Inovasi "Jumat Berkah Berbagi" Lintas Sektor Kapanewon Karangmojo Menyasar Kepada Keluarga Stunting

Oleh: Indhah Pratiwi (Pramusaji BPKB Karangmojo)

KARANGMOJO | Jumat (3/11), bertempat di Masjid Al Falah, Plumbungan, Gedangrejo, Karangmojo diadakan salat jumat berjamaah dari unsur lintas sektor Kapanewon Karangmojo yang memang disepakatai untuk terjun langsung kemasyarakat setempat. Evennya adalah Jumat Berkah. 

Untuk Jumat Berkah kali ini berbeda dengan Jumat Berkah minggu-minggu lalu. Jika minggu lalu Jumat Berkah diadakan dengan cara berbagi ke sesama bagi yang membutuhkan terutama lansia di wilayah tersebut, kini juga menyasar keluarga stunting untuk mendapatkan bingkisan berupa tambahan asupan gizi dan nutrisi bagi balita stunting. 

Jumat Berkah sudah berjalan 14x putaran dengan prioritas keluarga tidak mampu terutama lansia yang mendapat bingkisan, dan kini baru 1x putaran untuk inovasi penanganan stunting tingkat kapanewon. Rombongan Jumat Berkah di pimpin oleh Panewu Karangmojo, Kawit Raharjanto, SSos,MM. Kali ini bingkisan Jumat Berkah untuk keluarga stunting diberikan kepada keluarga Ris Hartono dan Ibu Sriyatin, alamat Plumbungan dan keluarga Andy Susanto, alamat Plumbungan.

Kawit Raharjanto sangat antusias mengapresiasi adanya inovasi penurunan stunting lewat Jumat Berkah guna memberikan bantuan kepada keluarga stunting. "Saya sangat berbangga dengan inovasi semacam ini. Karena dilandasi oleh keikhlasan dan ketulusan untuk mengharapkan keberkahan di hari Jumat melalui amalan yang mulia, yakni berbagi kepada yang membutuhkan. Tujuannya tidak lain supaya kasus stunting di Kapanewon Karangmojo menurun. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi wilayah lain, dan bisa terus berlangsung," kata Kawit.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat membantu pemenuhan gizi dan nutrisi pada balita stunting. Rencananya sasaran tidak hanya di Kalurahan Gedangrejo, nantinya akan menyasar ke seluruh kalurahan yang ada di Kapanewon Karangmojo. Jumat Berkah ini didanai dengan infak dari masing-masing instansi yang ada di Kapanewon Karangmojo, yang memang murni dilandasi niat berbagi dari hati nurani.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine