Roadshow Genre Goes to School di Kapanewon Tepus

Oleh: Dwi Lestyandari, AMd Gizi (PLKB Tepus)

TEPUS | Program Roadshow Genre Goes To School yang dilaksanakan oleh penyuluh KB Kapanewon Tepus merupakan upaya untuk memperkenalkan program GenRe ke sekolah-sekolah, terutama tingkat SLTP dan SLTA. Problematika remaja saat ini yang cukup kompleks akibat gempuran informasi dari berbagai media sosial tidak dapat dihindari, tetapi kita dapat membekali anak-anak remaja kita dengan memberikan edukasi dan pemahaman kepada mereka. Masih terdapat angka pernikahan dini serta kasus KTD yang menyebabkan anak putus sekolah. Itulah yang merangsang pemikiran penyuluh KB Tepus untuk kemudian melaksanakan kegiatan Genre Goes To School sebagai langkah kecil untuk membantu remaja agar mereka memiliki perencanaan hidup yang matang. 


Tingginya kasus stunting dan kebutuhan akan pencegahan sejak masa remaja juga menjadi latar belakang program ini di canangkan di Kapanewon Tepus dengan harapan mampu memberikan sumbangan tindakan preventif sejak dini.

Kegiatan GenRe Goes To School dilaksanakan mulai bulan September 2023 dengan sasaran 7 sekolah, terdiri dari 3 sekolah tingkat SLTA dan 4 sekolah tingkat SLTP, baik negeri maupun swasta. Kegiatan ini selain untuk memperkenalkan program GenRe kepada anak-anak sekolah agar sejak remaja mereka memiliki perencanaan yang matang terkait jenjang sekolah yang akan ditempuh, jenjang karier yang dicita-citakan, dan perencanaan usia perkawinan. 

Program GenRe Goes To School juga diharapkan memberikan pemahaman tentang TRIAD KRR sehingga remaja dapat terhindar dari pergaulan bebas yang menyebabkan KTD, pernikahan dini, dan penggunaan obat-obat terlarang. Selain itu, dalam program Genre Goes To School juga diberikan materi tentang pentingnya gizi bagi anak remaja dalam upaya mencegah stunting sejak usia remaja.

Program Genre Goes to School yang diinisiasi oleh penyuluh KB Kapanewon Tepus mendapatkan apresiasi dan dukungan dari pihak sekolah. Bahkan sekolah-sekolah ingin mengadakan MoU untuk kelanjutan program pembinaan di sekolah karena dianggap sangat membantu dalam mengisi kegiatan sekolah, menambah pengetahuan anak didik, dan menanamkan karakter. 

Dalam pelaksanaan kegiatan Roadshow Genre Goes To School, penyuluh KB melibatkan para Duta Genre yang ada di Kapanewon Tepus sebagai narasumber yang tentunya memberikan motivasi kepada teman-teman mereka agar memiliki semangat dalam sekolah untuk meraih cita-cita dan memiliki pemikiran yang global dalam kehidupan sehingga menjadi remaja yang kreatif, inovatif, cerdas, sehat, dan mandiri.

 Dengan melibatkan Duta Genre sebaya, diharapkan ini mampu memberikan dampak positif karena masa remaja adalah masa di mana mereka senang mengikuti tren, sehingga dengan mendatangkan role model dari Duta Genre, diharapkan dapat diikuti sebagai tren remaja yang keren.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine