Rapat Kerja Pokja Kampung KB Ngunut Berhasil Susun Program Kerja Tahun 2024

Oleh: Drs. Edy Pranoto (PKB Kap Playen)

PLAYEN | Rapat kerja Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berkualitas Kalurahan Ngunut berlangsung pada hari Jumat (26/01), mulai pukul 09.00 - 11.30 WIB, di ruang pertemuan Balai Kalurahan Ngunut, Kapanewon Playen. Hadir pada rapat ini seluruh Pokja Kampung KB, kader KB, unsur PKK, ketua TPPS Kalurahan, PKB dan pembantu PKB, serta unsur Pemuda Pelopor Pembangunan.

Lagu kebangsaan "Indonesia Raya" disusul dengan mars "Keluarga Berencana" dilantunkan oleh semua peserta sebagai pertanda pembuka acara rapat kerja Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berkualitas di Kalurahan Ngunut di awal tahun 2024 ini.

Achmad Affandi, SH, mewakili Bidang Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Pokja Kampung KB yang telah berbakti melaksanakan program Bangga Kencana. Melalui kegiatan Bangga Kencana, diharapkan mampu mendongkrak derajat kesejahteraan masyarakat Ngunut.

Hadir pada kesempatan ini, Ny Rukmiyati, AMd Keb, selaku ketua Tim Penggerak PKK Kalurahan Ngunut, menyampaikan pesan agar kader IMP di masing-masing padukuhan saling menjaga kerukunan serta bisa bekerja secara gotong royong dalam melaksanakan program, baik bidang kesehatan, KB, maupun kegiatan PKK.

Sementara itu, Drs Edy Pranoto selaku PKB Pembina Kampung KB menyampaikan tugas pokok fungsi masing-masing Pokja Kampung KB, mulai dari Pokja I Seksi Penyediaan Data Keluarga dan Dokumen Kependudukan, Pokja II Seksi Perubahan Perilaku Keluarga, Pokja III Seksi Peningkatan Cakupan Layanan dan Rujukan Pada Keluarga, hingga Pokja IV Penataan Lingkungan Keluarga dan Masyarakat. Diharapkan agar semua anggota Pokja bisa menjadi marketing melalui pelaporan intervensi dan perkembangan Kampung KB di website Kampung KB. Pak Edy, sapaan akrabnya, berharap agar data yang ada di Kampung KB mampu untuk mempromosikan potensi, program kemajuan Kampung KB Ngunut, yang pada akhirnya bisa menjadi daya tarik bagi pihak luar untuk menjalin kemitraan dalam pembangunan ke depannya.

Pada kesempatan ini, disampaikan pula syarat-syarat yang harus segera disiapkan untuk persiapan dibukanya Sekolah Lanjut Usia yang rencananya di-launching pada awal Februari 2024 oleh Perwakilan BKKBN DIY.

Di akhir paparannya, Pak Edy juga menyampaikan progres status gizi balita, ibu hamil, serta kesertaan KB, yang mana kondisi masyarakat Ngunut di semua item dalam keadaan baik. Misalnya, capaian kesertaan KB aktif sudah di atas 65%, kasus gizi buruk tidak ada, balita kurus memperoleh PMT ada 8 dan semua kondisinya sudah membaik, bayi lahir rendah angkanya 1 (12,5%), dan bayi lahir stunting hanya ada 1 (12,5%).

Ria Mufidah, SE, selaku pengelola data Kapanewon Playen, sekaligus sebagai pembantu pembina program KB (PPKBD) di Kalurahan Ngunut pada kesempatan ini menyampaikan refreshing proses pelaporan kegiatan Kampung KB di website Kampung KB, serta pemanfaatan data dari portal SIGA BKKBN. Melalui refreshing ini, diharapkan bagi kader baru akan mudah dalam memberikan kontribusi pelaporan kegiatan Kampung KB.

Pada rapat kerja Pokja Kampung KB yang dipimpin langsung oleh Ketua Kampung KB Ngunut telah dihasilkan beberapa program kerja, antara lain:

1. Semua kader yang duduk di masing-masing Pokja I, II, III, IV, selain melakukan tugas pokoknya masing-masing, wajib melaporkan kegiatan di secretariat, yang selanjutnya secretariat akan melaksanakan administrasi serta pelaporan di Website Kampung KB.

2. Semua kegiatan di masing-masing kelompok kegiatan mulai BKB, BKR, BKL, UPPKA, PIK-R, Posyandu, dan lainnya, agar ditingkatkan disisi administrasi pelaporan serta keterpaduan dengan lembaga lain di tahun 2024 ini. Masing-masing kader di Pokja berkewajiban melakukan monitoring dan evaluasi di masing-masing kelompok kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan.

3. Seksi Tatalaksana Lingkungan agar memasukkan kegiatan penataan sanitasi, pengadaan air bersih melalui Pamsimas, penanaman bibit tanaman keras oleh KPPS, semuanya bisa dimasukkan di website Kampung KB.

4. Melakukan penyisihan dana secara legal di setiap kegiatan Kampung KB yang teranggar, baik dari pemerintah, mitra kerja, serta CSR, dalam rangka penguatan komitmen bagi Pokja Kampung KB.

5. Diharapkan ada dukungan perhatian dari CSR, dalam hal ini dari perusahaan teh putih, 
Javanesia Bhakti Persona Sehat, baik dalam bentuk kemitraan program maupun bantuan pendanaan atau sarana lainnya.

6. Dilaksanakan kegiatan Yandu serentak yang dipusatkan di Balai Kalurahan Ngunut setiap tribulan sekali.

Pada akhir seksi dilakukan sosialisasi kesehatan serta MoU kemitraan bidang kesehatan melalui penyuluhan sosialisasi kesehatan di tingkat dusun antara Kampung KB Ngunut dengan perusahaan teh putih Javanesia Bhakti Persona Sehat, yang diwakili oleh Wahyu U.

Acara rapat kerja Kampung KB Ngunut ditutup tepat pukul 11.30 WIB dengan pembagian bingkisan berupa sabun cuci B-Light 500 ml dan minyak goreng Koki Sragen 900 ml bagi setiap peserta yang hadir. Semoga perubahan ini sesuai dengan harapan Anda. Jika Anda memiliki instruksi khusus lebih lanjut atau ada bagian tertentu yang ingin Anda fokuskan, beri tahu saya, dan saya akan dengan senang hati membantu.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine