Suginem, Kartini 'Zaman Now' dari Tepus



      Sosok Kartini pasti tidak akan lepas dari ingatan setiap kaum perempuan di Indonesia, karena jasanya sangat dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan dalam kesetaraan gender.  Gender yang dimaksud adalah bagaimana perempuan juga dapat berperan dalam bidang  sosial, ekonomi, kemasyarakatan, pendidikan, politik dan setiap bidang kehidupan tanpa dibedakan. Perempuan juga memiliki hak yang sama dalam mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan kehidupan keluarganya menjadi lebih baik. Perjuangan Kartini masa kini tentunya tidak dapat disamakan dengan perempuan zaman dahulu. Perempuan saat ini dapat menjadi sosok yang inspiratif bagi lingkungannya dengan memberikan kemanfaatan bagi orang-orang disekitarnya terutama keluarganya.

Suginem, atau lebih familier dengan nama bekennya “Mbak Jebrik”, adalah sosok perempuan paruh baya yang berusia 52 tahun. Ia terlahir dari keluarga yang kurang mampu dengan kondisi lingkungan geografis dari dusun berkategori terpencil kala itu, tepatnya di Dusun Karanggebang, Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus. Terlahir enam bersaudara dengan kondisi keluarga yang pas-pasan tidak membuat Suginem menjadi sosok yang rapuh. Beruntung bagi Suginem karena memiliki saudara yang peduli dengannya dengan membantu biaya sekolah saat itu, sehingga bisa mengenyam bangku SMA yang oleh masyarakat Padukuhan Karanggebang kala itu sudah merupakan sebuah keniscayaan. Dari keenam saudaranya, hanya Suginemlah yang dapat menikmati manisnya pendidikan sampai dengan tingkat SLTA, karena saudara yang lain bahkan ada yang tidak tamat sekolah dasar.
Tahun 1990, di usia 25 tahun, Suginem mengakhiri masa lajangnya dan menikah dengan Adung, lelaki asal Jawa Barat, hasil perkenalanya saat di perantauan. Tahun 1991 lahirlah anak pertamanya yang bernama Abdul Rosyid, dan di sinilah awal perjalanan hidup penuh liku ia lalui. Suami yang tetap bekerja sebagai pekerja serabutan di Jakarta tak mampu lagi menopang biaya hidup keluarga, sampai akhirnya lahir anak keduanya yang bernama Rifai Abdul Qohar. Masa sulit semakin dialami oleh Suginem karena harus membiayai kedua buah hatinya. Akhirnya Suginem memutuskan untuk menjadi pedagang barang bekas atau “rongsok” untuk mencoba mengais rezeki bagi kelangsungan hidup keluarganya.
Awal memulainya hati Suginem mengalami perang batin antara khawatir tidak berhasil, malu, dan kasihan pada anak-anaknya. Namun semua bisa ia tepis kala melihat wajah anak-anaknya dan merajut masa depan bagi anak-anaknya kelak. Saat menjalani usaha ini, Suginem sering meneteskan air mata merasa sedih karena harus berjalan dengan kedua anaknya mencari barang bekas. Setelah beberapa tahun menjalani peran sebagai penjual barang bekas dan hasilnya tidak maksimal karena hanya ia jalani dengan jalan kaki dan melihat peluang yang lain, akhirnya memutuskan untuk menjadi pedagang sayur keliling.
Saat itu belum ada pedagang sayur keliling sehingga pendapatan Suginem mampu membantu mencukupi kebutuhan  anak-anaknya untuk biaya makan dan biaya sekolah. Suami pun memutuskan untuk pulang kampung dan membantu Suginem berjualan keliling.
Bukan hal yang mudah bagi kebanyakan orang untuk bisa berdagang sayur keliling tanpa fasilitas kendaraan seperti Suginem. Ia harus belanja sayuran jam 02.00 WIB malam ke pasar yang berjarak 7 km dari rumahnya kemudian menjajakannya di pagi hari dengan berkeliling di wilayah padukuhan tetangga yang jaraknya 2-4 km dari rumahnya. Semangat ibu Suginem inilah yang juga mengilhami anak-anaknya untuk tetap bersemangat melanjutkan sekolah demi mengejar cita-cita mulia keluarga yaitu anak harus lebih tinggi pendidikannya dibandingkan orangtuanya.
Kehidupaan Suginem dengan berjualan sayur keliling memang tidak serta merta membuat kehidupan Suginem terbebas dari masalah ekonomi yang membelitnya, karena kebutuhan hidup dari tahun ke tahun. Tantangan untuk menjadikan anak-anaknya memiliki kondisi yang lebih baik dibandingkan dirinya ia rasakan semakin berat, namun itu tidaklah menurunkan semangat Suginem untuk terus berupaya. Hasil dari jualan sayur kelilingnya ia sisihkan sebagian dan setelah terkumpul Ia belikan kambing untuk cadangan biaya pendidikan anak-anaknya. Awalnya Ia membeli anak kambing karena uang yang terkumpul tak mampu membeli kambing dewasa.
Suginem mendidik anak-anaknya dengan disiplin dan tanggungjawab. Dia membiasakan anak-anaknya bekerja keras sejak dini dan pantang menyerah. Semua anak-anaknya setelah sekolah diberi tanggungjawab untuk mencari rumput di mana memang anak seusia mereka layaknya anak yang lain setelah sekolah bermain-main dengan teman sebayanya. Tetapi anak-anak Suginem juga tidak melewati masa bermainnya dengan bekerja saja, mereka sudah dapat mengatur waktu dengan mengambil rumput lebih awal sehingga masih dapat bermain dengan teman sebayanya di kampung.
Abdul Rosyid anak pertamanya dikaruniai kecerdasan otak yang lebih dibandingkan dua saudara lainya. Sejak SD ia menjadi juara kelas, kemampuan di bidang akademis dan keagamaan juga sangat baik dan sering mewakili perlombaan di tingkat kecamatan bahkan sampai tingkat kabupaten. Dan ia diterima sebagai siswa SMK N 1 Wonosari. Karena jarak antara sekolah dengan rumah tempat tinggalnya yang cukup jauh yaitu 20 km dan tidak ada angkutan yang masuk sampai ke wilayah Padukuhan Karanggebang, maka ia pun harus ngekos di Kota Wonosari.  Karena tidak ada fasilitas kendaraan dikeluarga ini, setiap senin pagi pukul 04.30 ayahnya mengantar Abdul Rosyid untuk mendapatkan angkutan dengan jalan kaki sejauh 4 km bahkan kadang-kadang sampai 7 km jalan kaki baru mendapatkan angkutan. Ini dijalani selama 3 tahun. Kegigihan orangtua, gayung bersambut dengan semangat sang anak sehingga menjadi sebuah energi yang luar biasa untuk menumbuhkan semangat juang.
Kondisi serba kekurangan tidak mematahkan semangat Suginem juga Abdul Rosyid untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan modal “keyakinan” bahwa rezeki akan datang jika anak dan orangtua memiliki semangat yang kuat, Abdul Rosyid pun mengikuti seleksi diperguruan tinggi Negeri di Yogyakarta, namun nasib belum berpihak padanya dan dia melanjutkan kesalah satu Universitas swasta yaitu UAD dan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Perjuangan tidak berakhir sampai disini, biaya kuliah yang tidak sedikit semakin membuat Ibu suginem tertantang untuk terus berusaha dia pun lebih bersemangat lagi dalam bekerja baik berdagang sayur keliling, mengembangkan ternak kambingnya dan bertani. Kambingnya mulai berkembang dan dapat untuk membeli seekor sapi.
Selama kuliah Abdul Rosyid yang memang sudah diajari sejak kecil dengan hidup sederhana dan kerja keras, dia tinggal disebuah masjid wilayah Pakel Yogyakarta dengan mengurusi kegiatan masjid sehingga dapat mengurangi beban biaya kos, selain itu dia juga sambil bekerja di warnet untuk dapat membantu biaya makan sehari-hari. Kondisi ini tidak lantas membuat Abdul Rosyid menjadi minder, dia justru aktif dikegiatan keorganisasian yang ada di kampusnya. Setelah lulus kuliah Abdul Rosyid kemudian bekerja di sebuah BMT yang cukup bonafid di Yogyakarta kemudian menikah dan mampu membiayai kehidupan keluarganya secara mandiri. 
Anak kedua dari Ibu Suginem tak jauh beda dari anak pertama, memiliki semangat yang luar biasa. Pada saat sekolah di sebuah SMK di Kecamatan Tepus dia hanya menggunakan sepeda onthel, padahal jarak yang ditempuh mencapai 12 km dari rumah. Tetapi itu tidak membuat patah semangat dalam belajar, meskipun secara kecerdasan tidak seperti kakaknya. Setelah lulus dari SMK ia tak segera melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena pada waktu itu kakaknya belum selesai kuliah dan melihat kondisi orangtuanya jelas tidak mampu membiayai. Ia pun memutuskan untuk bekerja di perusahaan perakitan motor di Karawang. Selama dua tahun bekerja gajinya ia belikan sapi untuk biaya saat dia melanjutkan kelak dan sepeda motor untuk fasilitas bagi keluarganya. Setelah kakaknya selesai kuliah, dia kemudian melanjutkan kuliah disebuah perguruan tinggi swasta dengan mengambil jurusan Psikologi untuk kelas karyawan agar dia bisa tetap sambil bekerja untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliahnya. Dia bekerja sebagai tenaga relawan sebuah lembaga bisnis, selain itu semangat dagang Suginem telah menjiwai anak keduanya ini dengan menjalankan bisnis jual beli motor bekas secara online. Penghasilannya pun lumayan untuk mencukupi kebutuhan kuliah dan membantu keuangan orangtua. Setiap bulan rata-rata penjualan 10 sampai dengan 20 unit sepeda motor bekas.
 Demikianlah, kerja keras juga telah menjiwai anak ketiga dari Ibu Suginem ini, kadang-kadang jika bertepatan dengan hari minggu atau libur anak ketiganya ini membantu berdagang sayur keliling dan mencari rumput untuk
Perlahan perekonomian Suginem membaik. Ternaknya kini berkembang menjadi 20 ekor kambing dan seekor sapi. Pada 2014 sudah mulai sedikit demi sedikit merenovasi rumahnya menjadi bangunan yang permanen dengan luas yang sangat memadai. Prinsip hidup dari Suginem yang begitu isnpiratif adalah: “Bondho kui ana ilange, tapi yen ilmu ora bakalan ilang, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, “harta itu bisa hilang, tetapi ilmu tidak akan pernah hilang. Prinsip hidup ini yang menjadi cambuk bagi Suginem untuk terus memotivasi dirinya dan anak-anaknya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dan prinsip hidup yang terpatri kuat ini membuat Suginem bisa melewati cibiran dari beberapa orang yang pesimis kalo mampu menguliahkan anak-anaknya. Di wilayah tempat tinggal Suginem  kuliah menjadi sesuatu yang sangat prestisius karena hanya ada 3 keluarga yang dapat menguliahkan anaknya.  Sedangkan pitutur luhur yang dianut Suginem adalah “urip kui penting cukup, ora kudu mewah”, artinya, hidup itu yang penting cukup tidak harus mewah.

Mindset Suginem terhadap anak ialah bahwa anak adalah mutiara yang harus dijaga, memiliki anak yang taat, sayang kepada orangtua dan paham akan ilmu agama menjadi harapan bagi keluarga Suginem. Bagi dia perempuan harus berperan dalam membantu kehidupan keluarganya, karena keberhasilan keluarga bukan tanggungjawab seorang suami semata. Ia juga tidak melewatkan kegiatan sosial kemasyarakatan yang ada di wilayahnya seperti arisan, pertemuan dasawisma, kerja bhakati, dan tilikan orang sakit.

Pendapat Suginem tentang Program Keluarga Berencana ialah program ini sangat baik dan sesuatu yang direncanakan dengan matang akan menghasilkan sesuatu yang optimal. Terbukti dengan pengaturan jarak anaknya yang ideal.  Selain itu, baginya, program Keluarga Berencana merupakan salah satu upaya untuk mencapai derajat kesehatan yang baik.(*) [dwi listyandari-tepus/dwiarti novitasari-wno/sabrur-girisubo]
0 Viewers

Post a comment

11 Comments

  1. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    ReplyDelete
  2. Di dalam Islam Allah mengajarkan kepada kita bagaimana memberi yang terbaik terutama ketika tetangga Anda dalam kebutuhan keuangan, karena kami dan seluruh staf RAMADHAN ISLAMIYAT LOAN FIRM sampai pada kesimpulan bahwa kami harus menyediakan bantuan keuangan bagi mereka yang berada di keuangan kebutuhan seperti mereka yang membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis mereka yang membutuhkan uang untuk proyek yang sangat tinggi didirikan dan kami memberikan pinjaman kepada semua saudara muslim dan saudari kita dan juga untuk non muslim seperti Mashallah {ما شاء الله}

    Mata uang kami berkisar dari {$, IDR, RM, €, £} ke mata uang lainnya dan semuanya sesuai dengan peraturan Dana Moneter Internasional {IMF} untuk transfer uang sehingga cukup untuk mengatakan bahwa kami sepenuhnya berlisensi untuk mengoperasikan dan bertransaksi bisnis dalam mata uang apa pun di dunia, silakan hubungi kami {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}
       Apakah Anda berutang harap menghentikan kepanikan proses kami di sini sangat cepat dan cepat karena Anda dapat membayar semua hutang terutang Anda dalam waktu 48 jam setelah melamar
    RAMADHAN adalah semua tentang kekudusan sehingga kita tidak menipu atau menipu semua yang perlu Anda lakukan hanya bagi Anda untuk memiliki penghasilan stabil juga harus ada sarana di mana Anda dapat mengidentifikasi diri Anda {KTP} dan kemudian Anda harus memiliki Bank akun di mana Anda ingin kami menyimpan email uang ::::: {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}

        Proses di sini tidak rumit, melainkan sangat cepat dan fleksibel

    Wa 'alaykum al-salaam {وعليكم السلام}

    ReplyDelete
  3. Kami menawarkan pinjaman dengan persyaratan yang sangat fleksibel Suku bunga kami bervariasi tergantung pada jumlah yang diminta dan jangka waktu penyelesaian Suku bunga kami relatif rendah dan bervariasi antara 1% dan 1,60%. Pilih Personal Loan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga tetap. Antara 1% dan 1,60% itu tidak berubah selama masa pinjaman Anda Anda yang memilih jumlah dan waktu yang paling sesuai untuk Anda Dengan Personal Loan, Anda dapat meminjam sejumlah € 3.000 hingga € 5.000.000 selama periode 12 sampai 240 bulan

    Kami mendukung pendanaan proyek Anda seperti pembangunan rumah Anda, kantor, peternakan, kami mendukung rencana perjalanan Anda, perusahaan Anda, atau proyek yang Anda butuhkan untuk pendanaan eksternal.

    Kami memberikan pinjaman untuk individu: pinjaman pribadi untuk konsumsi, pinjaman immobillier, pelunasan kredit, penebusan utang untuk memenuhi semua utang Anda menjadi satu pinjaman, pinjaman pendidikan bagi siswa, siap membiayai pembelian mobil Anda.


    Company:RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
    Address:110 2 Ave SW, Calgary, Alberta, France
    Phone/WA:+2348050300854
    E-mail:(ramadhanislamiyatloans@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  5. Selamat siang, warga negara saya yang hebat di indonesia nama saya Audrey Rizki dan saya tinggal di sini di Indonesia. Saya dan suami saya pergi ke hutang besar kepada debitor dan bank dan kami mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman di internet tetapi semuanya tidak berhasil. alih-alih, mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan penderitaan. mereka merobek kami dan sulit bagi kami untuk mendapatkan uang dan akhirnya meninggalkan kami rusak dan kering sampai saya datang akro dengan kesaksian di internet tentang perusahaan pinjaman cheryl martins dan saya menghubungi Ms. Cheryl Martins, dia menawarkan pinjaman meskipun di awalnya saya takut itu akan berakhir seperti pinjaman perusahaan lain yang saya temukan tetapi dia tidak seperti mereka. ia menawarkan kepada saya jumlah pinjaman sebesar Rp 350.000.000,00 dan dengan tingkat bunga 1% dan setelah proses akhir permohonan pinjaman saya, pinjaman saya ditransfer ke rekening bank saya beberapa jam setelah permohonan. Sangat mengejutkan bagi saya bahwa suami saya meminta saya untuk juga mengajukan pinjaman untuknya dan ibu yang setia mengejutkan kami berdua, Dia juga setuju untuk meminjamkan suami saya dan sekarang kami akhirnya melunasi hutang kami dan memulai bisnis kecil dengan pinjaman kami .
    Saya harap Anda semua tahu bahwa ada penipu palsu ada di sini di internet dan Anda harus sangat berhati-hati, silakan jika Anda membutuhkan pinjaman yang sesuai dan dapat diandalkan hubungi Ny. Cheryl martins melalui email berikut.
    cheril.martinsloanfirm@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan dan saran lebih lanjut tentang cara mengajukan pinjaman dari Ms. Cheryl martins audreyrizki50@gmail.com

    ReplyDelete
  6. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Halo semua,
    Nama saya nur syarah, saya dari kota Bogor, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak pemberi pinjaman di sini semuanya penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka bertanya lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua berbeda perempuan di Filipina, saya harap saya akan bertemu orang yang tepat, tetapi saya tidak.

    Tuhan adalah kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapatkan pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Margaret pedro, CEO perusahaan pinjaman Margaret, dan saya mengajukan permohonan 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari menjadi miskin.

    jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, hubungi ibu Margaret hari ini saya jamin, Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan. Semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  9. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  10. Hubungi kami:
                                    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
                                      WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                        Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
  11. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine