Suhartaja: "Kita Bukan Mengejar Target, Tetapi Peserta MKJP dan Mantap!"


Pada hari Selasa (19/2), Kecamatan Ngawen telah melaksanakan Rapat Koordinasi Program KKBPK Kampung KB,  setelah sebelumnya mengadakan rapat Forum Musyawarah Kampung KB yang dilaksanakan di Balai Padukuhan Duren Beji yang sekaligus sebagai Wilayah Kampung KB. Adapun acara Rapat Program KKBPK hari ini sebelum acara dimulai diawali dengan doa  bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars KB , oleh kader Warsilah , lalu Sambutan oleh Camat Ngawen, Slamet Winarno, SSos, MM. Ada

pun penyampaian materi pada Rakor hari ini ada tiga narasumber, yakni: Dra Dwi Iswantini, selaku Kabid KB DP3 AKBPMD Kabupaten Gunungkidul yang menyampaikan materi, “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program KB”; Listiyani Ritawati, Amd Keb, selaku bidan dari Puskesmas Ngawen II yang menyampaikan materi, “Program 1000 HPK”; sedangkan materi ketiga disampaikan oleh Suyanti, SPd dari TP PKK Kecamatan menyampaikan materi, “Revitalusasi Pos Yandu.”

Rapat program KKBPK Kampung KB ini sendiri diikuti oleh 45 undangan, diikuti oleh para kader KB tiap desa, kasi pelayanan desa, kasi kesos kecamatan, dan juga PKK. Dengan demikian, adanya dana BOKB ini betul-betul dirasakan bermanfaat untuk kegiatan dan keberhasilan program KB baik di tingkat desa maupun di tingkat Kecamatan. Dengan adanya operasional untuk kegiatan di Kampung KB tersebut, pelayanan KB dan pencapaian KB di Ngawen juga sangat membanggakan bagi para pengelola KB yang ada. Sehingga pencapaian peserta KB aktif akhir Januari 2019 sudah 77,10% dari PUS sebanyak 5778.

Adapun pencapaian peserta KB baru akhir Desember 2018 ada di angka 49,57% dari PPM sebesar 934. Adapun pencapaian KB baru per mix kontrasepsi sbb:

IUD:  85,
MOP: 5
MOW:  4
Implant: 72
Suntik: 256
Pil: 16 dan
Kondom: 25 peserta.

Dengan demikian walaupun baru tercapai 49,57, ini sudah sangat membanggakan karena bisa mengajak kaum bapak untuk ikut melaksanakan KB Pria /MOP sebanyak 5 peserta dan kondomnya 25 peserta. “Kita seolah-olah tidak mengejar target atau PPM yang ada, namun kita mencari peserta KB yang berkualitas dengan alat kontrasepsi MKJP dan peserta KB mantap,” kata Suhartaja, SE, Koordinator PKB Ngawen.(*) [Sunaryadi, SSos, PKB Ngawen]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine