Meski Baru 39 Tahun, Eko Suharno Mantap Ikut Vasektomi

Perempuan ikut KB itu, sih, sudah biasa. Tetapi, kalau lelaki ikut KB, itu baru luar biasa...! Mungkin, ungkapan seperti itulah yang patut diberikan kepada Eko Suharno, warga Dusun Cremo RT 04 RW 04 Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, DIY.
Pria kelahiran 39 tahun yang lalu itu tak tanggung-tanggung, dia punya anak 8 orang, terdiri dari 5 perempuan dan 3 laki laki. Anak terkecil usia 1,5 bulan. Kondisi keluarganya juga sangat sederhana. Melihat kondisi seperti ini, Drs B Totok Hendrastara, PKB Desa Tegalrejo, Gedangsari, segera tanggap apa yang harus dilakukan.

Eko Suharno (kiri, baju batik) bersama PKB Gedangsari, Totok Hendrastara

Melalui pelbagai pendekatan yang cukup lama dan konseling oleh Totok Hendrastara, Eko Suharno akhirnya sepakat ikut KB MOP atau vasektomi. Sang istri pun, yakni Indri, menyetujuinya, karena mereka sudah sepakat tidak ingin punya anak lagi. “Walau usia saya belum genap 40 tahun, tapi saya mantap, Pak. Anak saya sudah banyak. Kami sudah kerepotan punya anak sebanyak itu. Apalagi istri juga sudah mantap. Kasihan juga istri saya jika harus hamil dan bersalin lagi. Sebenarnya kami juga tidak nyangka anaknya sampai 8. Tetapi bagaimana lagi, Tuhan memberinya banyak,” ujar Eko saat ditanya kesiapannya ikut MOP beberapa hari lalu.

Dan, begitulah, Rabu (19/7) kemarin akhirnya Eko Suharno menjalani operasi MOP  di RS dr Sutarto/DKT Yogyakarta, diantar oleh PKB desa Tegalrejo, Drs B Totok Hendrastara. Operasi berjalan sukses dan lancar. Awalnya Eko sedikit takut dan ragu, terbayang jangan-jangan terasa sakit saat operasi. Tetapi, Eko justru merasakan sebaliknya. “Alah, Pak, ternyata tidak sengeri apa yang dibayangkan. Hanya sebentar saja ternyata operasinya, dan tidak merasa sakit yang sangat. Hanya sakit sedikit saja, dan cuma sebentar. Setelah selesai, sakitnya hilang. Hanya saja, memang tadi agak bermasalah. Biusnya kurang, jadi agak sakit, lalu oleh pak dokternya ditambahi,” pungkas Eko.

Selamat, Pak Eko. Semoga tetap sehat, dan istri tambah mesra, ya. (*) 

Totok Hendrastara (kontributor Gedangsari)

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine