Hanya dalam Kurun Sebulan, Kampung KB Banjaran Gaet 15 Akspetor IUD dan 8 Akseptor Impan

Penyuluh KB Kecamatan Paliyan menggelar Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan KB, pada Jumat (4/10). Hadir dalam kegiatan tersebut kader  PPKBD dan sub PPKBD dari masing-masing desa di wilayah Kecamatan Paliyan.

Purwadi SHI, selaku Penyuluh KB di wilayah Kecamatan Paliyan, menjelaskan bahwa antusiasme dan kehadiran kader dari masing-masing desa pada kegiatan Rakorcam program KB, yang sudah rutin dilaksanakan setiap bulannya ini, membuktikan komitmennya untuk bersama-sama memajukan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga di wilayah Paliyan. “Harus kita akui bersama, bahwa tanpa kebersamaan maka semua upaya dan rencana kita membawa perubahan yang lebih baik bagi daerah dan masyarakat akan sia-sia,” ujarnya.

Hal lain yang mejadi fokus bahasan adalah evaluasi pencapain KB baru sampai bulan Oktober 2019, rencana pemberangkatan akseptor kontap MOW dan strategi mengitensifkan kegiatan KIE dan advokasi program KKBPK di wilayah desanya masing-masing.

Salah satu strategi yang dilakukan oleh kader KB Desa Karangasem Kecamatana Paliyan untuk meningkatkan kesertaan KB MKJP (implan dan IUD) di wilayahnya adalalah dengan bekerja sama dengan Faskes KKB Amanah Husada Desa Karangduwet dan produsen alat obat kotasepsi, DKT Andalan. Wujud dari kerjasama tersebut adalah adanya pendampingan kepada kader KB dari tenaga ahli/medis DKT Andalah selama melakukan KIE dan menyuluhan di masyarakat serta pelayanan gratis di Faskes KKB Amanah Husada. Kegiatan KIE dan penyuluhan untuk sementara difokuskan di Kampung KB Banjaran Karangasem lewat pertemuan rutin kader KB, Posyandu Balita dan juga kunjungan rumah PUS yang belum ber KB, yang di komandani langsung oleh Supinem, kader sub PPKBD dari Dusun Banjaran.

Lewat strategi kerjasama ini, terbukti ada peningkatan yang sangat signifikan untuk pencapaian KB baru. Selama periode bulan Agustus dan September 2019 dari Kampung KB Banjaran saja sudah mampu menyumbang peserta KB baru 25 IUD dan 8 Implan.  Dalam kesempatan pertemuan Rakorcam program KB, Puji Astuti kader sub PPKBD dari Dusun Trowono Karangasem menuturkan optimismenya. “Nanti di pertengahan bulan Oktober, kita juga insya Allah akan mengirimkan akseptor IUD dan implan lagi. Setelah semua unmet need di Kampung KB Banjaran tersasar, nanti fokus KIE akan digeser ke dusun Trowono dan Namberan Desa Karangasem.” jelasnya dengan penuh antusias. 

Hal lain yang menjadi pokok pembahasan dalam acara Rakorcam bulan Oktober kali ini adalah pemantapan calon akseptor kontap MOW yang diprakarsai oleh BKKBN DIY dan rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta. Setidaknya ada 4 (empat) calon peserta MOW dari Kecamatan Pakliyan yang sudah positif yakni dari desa Giring, Mulusan, dan Sodo. Kepada kader, Purwadi, SHI berpesan  untuk betul-betul memastikan syarat-syarat yang harus terpenuhi bagi setiap calon akseptor MOW, agar nantinya semua bisa terlayani dengan baik dan lancar. [Purwadi SHI, Penyuluh KB Paliyan]
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine