BPKB Ponjong Gelar Pertemuan TPK Dalam Rangka Persiapan Verval KRS 2024

Oleh: Suka Priyana, SSos (PKB Kap Ponjong)

PONJONG | Pada hari Selasa pagi, 23 April 2024, suasana di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, menjadi semarak dengan adanya pertemuan yang diadakan untuk mempersiapkan verval KRS (keluarga riskio stunting). Pertemuan ini menjadi momentum penting dalam rangka memastikan bahwa persiapan untuk kegiatan verval KRS berjalan lancar dan efisien.

Dalam pertemuan tersebut, hadir peserta dari unsur TPK (tim pendamping keluarga) yang akan berperan sebagai kader pendata verval (verifikasi dan validasi) data KRS. TPK ini akan menjadi tulang punggung dalam proses verifikasi dan validasi data keluarga beresiko stunting. Setiap kalurahan diwakili oleh satu petugas pendata verval KRS, yakni kader TPK, hadir dalam acara tsb. Informasi yang diperoleh dari pertemuan persiapan ini harapannya diteruskan ke segenap kader TPK, di mana mereka bertanggung jawab untuk melakukan pendataan ulang terhadap keluarga beresiko stunting serta memasukkan keluarga baru yang belum terdaftar dalam verval KRS.

Dalam pengarahan dan presentasinya, Tutik Uswatun Khasanah, PKB Ponjong, menegaskan bahwa verval KRS sendiri merupakan kegiatan yang sangat penting, karena bertujuan untuk melakukan verifikasi dan validasi data keluarga beresiko stunting. 

"Sasaran dari kegiatan verval KRS meliputi pasangan usia subur (PUS) yang sedang hamil, keluarga dengan bayi baru lahir (usia 0 sampai 23 bulan), dan keluarga dengan balita (usia 24 sampai 59 bulan). Namun, perlu dicatat bahwa PUS yang tidak hamil, tidak memiliki anak usia 0-23 bulan, atau tidak memiliki anak usia 24-59 bulan tetap menjadi sasaran pendampingan jika masuk dalam kategori keluarga beresiko stunting," kata Tutik.

Proses pengumpulan data dan pemutakhiran verval KRS 2024 dilakukan melalui aplikasi Siga-Verval berbasis Android atau menggunakan Aplikasi SIGA berbasis web, yang merupakan integrasi dari beberapa aplikasi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melakukan pembaruan data kependudukan melalui verifikasi dan validasi data keluarga beresiko stunting.

Menurut Suka Priyana, SSos, Koordinator PKB Kapanewon Ponjong, kegiatan verval KRS dilaksanakan mulai tanggal 23 April 2024 hingga 31 Mei 2024 di wilayah kerja masing-masing kalurahan yang menjadi lokus pelaksanaan verval KRS. Para kader pendata diharapkan untuk melakukan pendataan secara langsung dengan mengunjungi rumah sasaran. Kunjungan langsung ini diharapkan dapat menghasilkan data yang akurat dan jelas, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, tegas Suka, bagi kader pendata verval yang mengalami kesulitan dalam melakukan pendataan, mereka dapat langsung menghubungi PLKB atau datang langsung ke BPKB Kapanewon Ponjong. 

Antusiasme peserta dalam kegiatan ini terlihat cukup baik, menunjukkan komitmen mereka dalam menjalankan tugasnya dengan baik.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine