Deputi KB-KR BKKBN Pusat: "Untuk Ketahui PUS Sasaran, Singkronkan Data PK15 dengan Laporan Rutin Bulanan!"

      Bertempat di Ruang Kencana BKKBN DIY, dalam acara pembinaan dan pengarahan kepada PKB se-DIY, Deputi KB-KR BKKBN Pusat, Dr Ir Dwi Listyawardani,  MSc,  Dip Com, menyampaikan data bahwa pencapaian PB (peserta baru) di DIY secara prosentase rendah jika dibandingkan dengan pencapaian di daerah lain.

      "Di sini saya bertanya kepada PKB semua, apakah seluruh PUS sudah didata secara valid?  Itu menjadi tugas penting kita. Setiap bulan kita juga sudah melaporkan F/1/Dallap. Saya sarankan, harusnya hasil pendataan keluarga (PK15) disingkronkan dengan data F/1/Dallap. Harusnya jumlahnya sama. Jika tidak sama, itu akan membingungkan kita untuk mencari PUS sasaran. Saya jumpai di beberapa wilayah, PKB enggan menyamakan hasil PK15 dengan F/1/Dallap. Kalau sudah begitu, bagaimana kita bisa tahu PUS sasaran kita yang sebenarnya?" kata Dwi.

      Dwi melanjutkan, bahwa sekian lama ini pencapaian kita rendah, jangan-jangan karena kita mengacu kepada data yang salah tentang jumlah PUS sasaran. Kita merasa nyaman bahwa jumlah PUS sasaran kita ternyata sedikit, sehingga tidak serius dalam mencari PB di wilayahnya. Padahal, bisa jadi seungguhnya banyak jumlah PUS sasarannya. "Hanya saj, kita mengacu pada data yang keliru tentang jumlah PUS sasaran (jumlahnya sedikit, --red.). Maka, sekali lagi saya minta data PK15 dengan data F/1/Dallap dan F/2/KB disingkronkan," tegas Dwi.

      "Yang penting lagi, PKB jangan hanya melihat rekap F/1/Dallap, harus dilihat data-data turunannya dari kader di tingkat desa dan dusun, lalu disinkronkan," sambung Dwi.

      "Jika ternyata hasil singkronisasi menunjukkan PUS sasarannya memang rendah, jangan merasa nyaman. Justru tugas berat Anda selanjutnya adalah mempertahankan PA-nya, jangan sampai droup out. Mencari PB relatif mudah, yang terberat adalah bagaimana menjaga PUS peserta aktif agar tetap ikut KB," pungkas Dwi.(*) [sabrur r soenardi, girisubo]

0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari kita bersama kita sinkronkan data. Agar arah program jadi jelas, dan dapat dievaluasi secara tepat.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine