Peringati Hari Peduli AIDS Sedunia, Forum PIK-R Girisubo Gelar Kampanye "Peduli AIDS" di Tugu KB Ngrancah, Jerukwudel

Koresponden: Sabrur Rohim, SAg, MSI


Girisubo
| Hari ini Kamis, 1 Desember, bertepatan dengan Hari Peduli AIDS Sedunia yang diperingati oleh semua orang di seluruh dunia. 

Begitupun halnya dengan insan GenRe yang tergabung dalam Forum PIK-R Kapanewon Girisubo. Seperti kegiatan yang sama yang sudah rutin digelar saban tahun setiap tanggal 1 Desember, kali ini para pegiat dari 7 PIK-R beraksi membagi-bagi stiker, pita, permen kepada para pengguna jalan, baik mobil pribadi, truk, sepeda motor, dan sejenisnya. 

Di Girisubo sendiri ada 8 poktan PIK-R, yakni Police Karangawen, Respect Tileng, Pelangi Kampung KB Wonotoro Pucung, Teratai Kampung KB Nanas Tileng, Kembang Brayan SMPN 1 Girisubo, Melati Nglindur, Setyo Tuhu Nglindur, dan Tangguh Jerukwudel. Total ada 25 remaja putra-putri yang bergabung dalam even tsb. 

Kegiatan terlebih dulu diawali dengan briefing di kantor BPKB Girisubo. Peserta terlebih dulu mendapatkan pengarahan dari koordinator PKB Hudoyo, SSos, dan PKB pembina PIK-R, Sabrur Rohim, SAg, MSI dan Fitri Agustini, SE. Poin penting yang disampaikan PKB, bahwa ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bentuk tanggungjawab kita bersama dalam mengedukasi masyarakat Girisubo tentang bahaya HIV/AIDS yang mengancam masa depan kita semua. 

"Dalam isu-isu kespro remaja, kita ditekankan agar menghindari seks bebas. Nah, seks bebas inilah yang menjadi salah satu pintu masuk terjangkitnya HIV. Jadi kegiatan kalian semua hari ini sangat urgens dalam rangka memberikan informasi dan edukasi kepada warga Girisubo," tegas Hudoyo kepada para anggota PIK-R se-Girisubo yang tampak sangat semangat itu. 

Teknisnya, kemudian peserta kemudian dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama yang memegang/membentangkan banner, kelompok kedua yang mencegat pengguna jalan dari arah barat, kelompok ketiga mencegah pengendara dari arah selatan, dan kelompok keempat mencegat pengendara dari arah utara. Titik kegiatannya adalah di tugu KB Ngrancah Jerukwudel. 

Dengan jalan kaki bersama-sama, peserta aksi bergerak menuju titik lokasi di tugu KB. Di sana mereka mendapat briefing dan pengarahan sebentar dari perosnil propam dan polisi dari Polsek Girisubo. Dalam aksinya mencegat kendaraan mereka juga selalu didampingi oleh dua personil kepolisian Polsek Girisubo tsb.  

Kegiatan kampanye peduli AIDS Forum PIK-R Girisubo yang dimulai sekitar jam 10.30 WIB itu pun berlangsung sukses, kurang lebih berjalan selama 1 jam. Ada sekitar 100 paket stiker, pita, dan permen untuk para pengguna jalan yang melintas di tugu KB Jerukwudel.

Acara pun selesai dan diakhiri dengan foto bersama personil Polsek Girisubo. Peserta aksi kembali ke kantor BPKB Girisubo. Setiap peserta mendapatkan fasilitas minum, snack, dan uang transport. 

Ketua Forum PIK-R Girisubo, Beti Ruhani, SPd, mengaku puas atas suksesnya kegiatan hari ini. "Hari ini agak berbeda, karena pesertanya dari pelbagai PIK-R. Biasanya di tahun-tahun sebelumnya, even seperti ini hanya diikuti oleh satu dua PIK-R saja. Semakin banyak yang terlibat justru semakin baik," ungkap Beti. 

Hal yang sama disampaikan oleh Endang Pinta, pegiat PIK-R Setyo Tuhu Nglindur. "Ini pengalaman yang luar biasa. Teman-teman saya juga senang dan mendapatkan sesuatu yang baru. Kita jadi makin ngeh dengan isu-isu seputar HIV/AIDS," kata Pinta yang masih kuliah di UGK bangga.(*)    

0 Viewers

Post a Comment

1 Comments

  1. Tetap semangat, semoga kepedulian kita berbuah pada lingkungan :)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine