Pertemuan KKBPK Paliyan; Meretas Generasi Berkualitas dengan Program Genre

Hari Rabu (23/10) Balai Penyuluhan KB Kecamatan Paliyan menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) bagi kader PPKBD dan sub PPKBD, dengan materi pokok program Generasi Berencana (Genre) dan juga materi tentang upaya penanggulangan kenakan remaja. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Camat Paliyan, Drs Yulihadi Handoyo, ini dihadiri oleh perwakilan kader IMP KB dari seluruh desa se-Kecamatan Paliyan, dan dilaksanakan di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Paliyan.

Materi Generasi Berencana (Genre) yang disampaikan oleh Muh Amirudin, SSos, selaku Kasi Dalduk DP3AKBPM dan D Kabupaten Gunungkidul menfokuskan materinya pada fenomena kemajuan teknologi digital dan media sosial.  Generasi muda saat ini sangat erat dengan penggunaan teknologi, mulai dari mencari informasi, bermain maupun berinteraksi di media sosial. Hanya saja kemajuan teknologi ini tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga bisa menimbulkan dampak negatif. 


Pak Amir dengan gayanya yang khas menjelaskan, “Remaja sejatinya adalah calon generasi penerus bangsa. Namun masih rentan dengan permasalahan-permasalahan seperti, putus sekolah, masalah seksualitas (hamil diluar nikah), penyalahgunaan napza, dan sebagainya. Maka melalui program Generasi Berencana (GenRe) diharapkan bisa memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja. Mulai dari pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi, dan juga mempersiapkan kehidupan berkeluarga."


Setelah selesai materi Genre, kegiatan pembinaan program KKBPK dilanjutkan dengan materi penanggulangan kenakalan remaja yang disampaikan oleh Suranto SE selaku Kanit Bimas Polsek Paliyan. Suranto menjelaskan bahwa, "Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memberikan fondasi primer bagi perkembangan anak dan remaja. Sedangkan lingkungan sekitar dan lingkungan sekolah hanya ikut memberikan nuansa pada perkembangan anak. Oleh sebab itu baik buruknya struktur keluarga dan masyarakat sekitar memberikan pengaruh baik atau buruknya pertumbuhan kepribadian anak dan remaja. Semua perbuatan kenakalan anak dan remja merupakan mekanisme kompensatoris untuk mendapatkan pengakuan terhadap egonya, di samping dipakai sebagai kompensasi pembalasan terhadap perasaan minder. Kenakalan remaja ini pada umumnya juga adalah akibat dari kegalalan sistem pengontrol diri. Jadi, kenakalan remaja merupakan ketidak mampuan anak dan remaja dalam mengendalikan emosi primitif mereka, yang kemudian disalurkan dalam perbuatan nakal dan kurang terkontrol."

Akhir dari kegiatan pembinaan KKBPK diisi dengan simpulan dan evaluasi capaian program KB di Kecamatan Paliyan yang dipandu oleh Tri Nurhidayati, SSos, selaku Koordinator Penyuluh KB di Kecamatan Paliyan.(*) [Purwadi SHI, Penyuluh KB Paliyan]
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine