Kampung KB Ngunut, Playen Gelar Kampanye Germas dan Launching Posyandu Nyawiji

Oleh: Drs Edy Pranoto (PKB Kap Playen)

PLAYEN | Sabtu, 5 Agustus 2023, mulai pukul 06.30 WIB, bertempat di Lapangan Cemoro Jajar, Padukuhan Ngunut Tengah, Kalurahan Ngunut, Kapanewon Playen diselenggarakan Kampanye GERMAS dan launching Posyandu Nyawiji.

Kegiatan yang diprakarsai oleh UPT Puskesmas Playen I ini bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Ngunut serta didukung oleh lintas sektor mitra kerja se-Kapanewon Playen mulai dari Forkompinkap, Korwilbidik, BPKB, UPT Puskesmas Playen II, dukuh se-Kalurahan Ngunut, serta TP PKK Kalurahan Ngunut.

Kegiatan lain yang dibarengkan adalah pemberdayaan penggerakan kader, dengan tajuk, "Gema Kadarzi Memang Dashat", yang diikuti oleh perwakilan kader sehat (posyandu) dan kader KB meliputi kader Kalurahan Gading sejumlah 30 personil, Kalurahan Logandeng 30 personil, Kalurahan banaran 27 personil, Kalurahan Bandung 24 personil, Kalurahan Playen 21 kader, Kalurahan Ngawu 12 kader, dan kader Kalurahan Ngunut sejumlah 11 personil.

Sesi pembukaan acara dimeriahkan dengan senam bersama yang diikuti oleh semua peserta, termasuk dihadiri pula dari perwakilan dari Dinas Kesehatan kabupaten Gunungkidul. Sesi ini diakhiri dengan minum jamu yang telah disediakan panitia.

Pukul 08.30 WIB, acara dilanjutkan dengan pengarahan Germas dan Posyandu Nyawidji yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr Dewi Irawaty, MKes. Disampikan Dewi, bahwa Germas dan Posyandu Nyawiji adalah bentuk komitmen kita untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, berkualitas, dan sejahtera. Masyarakat yang memiliki kesadaran akan pentingnya hidup sehat dalam setiap aspek kehidupan, baik fisik, mental, maupun sosial. Germas adalah upaya konkret kita untuk mendorong perilaku hidup sehat di tengah kesibukan modern, dan Posyandu Nyawiji adalah wujud perhatian kita terhadap ibu dan anak, serta keluarga sebagai inti dari masyarakat yang sejahtera.

"Melalui pencanangan ini, kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga. Kita mengajak para ibu untuk lebih peduli terhadap kesehatan anak-anak kita, dan juga mengajak para ayah untuk mendukung dan terlibat dalam upaya ini. Mari kita tingkatkan kesadaran tentang pentingnya pola makan seimbang, aktivitas fisik, pengelolaan stres, serta kunjungan rutin ke Posyandu Nyawiji," tegas Dewi.

Dewi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim kesehatan, relawan, dan semua pihak yang telah bersama-sama bekerja keras dalam persiapan acara ini. Saya percaya, dengan semangat gotong royong dan kolaborasi, kita mampu mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan bermartabat.

Terakhir, Dewi mengajak agar pencanangan Germas dan Posyandu Nyawiji dijadikan sebagai tonggak awal menuju transformasi kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat. "Mari kita jaga semangat ini agar terus berkobar dan menginspirasi setiap langkah kita dalam membangun Kapanewon Playen ini menjadi tempat yang lebih baik, sehat, dan harmonis," pungkasnya.

Panewu Playen, Agus Sumaryono, SIP, dalam kata sambutannya mengajak pada seluruh masyarakat untuk melaksanakan Gerakan Hidup Sehat meliputi: pertama, aktifitas fisik setiap hari, kedua, gerakan makan sayur dan buah, ketiga, gerakan menjauhi kebiasaan merokok, keempat, gerakan hindari minum alkohol, kelima gerakan memeriksakan kesehatan secara rutin, yang keenam, gerakan menjaga kebersihan lingkungan dan terakhir gerakan penggunaan jamban yang sehat bagi keluarga.

Selanjutnya tepat pada pukul 09.15 WIB dilaksanakan launching Posyandu Nyawidji yang ditandai dengan pembacaan ikrar/komitmen dan pemotongan pita serta pelepasan balon oleh Agus Sumaryono, SIP selaku pemangku wilayah Kapanewon Playen.

Kegiatan penggerakan pemberdayaan kader dalam “Gema Kadarsi Memang Dashat”, pada pukul 09.30 ditampilkan lomba yel-yel cegah stunting dan lomba menu dapur sehat atasi stunting dengan bahan dasar pangan lokal.

Petugas promkes Puskesmas Playen I di kesempatan ini juga menyampaikan sosialisai tentang, "Praktik Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga dan Akupresur Sebagai Upaya Peningkatan Kapasitas Kader di Bidang Kesehatan".

Pada kesempatan ini juga diberikan pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Playen I, berupa pemeriksaan kesehatan dan pengecekan laboratorium GDS dan kolesterol bagi pengunjung.

Kegiatan Kampanye Germas dan Launching Posyandu Nyawiji di Kampung Keluarga Berkualitas Ngunut diakhiri dengan pembagian doorprize bagi yang beruntung, dan pengumuman pemenang lomba. Pemenang lomba menyajikan menu Dashat juara I direbut oleh tim kader Kalurahan Playen, diikuti juara II dari tim Kalurahan Bandung, dan juara III dari tim Kalurahan Ngunut. Sementara untuk lomba yel-yel pencegahan stunting, juara I dimenangkan oleh Tim dari Bandung, disusul juara II dari tim Kalurahan Playen, dan juara III direbut dari tim Kalurahan Logandeng.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine