Naryadi: "Pembinaan Anak dan Remaja Juga Bisa Melalui Olahraga..."

Awal September 2018 , dalam rangka Hari Olah raga Nasional diselenggarakan Turnamen Sepak Bola tingkat SD/MI se-Kabupaten Gunungkudul. Penyelenggaranya adalah Keluarga Besar SMP 1 Ngawen yang sekaligus SMP yang ada kelas  olahraganya. Dilaporkan oleh Kepala Sekolah, Chatarina Maryuni Tri Suatmini,S.Pd, bahwa kegiatan tersebut merebutkan Piala Bupati Gunungkidul, dengan tujuan untuk memberi kegiatan anak didik dari tingkatan SD/MI, untuk mengurangi kenakalan anak dan remaja dan juga mempererat persahabatan antar pelajar khususnya anak didik SD/MI yang ada di Gunungkidul. Selain itu, even ini juga dalam rangka mencari bibit unggul di olah raga khususnya sepakbola.

Turnamen sepak bola antar SD/MI ini diikuti oleh beberapa SD/MI di Gunungkidul, antara lain SD dari Semanu, SD Muhammadiyah Siraman, Wonosari, SD Gajasari Nglipar, MI Nglipar, SD Bendung II Semin, dan sebagian SD/MI yang ada di Ngawen. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 5 hari, mulai hari Rabu (5/9) sd Minggu  (9/9), bertempat di Lapangan Kampung Ngawen.

Adapun para wasit di babak penyisihan adalah Naryadi, SSos (PKB Ngawen), Ricard, S.Pd, wasit Persig (guru), dan Widodo, SPd, dari Wonogiri (guru). Final dilaksanakan Minggu pagi dengan wasit Yudhong (Persig). Sehabis pertandingan final, dilaksanakan langsung upacara Haornas bertempat di Halaman SMPN 1 Ngawen dengan pembina upacara dari Dinas Pemuda dan Olahraga, Drs Bahron Rosid. Beliau juga sekaligus  menyerahkan piala dan sejumlah uang pembinaan dari panitia penyelenggara. Adapun Juara I adalah SD Sambeng 1, mendapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp 750.000,00. Juara II SD Purworejo dapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp 500.000,00. Untuk Juara III adalah SD Muhammadiyah Siraman Wonosari mendapat Piala dan uang pembinaan Rp. 250.000,00.

Adapun untuk juara IV di duduki SD Ngawen I mendapat piala dan juga uang pembinaan. Masih ada juga hadiah untuk pemain terbaik, yakni Deni dari SD Muhammadiyah Siraman Wonosari mendapat uang pembinaan sebesar Rp 200.000,00. Top scorer diraih oleh Rendi Permana dengan 9 gol dari SD Sambeng 1.

Sabtu (8/9), sehari sebelum final juga diselenggarakan lomba lari 5K, yang diikuti oleh anak-anak SMP dan SD/MI seluruh Gunungkidul, dengan start dan finish di halaman SMP 1 Ngawen.

PKB Ngawen, Naryadi, SSos, yang juga diplot sebagai salah satu wasit pertandingan penyisihan, sangat  mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan seperti ini sangat penting, sebab selain rutinitas dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional, secara tidak langsung juga mendidik anak-anak untuk menghindari kenakalan remaja dan anak. Mereka akan terbiasa untuk menyalurkan energi dan pikiran kepada kegiatan-kegiatan positif. Even seperti ini juga bisa mendukung kegiatan Bina Keluarga Remaja dan nantinya bisa meneruskan kegiatan di PIK-R. Sekarang alhamdulillah ada PIK-R yang aktif, yakni di SMK Sanjaya Ngawen,” ujar Naryadi.(*) [Naryadi & Suhartaja, kotributor Ngawen]


0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine