!


Daftar Pustaka:
2. https://keluargaindonesia.id/kabar/sejarah-dan-peringatan-harganas-setiap-tahunnya

*) Penulis adalah Pramusaji BPKB Purwosari

0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajokartu.org^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajokartu.org | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine