Ketika Panutan itu Telah Purna


Berlokasi di tepian telaga Jonge Semanu, Gunungkidul, hari Selasa, 3 September 2019, menjadi hari yang sangat berkesan bagi  keluarga besar forum IMP-KB dan Penyuluh KB Kecamatan Paliyan. Acara rutin Rapat Koordinasi bidang KB Kecamatan Paliyan (Rakorcam), diisi dengan pelepasan Petugas Lapangan KB senior, Budiarto yang telah memasuki masa purna tugas mulai 1 Agustus 2019.

Acara pelepasan dihadiri oleh seluruh anggota forum IMP-KB Kecamatan Paliyan dan Penyuluh KB Kecamatan Paliyan.  Walaupun acara dibuat outdoor dan dan penuh canda tawa, tetapi tidak mengurangi khidmat dan keharuannya.  Budiarto dalam sambutan perpisahannya menyampaiakan ucapan teriama kasih kepada semua kader IMP-KB Kecamatan Paliyan yang telah membersamai dan membantu mensukseskan program KB selama 24 (dua puluh empat) tahun di Kecamatan Paliyan. “Secara pribadi saya akui, bahwa suksesnya pelaksanakan program KKBPK tak luput dari kerja keras ibu-ibu kader IMP. Oleh karenanya, pada kesempatan ini saya mengucapkan banyak terima kasih yang tak terhingga kepada semua kader IMP-KB. Segala salah dan khilaf selama bergaul dan berinteraksi, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” kata pamit Budiarta dengan suara yang agak parau.


Ketua forum IMP-KB Kecamatan Paliyan, Nanik Indarwati, SPd, mewakili semua anggota forum IMP menuturkan, “Banyak kenangan dengan Bapak Budiarta selama sekian puluh tahun membersamai kita semua dalam mensukseskan program KB di Kecamatan Paliyan. Semoga jalinan silaturahim dan persaudaraan di antara kita semua bisa tetap terjalin dengan baik, kanca sak teruse, sedulur sak lawase.”

Menanggapi kata pamit Pak Budiarto, Tri Nurhidayati, SSos, selaku Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Paliyan menyampaikan, “Berat sebenarnya hati ini melepaskan Pak Budiarta, yang selama ini dalam suka duka menjalankan program KB selalu bersama. Mitra kerja yang baik, yang patut untuk menjadi teladan kita bersama. Sangat disiplin dalam bekerja, dari mulai masuk dan pulang kerja, laporan bulanan klinik, dan capain KB, tak ada cela sama sekali. Dan sekarang panutan itu telah purna, tetapi kita tidak boleh nglakra, semoga kita biasa meneruskan semangat dan kinerjanya dengan baik-baiknya.”

Budiarto, putra kelahiran Sanglor II, Girisuko, Panggang, tanggal 27 Juli 2019 memulai karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 1986 dengan formasi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB). Kariernya sebagai PLKB dimulai dari Kecamatan Playen tahun 1986 sampai 1995, kemudian pindah tugas ke Kecamatan Paliyan dari mulai tahun 1995 sampai 2019 (purna tugas). Dikaruniai 2 (dua) anak, Adam Kristiawan dan Wening Kristiyani dari hasil pernikahannya dengan dara asli Girisuko, Riswantini dan dikaruniai 2 cucu laki laki dan 2 cucu perempuan.

 “Satu kata untuk merepresentasikan sosok Pak Budiarto: disiplin. Setiap harinya, sebelum pukul 07.30 sudah berada di kantor, dan pulang setelah jam 16.00 WIB. Laporan klinik, tidak pernah lewat tanggal 5, sangat bertanggung jawab dengan pekerjaannya, bahkan sampai hari terakhir,” jelas Purwadi, SHI, teman kerja satu kantornya di Kecamatan Paliyan.

Disela-sela kesibukannya mempromosikan program KB, ayah dua anak ini tetap menekuni hobinya, yakni pelihara ayam jantan dan budidaya bonsai. Bahkan tak jarang, hobinya menjadi sarana untuk KIE KB kepada masyarakat, ataupun juga pendekatan tokoh formal dan tokoh masyarakat.  Kata nasihat yang sering beliau pesankan, bahwa bekerja adalah mencari teman, bukan mencari musuh.
Tentu, masih banyak kenangan dan teladan baik yang bisa kita ambil pelajaran dari Pak Budiarto. Purna tugas yang dialaminya saat ini, adalah sebuah proses yang wajar dan semua PNS/ASN akan mengalami hal yang sama. Yang terpenting bagi kita semua saat ini adalah mengambil pelajaran yang positif, untuk nantinya diimplemantasikan dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara, agar nantinya ketika memasuki masa purna tugas, kita telah memberikan bhakti terbaik untuk negeri dan mengakhirinya dengan khusnul khotimah. [Purwadi & Tri Nurhidayati, PKB Kecamatan Paliyan]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine