Camat Playen Mengajak Masyarakat Membiasakan Bergaya Hidup Sehat

Jumat (26/10) bertempat di Lapangan Cemoro Jajar Desa Ngunut telah dideklarasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Acara dihadiri oleh Muspika Playen, pejabat Dinas Kesehatan Gunungkidul, pimpinan dinas instansi se-Kecamatan Playen, kepala desa, Institusi Masyarakat Pedesaan (Kader KB Kesehatan), dan masyarakat umum. Acara diawali dengan senam massal yang diikuti sekitar 280 peserta. Dalam acara ini ditampilkan juga Tarian Cuci Tangan oleh siswa-siswi SD Negeri Playen I.


Dalam sambutannya Camat Playen mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga ketahanan keluarga melalui  kesehatan dengan cara menjaga bergaya hidup yang menjauhi resiko sakit, seperti untuk beraktivitas olah raga harian dan tidak lupa melengkapi makan dengan asupan buah setiap harinya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi GERMAS oleh Pimpinan Lembaga Pemerintah Tingkat Kecamatan yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan  yang diikuti oleh semua peserta. Kampanye Germas dimeriahkan dengan makan buah pisang, jeruk, salak dan anggur secara bersama-sama.

Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kartini, MKes, dalam sambutannya menyampaikan ajakan pada masyarakat Playen untuk selalu bergaya hidup sehat. Menurut beliau penyakit yang merebak dimasyarakat bergeser ke penyakit degeneratif, seperti hipertensi, stroke, jantung gula darah dsb. Jenis penyakit ini hanya bisa dicegah manakala kita bergaya hidup sehat, dengan melakukan hal-hal berikut:
1.  Membiasakan setiap hari beraktivitas fisik minimal 30 menit
2. Membiasakan untuk makan buah disamping makan ikan dan sayur
3. Membiasakan untuk selalu mengecekkan kesehatan secara berkala
4. Membiasakan diri untuk menghindari paparan asap rokok.


Deklarasi GERMAS diakhiri dengan pembagian doorprize dan dimeriahkan dengan hiburan nyayian elektone. (*) [Drs Edy Pranoto, Playen]
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine