Perwakilan BKKBN DIY dan RS Happy Land Teken MoU Peningkatan Pelayanan KB

Bertempat di gedung lt 2 RS Happy Land, Jl Ipda Tut Harsono No 53, Melati Wetan, Timoho, Yogyakarta, Kamis (17/09) kemarin telah dilaksanakan penandatanganan MoU (memorandum of understanding) atau nota kesepahaman tentang peningkatan pelayanan KB antara Perwakilan BKKBN DIY dan RS Happy Land. Pihak pertama, Perwakilan BKKBN DIY, diwakili oleh Plt Kaper BKKBN DIY, Rohdiana Sumariati, SSos, MSc, sedangkan pihak kedua, RS Happy Land, dalam hal ini diwakili oleh direktur utamanya sendiri, yakni dr Bondan Agus Suryanto, SE, MA, DLP, AAK. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh seluruh jajaran pejabat struktural terkait dari kedua instansi  tersebut.

Dalam sambutannya, dr Bondan menyampaikan rasa terimakasihnya, serta apresiasi yang tinggi, kepada Pemerintah, yang dalam hal ini direpresentasikan oleh Perwakilan BKKBN DIY, atas kepercayaannya untuk menjalin kerjasama ini. "Ini merupakan kali kedua adanya kerjasama seperti ini. Sekaligus ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan kami dengan dr Hasto Wardoyo beberapa waktu lalu, yang pada intinya beliau meminta dijalinnya kerjasama peningkatan pelayanan KB di RS Happy Land. Perlu saya informasikan juga, bahwa dokter Hasto juga merupakan 'alumni' dari rumah sakit ini, sehingga ini tentu wujud keinginan dr Hasto untuk terus menjalin hubungan dengan RS Happy Land," kata Bondan.

Disampaikan juga oleh dr Bondan, bahwa kita semua memang harus berkomitmen untuk mewujudkan generasi yang berkualitas di masa mendatang, serta mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. "Untuk tujuan tersebut, maka pengendalian penduduk adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan, karena dengan pengendalian penduduk, kerja untuk mewujudkan generasi berkualitas serta kesejahteraan masyarakat akan lebih mudah dilaksanakan. Oleh karena itu, RS Happy Land jelas sangat mendukung dengan kebijakan program keluarga berencana (KB), sehingga dengan bangga dan senang hati menyambut ajakan kerjasama Pemerintah dalam memberikan pelayanan KB kepada masyarakat. Apalagi RS Happy Land sendiri adalah rumah sakit yang konsern dengan kesehatan ibu dan anak (KIA), sehingga sangat tepat untuk program ini. Happy Land tetap berkomitmen untuk terus ikut memberi pelayanan kepada masyarakat, dan harapan saya setelah adanya MoU ini, pelayanan KB di RS Happy Land makin meningkat," kata dr Bondan.  

Sementara itu, dalam sambutannya, Plt Kaper BKKBN DIY, Rohdiana Sumariati, SSos, MSc, menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada RS Happy Land terkait dengan penandatanganan MoU tersebut. "Seperti yang disampaikan oleh dr Bondan tadi, ini memang kerjasama yang kedua kalinya, sebelumnya sudah pernah ada MoU tahun 2009, dan sudah berakhir beberapa waktu yang lalu. MoU ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara dr Hasto Wardoyo dengan pihak Happy Land beberapa waktu lalu di RSUP dr Sardjito, yang intinya meminta segera memperbarui kerjasama, dan saya sangat berharap bahwa ke depan, dengan adanya nota kesepahaman ini semoga pelayanan KB akan semakin baik di DIY dan dengan demikian juga akan meningkatkan kesertaan KB baru di DIY. Dengan kerjasama ini, kami nanti dari Perwakilan BKKBN DIY akan menyediakan segala kebutuhan pelayanan seperti alat-alat dan obat kontrasepsinya, serta juga menyiapkan akseptornya, sedangkan dari pihak Happy Land akan menyiapkan petugas medisnya melaksanakan pelayanan. Ini terutama diarahkan untuk pelayanan kontrasepsi MJKP, sebagaimana kita adakan baksos pelayanan MOW hari ini di rumah sakit ini," ujar Rohdi.


Memang, bertepatan dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut, di RS Happy Land sendiri sedang diadakan baksos pelayanan KB MOW hari ketiga, di mana pada hari itu berhasil dilayani sebanyak 15 peserta dari Gunungkidul serta 3 peserta dari Bantul. Pelayanan berjalan lancar, meski beberapa peserta baru bisa pulang sore hari karena harus menunggu siuman akibat dampak obat bius.(*) [Sabrur Rohim, SAg, MSI, Pimred Cahaya Keluarga, PKB Girisubo]  


0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine