Obituari; In Memoriam Bu Tini

Murah senyum, familiar, humoris, respect, senang becanda, cekatan, dan masih banyak lagi sikap dan karakter positif yang melekat dengan sosok Sutini, SSos. Perempuan kelahiran Sleman, 15 Mei 1965,  yang lebih akrab dipanggil Bu Tini ini beberapa waktu lalu meninggalkan kita semua menghadap Allah SWT, persisnya Kamis (16/01) setelah cukup lama menderita sakit dan sempat dirawat di rumah sakit.

Tentu saja banyak yang merasa kehilangan dengan sosok Bu Tini. Bagi teman-teman PKB di 18 kecamatan di Gunungkidul, khususnya, tentu sangat tidak asing dengan beliau, karena dalam beberapa waktu  terakhir almarhumah menjadi fungsional arsiparis di sekretariat DP3AKBPM dan D Gunungkidul. Dalam posisinya itu, aktivitas dan kegiatan sehari-hari almarhumah tentu banyak berkaitan dengan para penyuluh KB, khususnya terkait dengan urusan arsip-arsip kepegawaian. Bu Tini sering menginformasikan atau mengingatkan soal dokumen-dokumen seperti SK kenaikan pangkat, SK gaji berkala, berkas-berkas kenaikan pangkat, dll. Tentu saja, Bu Tini melayani keperluan para penyuluh KB dengan senyum dan canda tawanya yang khas itu. Kini kesemua itu tinggal kenangan belaka.

Seluruh jajaran ASN di lingkungan DP3AKBPM dan D Gunungkidul jelas merasa prihatin dengan berita duka ini. Kepala DP3AKBPM dan D Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi, memerintahkan seluruh ASN di institusinya untuk  bertakziah ke Ngranggan, Wedomartani, Kalasan, Sleman, DIY, pada Jumat siang (17/01) untuk melaksanakan upacara pelepasan jenazah. Semuan ASN, struktural dan fungsional, memakai  pakaian putih-putih mengikuti upacara dinas pelepasan jenazah almarhumah bersama masyarakat sekitar yang juga bertakziah. Seremoni upacara pelepasan jenazah dipimpin langsung oleh Kadin Sujoko, dimulai jam 14.00 WIB.

Seremoni diawali dengan pembacaan riwayat hidup Bu Tini. Disebutkan bahwa Sutini mengawali karirnya sebagai CPNS di Kantor Bangdes Pemkab Gunungkidul pada 1 Maret 1991, dengan jabatan staf, pangkat Juru Muda Tingkat 1, golongan 1/b. Kemudian pada 1  November 1992 resmi diangkat menjadi PNS sebagai Staf Urusan Umum di Bangdes Pemkab Gunungkidul, pangkat Juru Muda, golongan 1/b.

Pada 1 Maret 2001 Bu Tini diangkat sebagai Pejabat Fungsional Arsiparis di Subbag Umum Sekretariat DP3AKBPM dan D Gunungkidul sampai dengan 31 Agustus 2019.

Pangkat terakhir istri dari Triono ini adalah Pengatur Tingkat 1, golongan II/d, terhitung per 31 Agustus 2019 dengan jabatan sebagai Pengadministrasi Umum Seksi Kelembagaan dan Partisipasi Bidang Pemberdayaan Masyarakat DP3AKBPM dan D Gunungkidul.

Dalam sambutannya sebagai Pembina Upacara, Kepala DP3AKBPM dan D Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi, menyatakan keprihatinannya atas kepergian Bu Tini. "Semua yang diciptakan di dunia ini pasti akan kembali pada-Nya. Hari ini dalam situasi keprihatinan kita berkumpul untuk mengantar jenazah ibu Sutini, SSos, sebagai seorang yang mengabdikan dirinya dan berkerja keras tinggi, loyal, untuk Kabupaten Gunungkidul," kata Sujoko.

Almarhumah, kata Sujoko, dengan jabatan terakhir di seksi Kelembagaan dan Partisipasi, bidang Pemberdayaan Masyarakat di DP3AKBPMD Gunungkidul adalah seorang ibu, seorang PNS, yang loyalitas dan kejujurannya dalam pengabdian dalam melaksanakan tugasnya sangatlah baik.

"Pada hari Kamis, 16  Januari 2020, Allah Tuhan yang Mahakuasa memanggil almarhumah. Oleh karena itu kita merasakan kehilangan seseorang sahabat yang selama ini  bekerjasama mengabdi dan membangun di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul. Tentunya kita masih mengharapakan banyak dari almarhumah beliau ibu Sutini, SSos dalam bekerja di bidang pemberdayaan masyarakat maupun yang lain, tetap Allah berkehendak lain untuk memanggil dia lebih dulu. Untuk itu atas nama masyarakat dan Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul kita turut beduka cita semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan di berikan keikhlasan dan ketabahan. Amin," pungkas Sujoko.

Usai sambutan Kadin DP3AKBPM dan D, acara dilanjutkan doa dipimpin oleh tokoh agama setempat, lalu jenazah pun diberangkatkan ke pemakaman.

Selamat jalan Bu Tini, kami akan selalu kenang jasa-jasamu, canda tawamu, segala kebaikanmu selama bersama kami, dan semoga itu menjadi amal jariyah buat Bu Tini. Semoga Allah selalu merahmatimu, dan kami semua pasti akan menyusulmu.(*) [Sabrur Rohim, SAg, MSI, PKB Girisubo serta anggota Tim TI DP3AKBPM dan D & Diskominfo Gunungkidul]
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine