IMP Desa Bendung dan Bulurejo Raih Juara dalam Temu Kader Kecamatan Semin

Prahu Layar KKBPK

Yo para warga kabeh wae
Program KB-ne ya dilaksanake
Rame rame melu Poktane
Saben pertemuan da ngasi supe

Ayo da melu Program KB
Yo Yo Ayo Melu MKJP
MOW MOP, IUD IMPLANT ne
Suntik Kondom Pil ugo sae sae
Amrih sejahtra, kabeh kluwargane
Putra putrine ja lali Salam GENRE
PIK R BKL BKR BKB
Dene UPPKS ben da makmur wargane

Lagu berjudul "Prahu Layar" yang telah digubah liriknya menjadi bermuatan KIE Program KKBPK merupakan salah satu yang ditampilkan dalam event Jambore IMP kecamatan Semin. Kegiatan yang dihelat pada hari Kamis, tanggal 31 Oktober 2019, lalu tersebut diikuti oleh 350 lebih kader IMP yang datang mewakili setiap dusun di Semin. Mengusung tema “Dengan 6 Peran Bakti IMP Kita Wujudkan Percepatan Program KKBPK di kecamatan Semin”, maka area Pendopo kantor kecamatan Semin pun penuh sesak dengan IMP memenuhi tenda dan kursi yang disediakan panitia.

Dalam event tersebut, hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Gunungkidul, Sujoko, SSos MSi serta kepala bidang di lingkungan dinas tersebut. Antusiasme dan apresiasi diberikan oleh Forkompimca Semin dan lintas sektor tingkat kecamatan Semin yang turut hadir dalam kegiatan Jambore IMP itu.

Dalam sambutannya, Sujoko mengatakan betapa pentingnya peran Institusi Masyarakat Pedesaan dalam melaksanakan pembangunan keluarga. "Kader IMP yang terdiri dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) beserta SubPPKBD dan Ketua Kelompok KB merupakan sumber daya lokal yang sangat penting dan menjadi kekuatan serta ujung tombak keberhasilan Program KKBPK di tengah masyarakat. Untuk itu optimalisasi peran dan peningkatan kompetensi kader IMP merupakan hal yang harus dilakukan sebagai upaya percepatan program, apalagi kondisi sekarang ini ditengarai dengan semakin menurunnya jumlah Penyuluh KB, banyak yang sudah purna tugas sedangkan rekrutmen penyuluh KB baru sangat minim. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan Jambore IMP yang bertujuan untuk membangun silaturahmi antar kader se-kecamatan Semin serta maksimalisasi kesadaran akan 6 peran bakti IMP, sesuai dengan tema yang diusung dalam Jambore kali ini," kata Sujoko.

Rangkaian acara Jambore Kader IMP kecamatan Semin dimeriahkan dengan lomba yang diikuti oleh kader IMP dari 10 desa di kecamatan Semin. Lomba tersebut antara lain; Lomba Yel Yel KKBPK dan Lomba Gubah Lagu KIE. Semua desa sangat bersemangat untuk berpartisipasi dalam lomba-lomba tersebut.

Tujuan diadakannya Lomba Yel Yel KKBPK adalah untuk menggugah semangat para IMP dalam setiap menjalankan ketugasan. Sementara tujuan diadakannya Lomba Gubah Lagu KIE adalah mendorong kreatifitas para IMP dalam menciptakan metode penyuluhan melalui cara-cara yang populer, mudah diterima masyarakat dan tetap kental mengandung muatan KIE Program KKBPK. Untuk mencari pemenang dari setiap kategori lomba, panitia dibantu oleh DPC IPeKB Gunungkidul yaitu Ir Sulistyana, Dinarsih dan Anggoro Triatmojo. Adapun pemenang dari setiap kategori lomba yaitu:

A. Lomba Yel-yel KKBPK
Juara 1 : kader IMP Desa Bendung
Juara 2 : kader IMP Desa Kalitekuk
Juara 3 : kader IMP Desa Candirejo

B. Lomba Gubah Lagu KIE Program KKBPK
Juara 1 : kader IMP Desa Bulurejo
Juara 2 : kader IMP Desa Pundungsari
Juara 3 : kader IMP Desa Candirejo

Para pemenang dari setiap kategori lomba mendapatkan piala dan uang pembinaan dari panitia. Penghargaan bagi pemenang Lomba Yel Yel KKBPK diserahkan oleh Camat Semin, Drs Witanto. Sedangkan penghargaan bagi pemenang Lomba Gubah Lagu KIE diserahkan oleh Ketua TP PKK kecamatan Semin, Ny Erni Suharyanti Witanto. Para kader IMP yang beruntung juga mendapatkan doorprize dari panitia penyelenggara. Tercatat puluhan doorprize telah disiapkan oleh panitia sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala DP3AKBPM&D kabupaten Gunungkidul menyempatkan diri untuk mempersembahkan lagu yang mendapatkan sambutan meriah dari para tamu undangan dan peserta. Selain itu pula, penyuluh KB dan IMP kecamatan Semin juga turut menyumbang lagu demi berpartisipasi untuk memeriahkan acara Jambore ini. Acara jambore ditutup dengan bersalaman dan sesi foto bersama. Suksesnya event ini berkat kerjasama yang solid dari Penyuluh KB kecamatan Semin dan kader IMP se-kecamatan Semin, juga motivasi dari Camat Semin yang selalu siap sedia menyukseskan Program KKBPK.(*) [Dra Lilih Eryani, koordinator PKB Semin]


0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine