Sujoko, Masa Kecilnya Pernah Ngarit dan Ngangsu

Sujoko, Ssos, MSi, yang akrab dipanggil Pak Joko, ini lahir di Gunungkidul pada 17 Oktober 1960. Untuk saat ini, beliau menjabat sebagai Pimpinan Tinggi Pratama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM dan D) Kabupaten Gunungkidul dan memiliki Pangkat/Gol ruang sebagai Pembina Utama Muda, IV/c. Beliau sudah cukup lama diamanahi untuk memegang jabatan tersebut, sehingga sangat akrab dengan warga masyarakat, camat, petugas KB lini lapangan, kader IMP, kader PKK, karena memang ketugasa beliau mengharuskan berjumpa dengan bermacam-macam kalangan dari lini pemberdayaan masyarakat, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, desa, bahkan dusun hingga RT.
Pak Joko yang putra asli Tepus, Gunungkidul, ini sekarang bertempat tinggal di Karangpakel RT 01/RW 01, Trucuk, Klaten, bersama istri tercinta, Sri Mursinah. Dari  Sri Mursinah ini, Sujoko dikaruniai 2 (dua) orang anak, yang pertama bernama Andi Setiawan sedangkan anak yang kedua bernama Niken Dwi Kuswanti.
Riwayat pendidikan beliau diawali pada tahun 1972, menjadi siswa SD Bopkri Wonosari. Setelah lulus pendidikan sekolah dasar, Sujoko melanjutkan pendidikan keduanya pada tahun 1975 di SMP Persiapan Tepus. Setelah 3 tahun menjalani pendidikan SMP, pada tahun 1979 Pak Joko menjalani pendidikan di SMEA Negeri 3 Yogyakarta.

Pada tahun 1985, Sujoko melanjutkan pendidikanya ke jenjang perguruan tinggi, yakni di Akademi Adminitrasi Pembangunan “APMD” (Sarjana Muda). Tidak puas sampai di situ, pada tahun 1993 Sujoko menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” sehingga mendapatkan gelar SSos. Terakhri, Sujoko menempuh pendidikan magister (pasca sarjana) pada tahun 2004 di Universitas Gajah Mada dan mendapatkan gelar MSi.

Sujoko mengawali karirnya tahun 1989 sebagai CPNS Pemda Kabupaten Gunungkidul. Setelah berselang 1 (satu) tahun, S


ujoko menjabat sebagai PNS Staf Urusan Pembangunan Setwilcam Wonosari tahun 1990. Sujoko juga pernah menjabat sebagai Camat di Gedangsari pada tahun 2007, dan 3 tahun kemudian diamanahi sebagai Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunungkidul. Selanjutnya pada tahun 2013, Sujoko menjabat sebagai Kepala BPMPKB Kabupaten Gunungkidul, sampai akhirnya pada  2017 BPMPKB berubah menjadi DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul beliau masih menjabat sebagai kepala dinas di sana hingga hari ini.

Lebih dekat tentang Pak Joko ini, beliau mempunyai kepribadian yang humoris, serius tetapi santai, mau belajar, penyuka tantangan, suka mempelajari sesuatu yang baru, pekerja keras, suka bergaul dengan dengan banyak orang dari kalangan apa pun (tanpa membeda-bedakan), dan lebih dari itu, Pak Joko suka menghabiskan waktu-waktu senggangnya dengan menulis atau membaca buku. Wow, beliau ternyata sangat demen dengan dunia literasi.


Pria yang gemar memakan vegetarian ini juga memiliki hobi di bidang olahraga, menyanyi, dan mendengarkan musik. Warna merah adalah warna kesukaanya. Motto dalam beliau menjalani kehidupanya adalah, “Hidup yang bermanfaat bagi sesama”.(*) [Sabrur Rohim & Fajar Nugroho, anggota komunitas ngopi pagi di warung Pak Karman]
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine