Kapolsek Playen Resmikan Tugu Kampung KB Wiyoko Utara

Kamis (15/8), giliran  terakhir desa Plembutan sebagai tempat penilaian Lomba Pengagungan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Rombongan Tim Yuri Pengagungan dipimpin oleh Kepala Polisi Sektor Playen, M Yusuf Tianotak, diikuti oleh Sekretaris Kecamatan dan Tim Juri dari berbagai unsur lintas sektor.

Kegiatan penilaian sudah diawali ketika memasuki pintu gerbang Dusun Wiyoko Utara sebagai dusun Kampung KB. Tepuk tangan meriah dan pelepasan balon ke udara mengiringi penandatanganan prasasti peresmian Tugu Kampung KB oleh Kapolsek Playen. Begitu tirai pintu gerbang dibuka, tim yuri dikejutkan dengan penampilan baris-berbaris dari pasukan pengibar bendera SMA I Playen, dan dilanjutkan derap langkah pasukan prajurit lombok abang Desa Plembutan yang mengantarkan rombongan yuri sampai ke tempat penilaian Rumah Sehat KS III milik Kasidi.

Acara dilanjutkan dengan aksi keliling sepanjang jalan Dusun Wiyoko Utara sambil melakukan pengecekan aspek kebersihan lingkungan, kemeriahan, serta partisipasi warga di sepanjang jalan. Begitu tiba di rumah pra sejahtera milik Wardani, tim disambut dengan kegiatan tarian dari ibu-ibu anggota Bina Keluarga Lansia Wiyoko Utara. Di tempat ini sekalian melakukan pengecekan kegiatan kelompok ternak Ngudi Mulyo dengan usaha pemeliharaan kambing serta penanaman palawija. Tak ketinggalan, Tim juga menilai pos ronda keamanan kampung. Dalam kesempatan ini, Tim penilai beserta Kapolsek bersama ibu-ibu Kelompok Wanita Tani melakukan senam bersama sebagai upaya untuk tetap mencapai kebugaran badan dan jiwa.

Kunjungan berikutnya di RT 03 dengan pusat kegiatan ada di Rumah Data Kependudukan. Di samping data data yang disajikan, di sini juga ditampilkan kegiatan BKB HI dengan Posyandu dan PAUD. Secara saksama ternyata Kapolsek sangat antusias memperhatikan kegiatan kader dan dengan teliti menanyakan kondisi kesehatan para balita.

Puncak kegiatan penilaian berada di balai dusun dengan menampilkan bazar dari kelompok UPPKS, fragmen bahaya penggunaan gadget HP oleh remaja-remaja keluarga kelompok BKR Wiyokoutara, serta tari-tarian Dayak dengan kreasi baru.


Dalam kata sambutannya, Yusuf Tianotak menyampaikan rasa bangganya terhadap warga Wiyoko Utara yang begitu antusias menyambut perayaan hari ulang tahun republiik Indonesia ke 74. Menurut beliau, hal ini mencerminkan rasa cinta tanah air, dan itu harus secara terus-menerus dijaga dan dipupuk bersama.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Edi Suharto SH, MSi, menyampaikan pesan dan kesannya mewakili tim juri. Beliau sampaikan perlunya membangkitkan potensi ekonomi lokal dengan cara melakukan keterpaduan antara produk makanan olahan lokal dengan penampilan seni budaya sebagai kemasan pariwisata terpadu.

Pada sesi terakhir, Muh Setyawan Indriyanto selaku Camat Playen yang hadir belakangan di acara tersebut, menyambut gembira acara tilik dusun ini. Hal yang istimewa pada kesempatan putaran terakhir ini, karena dihadiri oleh seluruh komponen pimpinan kecamatan. Beliau berpesan agar kegiatan budaya yang dipadu dengan kemasan kuliner bisa diekspos  sebagai wisata pilihan yang disajikan di pasar Sabtu Minggu (pasar tugu) yang tempatnya sudah disediakan di Desa Plembutan ini.(*) [Drs Edy Pranoto, Koordinator PKB Playen]
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine