Lestarikan Ekosistem, Paguyuban Panutan Gelar Penghijauan di Area Telaga Kampung KB Wunut, Sumberwungu

Di Kampung KB Padukuhan Wunut, Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, ada sebuah paguyuban namanya Panutan. Paguyuban ini terdiri dari para perantau yang berasal dari Kampung KB Wunut yang merantau di kota Yogyakarta. Adapun paguyuban perantau ini layaknya sebuah organisasi memiliki kepengurusan, di mana yang duduk sebagai penasehat adalah Puspo Wiratno, sedangkan ketuanya Wagiman. 

Paguyuban ini bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dengan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain: membantu keluarga kurang mampu,  lansia dan kaum difabel yang ada di Padukuhan Wunut dalam bentuk bantuan sembako,  membantu pembangunan lapangan bola volly, dan mengadakam bhakti sosial serta mengadakan kegiatan turnamen untuk menjalin silaturahim bagi warga Wunut dan sekitarnya.

Apa yang telah dilakukan oleh paguyuban ini pantas menjadi contoh bagi daerah lain yang ada di sekitanya. Dengan rasa handarbeni terhadap asal mula mereka nyatanya paguyuban ini telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat. Mereka mengajarkan kepada kita semua bahwa untuk memajukan daerah mereka tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah yang jumlahnya terbatas tetapi harus berupa swadaya untuk memperhatikan wilayahnya dengan menanamkam rasa cinta daerah asal.

Salah satu kegiatan yang belum lama ini diselenggarakan adalah program penghijauan area telaga yang ada di wilayah Kampung KB Wunut dengan menanam pohon sebanyak 70 batang yang dilaksanakan bekerjasama dengan Karang Taruna Mandiri dan Kelompok PIK-R dan dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Desa Sumberwungu, yaitu  Sekdes Desa Sumberwungu, Tsalis Basari, SHut, dan Ketua BPD Desa Sumberwungu, Dwi Lestiyandari, AMd Gizi yang sekligus sebagai Penyuluh KB yang bertugas di Kecamatan Tepus.

Kegiatan penanaman pohon perindang ini bertujuan untuk menjaga ekosistem yang ada di telaga agar airnya bisa bertahan saat musim kemarau sehingga telaga yang ada dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian yaitu sebagai tempat pemancingan. Rencana kedepan telaga ini akan dijadikan tempat untuk beristirahat sejenak bagi para wisatawan yang melewati menuju wisata pantai selatan.

Salah satu pesan yang dapat kita petik dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Paguyuban Panutan adalah rasa handarbeni atau rasa memiliki atas tanah kelahiran akan mampu menggugah nurani untuk membangun daerah asal.(*)

[Dwi Lestyandari, PKB Tepus dan Ketua Geng "Kiwir Sholih"]


0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajokartu.org^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajokartu.org | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine