Dihadiri Irda Gunungkidul, Vaksinasi Keluarga Mandiri "Sapu Jagat" Dosis 2 Kapanewon Girisubo Sukses Layani 551 Warga

Kontributor: Sabrur Rohim, SAg, MSI (penyuluh KB Pasar Ngrancah, Jerukwudel)


GIRISUBO | Sebagai tindak lanjut kegiatan vaksinasi "Sapu Jagat" tahap/dosis pertama yang telah sukses dilaksanakan pada 1 November 2021, atas kerjasama DP3AKBPM dan D Gunungkidul, PMB Klinik Pratama Assalam Girisubo, Kapanewon Girisubo, serta UPT Puskesmas Girisubo, maka diselenggarakanlah vaksinasi keluarga mandiri "Sapu Jagat" tahap/dosis 2 di Kapanewon Girisubo. Berbeda dengan tahap pertama yang dilaksanakan di PMB, tahap 2 ini dilaksanakan di UPT Puskesmas Girisubo, pada Senin (29/11). Alasannya, kata Sugondo, SST, Ners, MM, "untuk memudahkan teknis pelaksanaannya, koordinasinya, juga karena dibarengkan sekaligus dengan vaksinasi dosis pertama bagi warga Girisubo yang sama sekali belum divaksinasi."

Seperti pada dosis pertama, warga tersasar vaksin diundang secara resmi melalui undangan yang disebarkan oleh perangkat kalurahan dibantu oleh kader PPKBD, sub PPKBD, dan kader kesehatan yang tersebar di seluruh dusun di Kapanewon Girisbo. Setiap warga dari tiap-tiap kalurahan sudah dijadwal jam-jam kehadirannya, dengan tujuan agar tidak terjadi kerumunan di lokasi, serta agar lebih tertib dalam pelayanannya. Ada 1200-an lebih undangan yang disebar sesuai data sasaran, baik memang yang tersasar dosis 2 atau yang sama sekali belum tersasar vaksinasi sama sekali.

Tim nakes yang menangani yakni dari dokter, bidan, serta perawat di UPT Puskesmas Girisubo, serta dibantu juga oleh dokter, bidan, dan perawat dari faskes swasta di wilayah Kapanewon Girisubo. Selain itu, lintas sektor lain juga ikut berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut seperti ASN dari kantor Kapanewon Girisubo, personil Polsek dan Danposmil Girisubo, perangkat kalurahan di wilayah Girisibo, serta para kader KB dan kader Yandu se-Girisubo.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi keluarga hari itu relatif berjalan sukses. Sejak pagi warga yang mendapatkan undangan datang berbondong-bondong. Tim vaksinasasi yang terdiri dari para nakes juga melayani dengan sebaik-baiknya, meskipun dibarengi dengan pelayanan reguler di UPT Puskesmas Girisubo yang berlokasi di Dusun Plosos, Tileng, Girisubo tersebut.


Dihadiri oleh Irda Gunungkidul

Kegiatan vaksinasi keluarga dosis 2 tersebut juga dihadiri oleh Irda (Inspektorat Daerah) Gunungkidul. Perwakilan Irda yang juga sekaligus Kepala DP3AKBPM dan D Gunungkidul, Drs Sujarwo, MSi, hadir bersama rombongan sekitar jam 11 siang, ditemani juga oleh Panewu Anom Girisubo, Arif Yahya, STTP. Rombongan diterima langsung oleh Kepala UPT Puskesmas Girisubo, perwakilan kantor kapanewon, penyuluh KB, serta perwakilan Polsek dan Danposmil Girisubo.

Dalam pengarahannya, Sujarwo mengapresiasi kegiatan vaksinasi keluarga mandiri "Sapu Jagat" yang sudah berjalan sukses dan berharap kiranya dapat memperluas cakupan warga tervaksinasi sesuai target Bupati Gunungkidul, yakni 70%. Jika warga tervaksinasi meningkat, ujar Sujarwo, maka imunitas masyarakat juga meningkat, sehingga kegiatan bisa normal kembali seperti sedia kala, dan dampaknya perekonomian juga akan tumbuh lagi.

Sugondo melaporkan bahwa masyarakat antusias menghadiri undangan vaksinasi dosis 2 ini, meski sebenarnya total belum separoh dari yang diundang. Pak Gondo, sapaan akrabnya, menyampaikan juga bahwa masih banyaknya daftar orang/warga yang belum tersasar (sehingga capaiannya masih kurang), karena data administratif kependudukan di Dukcapil yang masih belum berubah, misalnya banyak warga yang sudah meninggal, atau pindah lokasi, tetapi belum terupdate. Menanggapi hal tersebut, Sujarwo berjanji akan menginstruksikan pihak kantor kapanewon untuk menelusuri dan memverifikasi data kependudukan di Girisubo. 


Lampaui target

Menurut koordinator PKB Girisubo, Hudoyo, SSos, kegiatan vaksinasi keluarga mandiri dosis 2 ini relatif berjalan lancar dan sesuai espektasi. "Ini karena kita belajar dari kegiatan di tahap pertama kemarin, apa-apa yang kurang, yang bermasalah, kita antisipasi dalam tahap 2 ini, khususnya terkait ketertiban warga dalam menghadiri undangan sesuai jadwal," kata Pak Hud, sapaan akrabnya.

Disampaikan juga oleh Pak Hud, bahwa capaian vaksinasi keluarga mandisi kali ini sebanyak 551 warga. "Meski belum separoh dari undangan, setidaknya ini melampaui target. Karena yang ditargetkan oleh DP3AKBPM dan D adalah 500 warga," kata Hudoyo. 

Kepala UPT Puskesmas, Sugondo, SST, Ners, MM, menambahkan bahwa setelah terlaksanakannya vaksinasi keluarga mandiri "Sapu Jagta" ini, capaian vaksinasi total di Kapanewon Girisubo untuk dosis 1 sebanyak 78.74%, sedangkan untuk dosis 2 sebanyak 65%. "Untuk mencapai target minimal 70%, pada bulan Desember besok akan kita genjot lagi, baik untuk Sinovac ataupun Astra Zenica-nya," tambah Pak Gondo.

Sugondo mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah membantu terlaksananya vaksinasi keluarga "Sapu Jagat" ini, baik dari tim nakes Puskesmas, karyawan Kapanewon Girisubo, penyuluh KB, personil Polsek, personil Danposmil, dan segenap lintas sektor lainnya. "Terutama sekali saya sampaikan terimakasih kepada kader KB dan kader kesehatan yang telah bekerja tanpa pamrih di lini lapangan untuk menggerakkan warga dalam kegiatan vaksinasi ini. Mudah-mudaha jadi berkah, dan masyarakat semakin sehat," pungkas Pak Gondo.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine