SERU...! Gebyar "Lansia Tangguh" Kampung KB Ngunut, Playen

Koresponden: Drs Edy Pranoto (PKB Kap Playen)

PLAYEN | Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia, Kampung KB Kalurahan Ngunut diprakarsai oleh Tim Penggerak PKK Kalurahan, Kader IMP, Balai Penyuluhan KB Kapanewon Playen melaksanakan kegiatan "Gebyar Lansia Tangguh."

Kegiatan ini terselenggara pada hari Rabu, 24 Mei 2023, mulai pukul p8.30 WIB sampai 11.30 WIB di Balai Kalurahan Ngunut, Kapanewon Playen. Kegiatan diikuti tidak kurang dari 100 lansia putra dan putri dari utusan lansia tangguh “Sepuh ning Isih Ampuh Lansia Kernen”, “Lansia Ngunut Tengah”, dan “Lansia Ngunut Lor”.

Gebyar Lansia Tangguh terselenggara berkat dukungan dari Rumah Sakit Umum Bethesda Wonosari, yang bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Ngunut, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan KB, Kabupaten Gunungkidul.

Pertama-tama diadakan pemeriksaan kepada para lansia. Pemeriksaan para lanjut usia meliputi tekanan darah, berat badan, serta periksaan keluhan penyakit sederhana. Dalam pelayanan pemeriksaan tekanan darah terlibat juga di dalamnya para kader KB yang didampingi oleh para tim medis dari RSU Bhetesda Wonosari.

Achmad Affandi, SH, mewakili dari DPMP2KB Kabupaten Gunungkidul dalam kata sambutannya menyampaikan pentingnya peran kader dalam penggerakan masyarakat di kampung keluarga berkualitas (kampung KB) guna mewujudkan keluarga Indonesia yang lebih baik, sehat dan sejahtera. Beliau berharap agar kader terus meningkatkan kemapuan dalam penguasaan ilmu kesehatan terutama dalam upaya pencegahan stunting dan peningkatan kesehatan lansia di kampung KB.

Sementara itu, Iswanto Hadi, selaku Lurah Ngunut menyampaikan rasa terimaksih pada semua pihak yang telah berkontribusi mensukseskan gebyar lansia di kampung KB Ngunut. Beliau berharap agar ke depan acara seperti ini bisa dikembangkan dengan berbagai sasaran dengan tema yang berbeda.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Bhetesda Wonosari, Arneil Sitepu, MKed, SpKJ, menyampaikan rasa terimakasih pada Pemerintah kalurahan Ngunut yang telah mengaktualisasikan kerjasama yang telah dijalin melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan lansia dan penyuluhan dimensia para lansia. Beliau berharap di Kampung KB Ngunut ke depan akan bertambah sehat para lansia dan warganya, serta kegiatan seperti ini bisa dikembangkan di berbagai sasaran terutama dibidang kesehatan reproduksi bagi pasangan usia subur.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Pemerintah Kapanewon Playen, sekaligus sebagai Ketua Tim PKK Kapanewon, Siti Badriyah, SIP, menyampaikan rasa kekaguman pada para lansia yang terlihat semangat dan antusias mengikuti gebyar usila ini. Beliau berharap agar jiwa semangat ini terus dijaga melalui pemeliharaan kesehatan fisik dan kejiwaan. Di akhir sambutannya beliau membuka secara resmi kegiatan "Gebyar Lansia" di Kampung KB Ngunut.

Yel-yel Lansia Tangguh yang diikuti oleh seluruh lansia dan kader BKL menjadi pembuka gebyar lansia. Acara berikutnya dimeriahkan dengan toklek dari kelompok lansia Ngunut Lor yang menampilkan dua tembang jawa yaitu Caping Gunung oleh Rubiyo, lalu sesi berikutnya menampilkan nyanyian Lansia Tangguh dengan judul “Lansia Sehat Ala JOGJA”, di mana kata JOGJA merupakan penjabaran kiat sehat yang mencakup:J berarti menjaga kebersihat badan, jiwa, dan lingkungan; O berarti rajin olah jiwa, olah raga olah seni budaya; G berarti penuhi gizi seimbang; J berarti jaga istirahat, hindari stres, jauhi rokok; dan A berarti penuhi ajaran agama (sabar,syukur, silaturahim).

Usai tampilan para lansia, sesi berikutnya disampaikan pemaparan terkait kesehatan lansia aspek dimensia , penyebab, pencegahan dan perbaikan secara sederhana yang disampaikan oleh Tim Dokter Kejiwaan dari RSU Bethesda Wonosari.

Acara diakhiri dengan tanya-jawab beserta pembagian doorprize yang diawali oleh pertanyaan dari koordinator PKB Playen, Drs Edy Pranoto, bagi para lansia terkait pentingnya tembang Jawa sebagai sarana pendidikan moral bagi generasi muda dan diikuti pertanyaan lain yang berhadiahkan banyak doorprize.

Semua lansia merasa terlibat dan senag menikmati berbagai kegiatan Gebyar Lansia yang bertema, "Lansia Sehat, Berguna, Bahagia Bersama Keluarga”. Acara diakhiri dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan makan Bersama juga pemberian PMT bagi peserta lansia.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine