Upgrade Wawasan dan Pengetahuan, Kader TPK Paliyan Ikut Orientasi

Koresponden: Purwadi, SHI (PKB Kap Paliyan)


PALIYAN | Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi Tim Pendamping Keluarga, pada hari Selasa (21/04), bertempat di aula Kapanewon Paliyan Kabupaten Gunungkidul, Balai Penyululuhan KB Kapanewon Paliyan maksanakan orientasi bagi kader TPK. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga sore hari dengan narasumber Purwadi, SHI dan Anjar Purbaningsih, SIP yang merupakan anggota Tim Fasilitator TPK yang telah mendapatkan mandat dari Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sasaran atau peserta dari kegiatan orientasi 15 TPK sebanyak 45 orang, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Nomor: 400.13.1/36 tentang Pembentukan Tim Pendamping Keluarga Tahun 2023, yang terdiri dari unsur bidan sebanyak 15 orang, unsur TP PKK sebanyak 15 orang, dan unsur kader KB sebanyak 15 orang.

TPK yang dalam tugasnya melakukan pendampingan pada tiga kelompok sasaran, yaitu calon pengantin, ibu hamil, serta baduta dan balita. Tugasnya adalah melakukan pengawasan dan edukasi kepada kelompok sasaran untuk mencegah stunting. Dalam acara pembukaan orientasi TPK, Tri Nurhidayati, Ssos selaku koordinator Penyuluh KB menjelaskan, “Diadakannya orientasi TPK ini, adalah untuk memberikan pembekalan kepada Tim Pendamping Keluarga tentang pencegahan stunting sehingga mampu melaksanakan tugas mendampingi keluarga risiko tinggii stunting, karena ada hal-hal baru, khususnya mengenail elsimil.” 

Kegiatan yang dibiayai menggunakan APBN DIPA Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023 ini membekali materi tentang Konsep Dasar Stunting dan 1000 HPK, Mekanisme Kerja TPK, Komunikasi Antar Pribadi dalam Pendampingan Keluarga, yang disamapaikan oleh urwadi, SHI. Materi tentang Penggunaan Aplikasi Elsimil dan Peran Strategis Kampung KB disampaikan oleh Anjar Purbaningsih, SIP.(*)
0 Viewers

Post a Comment

1 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine