PKB dan Bidan Pembina Wilayah Tileng: "Semua Kader Harus Berpartisipasi dalam Ajang Evaluasi Perkembangan Desa, Bukan Kader Dusun Sampel Saja!"

Hari Jumat (21/02) pagi dilangsungkan acara fasilitasi program KKBPK kepada PPKBD dan Sub PPKBD, serta kader Kelompok KB (RT) se-Desa Tileng. Lokasinya di balai desa, mulai jam 09.00 WIB sampai selesai.  Acara dibuka oleh PPKBD Desa Tileng, Ny. Sumarni, dengan mengajak semua hadiri untuk berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing. Setelah itu, dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KB.


Sambutan pertama disampaikan oleh Kasi Pelayanan Desa, Mesran, yang menyampaikan apresiasi kepada semua hadirin, dan terutama para kader IMP dan kader kesehatan yang telah meluangkan waktu demi acara bulanan pertemuan rapat koordinasi program KKBPK di tingkat desa Tileng. Secara khusus Kasipel mengajak semua kader untuk aktif berperan dan berkontribusi secara aktif dalam menyiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti even evaluasi perkembangan desa yang insya Allah akan dilaksanakan pada Kamis Pahing, 12 Maret 2020. Terlebih kepada kader-kader yang ada di dusun sampel, maka sangat diharapkan segala waktu, tenaga, dan pikirannya untuk menyiapkan segala kelengkapan yang dibutuhkan, yang dalam hal ini para pembina dari kecamatan akan dengan senang hati untuk memberikan bimbingan dan pembinaan.

Materi selanjutnya disampaikan oleh pembina wilayah dari UPT Puskesmas Girisubo yakni bidan Sunarti, AMd Keb, yang sangat mengharapkan peran dan kontribusi kader KB dan kesehatan tidak hanya dari dusun-dusun yang menjadi sampel dalam kegiatan lomba desa (evaluasi perkembangan desa), tetapi dari semua dusun ikut mendukung bahu-membahu menyiapkan segala kelengkapannya. Selanjutnya bidan membagikan buku pegangan kader Posyandu yang memang rutin diberikan di awal tahun sebagai acuan untuk melaksanakan tugas di tingkat dusun seperti kegiatan penimbangan, pendataan, penyuluhan kesehatan, dan sebagainya. Bidan juga memberikan penjelasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan di dalam buku pegangan tersebut. Terakhir bidan memberikan vitamin A yang harus diberikan kepada semua balita di dusun masing-masing. Jika ada kekurangan vitamin A maka dimohon agar kader melaporkan kepada petugas, bisa kepada PKB, kepada bidan atau yang lain.

Materi selanjutnya disampaikan oleh PKB pembina wilayah Tileng, yakni Sabrur Rohim, SAg, MSI. PKB pertama-tama menyampaikan terimakasih atas kehadiran para kader semua dalam kegiatan rutin pertemuan rakordes program KKBPK tingkat desa di bulan Februari kali ini. Selanjutnya PKB mengamini apa yang disampaikan oleh Bidan pembina wilayah tentang komiten bersama semua kader untuk menyukseskan acara lomba desa yang akan dilaksanakan pada 12 Maret yang akan datang, tidak hanya dari kader di dusun sampel saja. PKB menitikberatkan pada aspek administrasi kegiatan Tribina (BKB, BKR, dan BKL) khususnya di dusun sampel, selain juga data basis kesertaan KB, data PUS, dan sebagainya. PKB juga meminta secara khusus adanya stand untuk Kampung KB, dan meminta kepada kader/Pokja Kampung KB untuk menyiapkan segala sesuatunya, baik administrasi, produk UPPKS, dan sebagainya.

PKB juga berkomitmen membantu persiapan di dusun-dusun sampel, juga di tingkat desa, dan di Kampung KB, menyangkut segala hal baik data dinding, data adminitrasi (buku), peta keluarga, dan sebagainya. Ditekankan bahwa hasil apa pun yang akan diperoleh dalam ajang lomba desa kali ini akan membawa nama baik bukan saja desa, tetapi juga kecamatan, Puskesmas, BPKB, dan kita semua. Oleh karena itu sangat diharapkan keseriusan dan dedikasi kita semuanya untuk menyiapkan yang terbaik demi meraih hasil yang maksimal dalam ajang lomba desa kali ini.(*)


[Sabrur Rohim, SAg, MSI, PKB Girisubo dan pimred laman ipekbgunungkidul.com]

0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajokartu.org^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajokartu.org | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine