Mantap! Bhaksos KB di Ponjong Berhasil Layani 127 Akseptor


Hari ini, Senin (10/12), Perwakilan BKKBN DIY bekerjasama dengan IBI Gunungkidul dan DP3AKBPM dan D Gunungkidul menggelar acara Bhaksos KB di Kecamatan Ponjong. Lokasinya di KKB Annisa milik Ny Yasjirah, AMd Keb, Karangijo Kulon, Ponjong, Ponjong, Gunungkidul.
 
Menurut Kabid KB Dra Dwi Iswantini, kegiatan ini adalah untuk meningkatkan capaian PB di Kecamatan Ponjong. “Secara umum, capaian KB di Gunungkidul masih cukup rendah, meski ini sudah sampai di akhir tahun. Kegiatan ini adalah ikhtiar untuk meningkatkan capaian, khususnya di Ponjong,” ujar Dwi.

Dwi juga berharap, agar peningkatan capaian hendaknya jangan hanya di even bhaksos KB. “Saya berharap para PKB terus berupaya menggerakan masyarakat untuk ikut program KB tidak hanya lewat bhaksos, tetapi bisa even-even lain, bekerjasama dengan Puskesmas atau BPS,” tambah Dwi.

Kegiatan ini, menurut Dwi, juga menjadi ajang untuk melihat kinerja kader IMP dalam membantu petugas. Dwi yakin, bahwa kegiatan semacam ini tentu tidak lepas kesuksesannya dari peran kader dalam menggerakan masyarakat.

Hal tersebut diamine oleh Suka Priyana, Koordinator PKB Ponjong. Menurut Suka, adanya operasional bagi kader IMP sangat membantu untuk menyemangati kader dalam mensukseskan program KB, khususnya dalam hal ini untuk menggerakkan masyarakat ikut program KB. “Saya merasakan sendiri, dengan adanya operasional bagi IMP, saya lihat para kader IMP sangat bersemangat dalam bekerja, khususnya mencari calon akseptor. Dan ini, tentu saja berdampak bagi keberhasilan program KKBPK di Ponjong,” ujar Suka.

Suka menambahkan, bahwa bagi para calon akseptor dari desa-desa yang jauh dan pelosok, dari BPKB menyediakan mobil antar jemput, yakni mobil antar jemput milik DP3AKBPM dan D Gunungkidul, dengan supir Karman ditemani PKb Jamingan. Ada 4 desa yang mendapat fasilitas jemputan, yakni Umbulrejo 32 calon akseptor, Sawahan 14 calon akseptor, Bedoyo dan Gombang 17 calon akseptor.


PKB Kusumanto Dewobroto menyebutkan, bahwa kegiatan bhaksos kali ini berjalan sukses dan lancer, dan Alhamdulillah menghasilkan pemasangan IUD sebanyak 25 akseptor, implant 102 akseptor, sehingga total 127 akseptor.

Kepala DP3AKBPM dan D Gunungkidul, Sudjoko, SSos, MSi, yang hadir dalam even tersebut mengapresiasi suksesnya kegiatan hari ini. “Tetapi saya berpesan, agar petugas RR kecamatan memasukkan data tersebut ke laporan bulanan, biar bisa berdampak ke capaian. Saya yakin, dengan hasil bhaksos hari ini ada tambahan PA dan PB di Ponjong,” kata Sudjoko.(*) [Sabrur Rohim/Suka Priyana, Ponjong]


0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine