Upgrade Wawasan Kader IMP Paliyan, PKB Tekankan Pentingnya 1000 HPK dan GenRe

Kontributor: Tri Nurhidayati, SSos (penyuluh KB Paliyan)


PALIYAN
| Keberadaan kader institusi masyarakat pedesaan (IMP) atau yang biasa disebut kader KB adalah salah satu komponen penting dalam implementasi program Bangga Kencana, karena sudah sejak lama berkontribusi nyatanya dalam mensukseskan program pembangunan terutama dalam penurunan angka kelahiran. Sebagai kepanjangan tangan dan penyambung lidah dari penyuluh KB di wilayahnya masing-masing, kader KB setidaknya memiliku tugas dan fungsi untuk mengkomunikasikan dan memberikan informasi yang edukatif tentang program-program keluarga berencana dan kesehatan reproduksi (KB/KR).

Bertempat di balai penyuluhan KB Kapanewon Paliyan, pada hari Rabu dan Kamis (24 dan 25/11) dilaksanakan kegiatan pertemuan "Penguatan Kader IMP". Kegiatan ini dimaksudkan untuk meng-upgrade pengetahuan kader seputar program Bangga Kencana, mengingat sekarang ini Kader KB bukan hanya berupaya untuk menciptakan penduduk tumbuh seimbang, namun juga berusaha menciptakan generasi emas dan keluarga berkualitas untuk mencapai bonus demografi melalui pembangunan keluarga. Harus dipahamai bersama, bahwa keberhasilan dalam pembangunan keluarga salah satunya dengan pendekatan siklus kehidupan. Pendekatan siklus hidup dalam membangun keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera merupakan kunci utama dalam menciptakan kualitas keluarga yang sehat, sehingga akan melahirkan generasi emas yang berkualitas.

Salah satu tema pokok dalam kegiatan yang dihadiri oleh kader PPKBD dan sub PPKBD se-Kapanewon Paliyan adalah tentang pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) dalam meretas generasi berkualitas. Pembentukan karakter sejak dini generasi berkualitas dengan brand 1000 HPK, yang oleh Tri Nurhidayati SSos, selaku Koordinator Penyuluh KB di Kapanewon Paliyan dengan sungguh-sungguh berusaha meyakinkan kader bahwa, "1000 HPK merupakan upaya strategis relevan untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai pentingnya keluarga dan pengasuhan tumbuh kembang anak sejak usia dini,” jelasnya dengan penuh semangat. 

Disampaikan pula oleh Tri ihwal pentingnya sinergi sumberdaya antar instansi lembaga dan pihak terkait untuk percepatan pencegahan stunting yang masih perlu ditingkatkan dengan optimalisasi peran pemerintah, swasta, masyarakat, dan individu untuk bergerak bersama dalam pencegahan stunting. 

“Dengan peningkatan sistem pendataan yang dapat memantau secara akurat dan berkala baik itu bumil ataupun baduta, harapannya data tersebuat akan dapat digunakan data dalam perencanaan dan penganggaran dana kegiatan yang digunakan pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan dan penganggaran dana kegiatan agar tepat sasaran, berkelanjutan dan mendukung program percepatan penurunan angka stunting khususnya yang ada di wilayah Kapanewon Paliyan,” paparnya lebih lanjut.

Tidak lupa juga  isu tentang remaja sebagai calon orang tua hebat juga disinggung dalam kegiatan penguatan kader IMP tersebut. Purwadi SHI yang mendampingi Koordinator PKB dalam acara tersebut menyampaikan bahwa pendekatan kepada remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe) dilakukan salah satunya dengan mengajak para remaja agar menghindari 3 (tiga) bahaya laten, yakni menghindari menikah usia muda alias anak-anak, tidak melakukan penyimpangan perilaku seksual, dan menghindari narkoba. 

“Ketiga hal ini, sangat berkorelasi degan kesehatan produksi remaja. Dan itu sangat mempengaruhi produktivitas dan kualitas remaja dalam rangka menyuapkan generasi yang berkualitas,” tutur Purwadi. 

Kegiatan pengutan kader IMP kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan evaluasi capaian program KB per November di wilayah Kapanewon Paliyan.(*)

0 Viewers

Post a Comment

2 Comments

  1. Halo, Saya Nyonya Elina Johnson, dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM, inilah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik,  perusahaan pemberi pinjaman, Diberikan dan Dilisensikan untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta, dan orang yang membutuhkan Bantuan keuangan dalam tingkat manfaat rendah sebanyak 2%.

    Saya Nyonya Elina Johnson, akan memberikan yang terbaik dari rasa hormat kami kepada semua pelamar yang sah.

    Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam kesepakatan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, itu juga tidak berakhir di situ, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda kiat yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menginvestasikan pinjaman Anda, sehingga Anda tidak akan bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini menyertai pinjaman Anda,  Hubungi kami hari ini melalui email elinajohnson22@gmail.com

    Layanan kami meliputi sebagai berikut:

    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman Dijamin
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan Pinjaman
    * Pinjaman gadai pinjaman
    * Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman mahasiswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Mobil
    * Resolusi Pinjaman
    * Pinjaman Pengembangan
    * Dept pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Janji rusak

    Silakan isi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui email: elinajohnson22@gmail.com

    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) jenis kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda pernah melamar:
    16) Tanggal lahir: terima kasih,
    Nyonya Elina Johnson ( elinajohnson22@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya

    saya Nurliana Novi dan saya di sini dengan kabar baik.
    BANK DUNIA dan PBB, akhirnya melepaskan pinjaman dan hibah kepada Perusahaan, perusahaan individu, bisnis dan usaha kecil di seluruh dunia untuk memungkinkan Ekonomi tumbuh kembali ke keadaan semula, dengan fokus besar di Asia dan Afrika.

    Saya senang untuk memberitahu Anda bahwa dari sepuluh perusahaan yang dipilih untuk memberikan pinjaman ini, ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM kami sendiri telah dipilih sebagai salah satu perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman ini.
    Jika bisnis Anda terpengaruh karena pandemi ( covid19) preferensi khusus akan diberikan kepada Anda.

    Jadi buruan sekarang, hubungi ibu Elina Johnson sekarang juga, dibawah ini emailnya....elinajohnson22@gmail.com.
    Anda dapat menghubungi saya di sini di email saya juga untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut. (nurliananovi96@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine