Kelas Baca Iqra' di BKB-HI Cerdas, Ploso, Tileng, Girisubo

Hari Kamis (13/02) pagi, yakn jam 08.00-10.00 WIB, bertempat di BKB-HI “Cerdas”, Ploso, Tileng, Girisubo, berlangsung acara Pembinaan Poktan BKB HI, yang dilaksaksanakan oleh kader BKB-HI Cerdas dan PKB Pembina Wilayah. Pesertanya adalah ibu-ibu balita anggota BKB-HI Cerdas yang tengah menunggu anak-anak mereka mengikuti kegiatan belajar-mengajar.

Acara dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh kader BKB-HI Heni Haryanti dan dilanjutkan dengan “Salam KB”. Kemudian, acara berlanjut sambutan pertama yang disampaikan oleh Ketua BKB-HI “Cerdas”, Th Woro Sastini, SIP.

Dalam sambutannya, Woro sangat mengapresiasi kehadiran para ibu balita dalam kegiatan hari ini. Beliau berharap  bahwa dengan kegiatan kali ini selain akan mempererat tali silaturahmi juga menambah wawasan para ibu balita karena dalam setiap pertemuan ada materi yang disampaikan baik oleh kader BKB-HI maupun oleh PKB pembina, yakni Sabrur Rohim, SAg, MSI, yang dibantu oleh pramusaji Rudi Purwanto.

Disampaikan oleh Woro Sastini juga, bahwa untuk tahun 2020 ini ada program utama yang juga didukung oleh ADD untuk mencegah stunting. Untuk keperluan program ini, di setiap desa ada 3 orang yang ditunjuk sebagai KPM (kader pembangunan manusia), yang akan bertugas memfasilitasi kegiatan di masyarakat, dari tingkat desa, dusun, hingga RT dalam gerakan mencegah stunting ini.

Wujud kegiatannya, menurut Woro, banyak dan beragam, baik berupa penyuluhan, advokasi, pendampingan, ataupun pemberian stimulan asupan makanan yang akan mendukung kesehatan fisik anak. Misalnya, kata Woro, akan ada gerakan menanam sayuran dan buah di keluarga dan kelompok kegiatan seperti BKB, PAUD, Posyandu, dan sebagainya dengan tujuan nanti hasilnya dikonsumsi, bisa oleh ibu hamil (bumil), balita, dan seterusnya.

Atas informasi yang disampaikan oleh Woro Sastini, pihak BPKB (Balai Penyuluhan KB) Kecamatan Girisubo, yang disampaikan dalam sambutan PKB pembina wilayah,  sepenuhnya mendukung dan siap bekerjasama untuk kegiatan fasilitasinya, khususnya untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam rangka mencegah stunting. Sebab program ini penting dan menjadi agenda pemerintah.

Seusai sambutan dari Ketua BKB-HI dan tanggapan dari PKB, acara dilanjutkan dengan kelas baca Iqra’ yang diikuti oleh ibu-ibu balita anggota BKB. Masing-masing ibu belajar membaca Iqra’ sesuai dengan tingkatan (jilid)-nya, dan sebagai pembimbingnya adalah PKB dan pramusaji. Setelah belajar Iqra’, ibu-ibu balita anggota BKB juga diajari tentag doa sehari-hari yang bisa diamalkan di rumah. Sebagai pengajarnya dalam hal ini adalah pramusaji Rudi Purwanto.

Ibu-ibu anggota BKB-HI sangat senang dengan kegiatan kelas Iqra’ tersebut, karena benar-benar bermanfaat menambah pengetahuan agama. Di rumah belum tentu mereka punya kesempatan untuk belajar baca Iqra’ dan menghapal doa-doa sehari-hari yang biasanya dihapalkan dengan  baik oleh anak-anak mereka. Dengan kelas Iqra’ tersebut, ibu-ibu merasa tidak kalah dengan anak-anak mereka. Kelas Iqra’ ini sendiri sudah berlangsung selama kurang lebih satu tahun dan rutin dilaksanakan setidaknya dua kali dalam sebulan. Ibu-ibu anggota BKB-HI Cerdas sangat antusias mengikuti kegiatan kelas Iqra’ ini.

Selesai kelas Iqra’, acara dilanjutkan dengan forum tanya jawab terkait dengan alat-alat kontrasepsi. Setelah itu acara ditutup dengan doa bersama.(*)   

[Sabrur Rohim, SAg, MSI, PKB Desa Tileng, Girisubo]
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajokartu.org^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajokartu.org | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine