Sujoko: “Kementerian PPPA Harus Lebih Aktif dalam Galakkan KLA!”


Bertempat di Bangsal Sewoko Projo Kabupaten Gunungkidul pada Selasa (25/6) berlangsung pemaparan hasil “Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak” oleh Tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Dalam kesempatan ini Bupati Gunungkidul Hj Badingah, SSos memaparkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah terkait dengan upaya  mewujudkan Kabupaten Layak Anak, baik di lingkungan dinas kesehatan, dinas pendidikan, dan berbagai lembaga non pemerintah termasuk asosiasi pengusaha yang ada di daerah kabupaten Gunungkidul.

        Contoh kebijakan pro anak yang sudah diimplementasikan misalnya, pertama: Memberikan pelayanan akte kelahiran gratis bagi anak yang dimulai sejak tahun 2017, bekerjasama dengan bidan dan KUA; Kedua, dilakukannya deklarasi anti nikah dini (Ayunda Simenik) di berbagai kesempatan dan didukung dengan makan segocething. Di tingkat desa , Gunungkidul sebagai pelopor dalam penyediaan data kependudukan  secara lengkap yang tetrmaktub dalam Sintem Informasi Desa (SID).

               Kebijakan pemerintah daerahpun telah dikeluarkan, misalnya Peraturan Bupati Nomer 36 Tahun 2015 terkait dengan Pencegahan Nikah Dini; Road Map Desa Kecamatan Layak Anak 2014-2018. Hasilnya juga sudah tampak banyak penghargaan diperoleh atas nama Pemerintah Gunungkidul terkait dengan perlindungan anak sehingga tahun 2012 mendapat status Pratama, di tahun 2015 dan 2017 meningkat menjadi Madya, dan harapannya di tahun ini meningkat lagi menjadi Nindya.

               Kesempatan Tim Penilai memberikan rekomendasi atas hasil penilaiannya yang disampaikan oleh dr Ernanti. Beliau menyampaikan ada 24 indikator yang seharusnya dipenuhi untuk masuk sebagai Kabupaten/Kota layak anak. Indikator tersebut merupakan rumusan yang digodog oleh 28 kementerian negara. Dengan demikian maka Kabupaten/Kota layak anak itu bukan sekadar milik  kementrian pemberdayaan perempuan saja, namun milik kita semua. Adapun rekomendasi yang disampaikan beliau antara lain:

1.  Adaya Peraturan Daerah yang mendukung Kabupaten/Kota layak anak
2. Adanya data profil kegiatan dari input, proses sampai out put dari lintas sector yang terlibat
3. Adanya keterlibatan lintas sector secara menyeluruh dalam lima klaster
4. Adanya asosiasi dari dunia usaha yang ikut serta peduli didalam KLA
5. Di Klaster I, perlu didorong agar semua anak memiliki akte kelahiran sebagai hak asasinya. disini diharpakan anak bukan sekedar sebagai obyek namun sebagai subyek yang terus ditingkatkan capacity building-nya.
6. Pada Klaster ke II, perlunya penguatan keterpaduan PAUD HI sebagai wahana pengembangan kecerdasan dan ketrampilan anak
7. Masih diperlukan perluasan ruang bermain atau taman terbuka yang ramah anak
8. Adanya rute aman dan selamat bagi anak sekolah baik secara fisik dan psikis
9. Di klaster ke III masih diperlukan peningkatan penampilan data tentang stunting, ASI eksklusif, Puskesmas layak anak, sekolah layak anak serta pengurangan iklan rokok di tempat-tempat umum.
 10. Di klaster ke V pelayanan pada kebutuhan anak sudah baik, supaya ditingkatkan lagi pada sisi pencegahan  kecelakaan anak. Terakhir diminta untuk meningkatkan sosialisasi desa layak anak, yaitu desa yang mampu memenuhi hak-hak anak, seperti ruang bermain, profil desa layak anak, terpenuhinya hak anak atas pendidikan, gizi anak serta adanya kebijakan desa yang pro pada KLA.

                Di sesi pelepasan Tim Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak, Kepala DP3AKBPM dan D, Sudjoko SSos, MSi, menyampaikan bahwa program PPPA ini sudah berjalan tujuh tahun dan telah memperoleh penghargaan dari status Pratama hingga Madya. Beliau berharap untuk mengakhiri masa jabatannya sebelum memasuki masa pensiun 2020, status Madya akan meningkat lagi sehingga akan memberikan rasa kebanggaan bagi masyarakat Gunungkidul dan sebagai motivasi bagi pemerintah Gunungkidul. Keberhasilan di KLA ini akan melengkapi prestasi Kabupaten Gunungkidul sebagai pengelola terbaik dalam pelaksanaan penggunaan Dana Desa. Beliau juga mengharapkan agar pemerintah pusat khususnya melalui kementerian PPPA berperan lebih aktif lagi di dalam menggalakkan KLA ini, dengan menggerakkan lintas sektor di tingkat pusat, sehingga program KLA ini lebih terasa sebagai tanggung jawab bersama di dalam mensukseskannya.(*) [Drs Edy Pranoto, Koordinator PKB Playen]
0 Viewers

Post a comment

6 Comments

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  3. Dear Customers,

    We invite you all to participate in our new business and project funding program, We are currently funding for Business start-up Business developments, Business acquisition Business expansion, Project funding and Working capital etc.

    This Funding program allows a client to enjoy 3% low interest rate and payback period of 1 to 15 years. We can approve a loan/funding for up to a Million Dollars, Euros, Pounds or more depending on the nature of business we are currently funding for and we satisfy our customers’ financial needs and help them succeed

    Application Available
    Apply via E-mail: challotloan@gmail.com
    Regards,

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete
  5. Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan kewangan kepada semua individu, kadar faedah kami adalah 2% setiap tahun. Kami juga memberikan nasihat dan bantuan kewangan kepada kami pelanggan dan pemohon Sekiranya anda mempunyai projek yang baik atau ingin memulakan perniagaan dan memerlukan pinjaman untuk membiayai dengan segera, kami dapat membincangkannya, menandatangani kontrak, dan kemudian membiayai projek atau perniagaan anda untuk anda bersama-sama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Perniagaan

    Perniagaan Merchandising.
    Perniagaan pembuatan
    Perniagaan Hibrid.
    Perniagaan tunggal
    Perkongsian.
    Syarikat.
    Syarikat terhad.
    pinjaman peribadi.
    pinjaman pelaburan.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit pemilikan rumah.

    HUBUNGAN SYARIKAT PINJAMAN:
    Laman web: rikaandersonloancompany.webs.com
    E-mel: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1 (323) 689-3663
    Sembang Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Ibu Pejabat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, Amerika Syarikat
    Cukai / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Daerah New York, NY9016 34001

    ReplyDelete

  6. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND

    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com
    🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧🏧

    Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "


    BBM: D8E814FC


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah


    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))


    Allahu akbar

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine